Ingin Tahu Seberapa Hemat Mobil Anda? Ini Langkah Menghitung Konsumsi Bahan Bakar

03/04/2019

Pengemudian
Share this post:
Ingin Tahu Seberapa Hemat Mobil Anda? Ini Langkah Menghitung Konsumsi Bahan Bakar
Banyak dari kita ingin mengetahui tingkat keiritan pada mobil yang kita miliki. Mungkin sebagian dari pembaca belum memahami cara menghitung sendiri sehingga lebih mencari jawabannya lewat eksperimen yang dilakukan orang lain. Namun, jangan khawatir, di artikel kali ini Cintamobil.com akan memberikan tips mengetahui konsumsi BBM secara mudah dan praktis.

Mengetahui tingkat konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM), memang menjadi sebuah pertimbangan paling penting bagi masyarakat sebelum memutuskan membeli kendaraan.

Tak heran, setiap perusahaan otomotif seringkali memproklamirkan iklan tentang produk mobilnya dengan tema “irit bahan bakar dan tidak boros di kantong”. Namun, apakah hal itu benar adanya?

Terlepas antara memang irit maupun boros, ada baiknya setiap konsumen mengetahui bagaimana cara mengetahui konsumsi BBM pada mobil. Setidaknya, hal yang sudah dipraktekkan sendiri lebih menjanjikan karena Anda adalah aktor utamanya. Nah, berikut simak tips menghitung konsumsi BBM yang mudah dan praktis.

1. Isi Full BBM Mobil Anda

Berangkatlah ke POM bensin terdekat dan isilah BBM secara penuh. Hal ini sangat penting dalam perhitungan konsumsi BBM mobil Anda. Jika Anda tidak mengisi penuh BBM maka perhitungannya bisa tidak tepat nantinya. Supaya lebih praktis, Anda bisa melakukan tahap ini di pagi hari sebelum beraktivitas.

Mengisi bbm mobil menjadi langkah pertama sebelum menghitung tingkat konsumsi bahan bakar

Langkah pertama adalah mengisi BBM mobil Anda secara penuh

>>> Ingin mengganti mobil baru? Coba simak harga mobil terlengkap yang sedang tren saat ini

2. Catat Odometer Awal

Hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah mencatat Odometer atau jarak tempuh kendaraan Anda pasca mengisi Full BBM. Semisal Odometer menampilkan jarak tempuh 10.000 Km, catat angka tersebut, sebagai variabel perhitungan konsumsi bahan bakar nantinya.

Odometer merupakan patokan jarak tempuh yang dilalui oleh mobil

Ilustrasi tentang Odometer pada mobil

>>> Jika Anda ingin ulasan mobil lengkap beserta kelebihan dan kekurangannya, baiknya Anda menyimak artikel review mobil Cintamobil.com lebih dulu sebelum membeli mobil

3. Lajukan Mobil Seperti Biasa

Langkah berikutnya, Anda hanya perlu melajukan kendaraan seperti hari-hari biasa. Pergilah ke tempat tujuan Anda baik itu kantor, kampus atau berbagai tempat sehari-hari Anda. Hal ini tentu terbilang penting, supaya Anda bisa mengetahui konsumsi BBM berdasarkan Medan yang sering Anda lalui.

Mengendarai mobil juga harus memperhatikan tingkat kecepatan dalam menghemat konsumsi bahan bakar

Tugas selanjutnya adalah mengendarai mobil seperti kegiatan sehari-hari

>>> Baca juga: 10 Cara Menghemat Konsumsi BBM

4. Isi Penuh BBM Mobil Anda Untuk Kedua Kalinya

Nah, setelah sore, mampirlah ke POM bensin terdekat dan isilah 'Full Tank’ pada mobil Anda. Hal ini cukup penting supaya Anda dapat mengetahui selisih penggunaan BBM antara pagi hingga sore.

Hal terpenting lainnya adalah lihat dan catat berapa Liter BBM yang sudah Anda isi dari POM kali ini. Semisal, di tahap ini Anda mengisi Full dengan catatan 30 Liter bensin, maka itulah salah satu indikator konsumsi bahan bakar Anda.

>>> Siap-Siap Hemat! Inilah Mobil Paling Irit BBM 2019 Yang Bisa Anda Miliki

5. Lakukan Perhitungan

Tahap perhitungan adalah momen yang ditunggu-tunggu. Pertama, catat Odometer kendaraan Anda saat ini. Jika mengikuti contoh sebelumnya, Odometer awal di pagi hari berada di angka 10.000 Km dan kini meningkat menjadi 10.300 Km, itu menandakan Anda telah menempuh jarak 300 Km. Intinya, lakukan pengurangan antara Odometer sesudah dan Odometer awal, hasil perhitungan tersebut menentukan jarak tempuh yang sudah Anda lalui.

Contoh Perhitungan:

Odometer Awal: 10.000 Km

Odometer Akhir: 10.300 Km

10.300 Km - 10.000 Km = 300 Km

>>> Temukan tips pengemudian lainnya di sini

Menandakan bahwa Anda sudah menempuh jarak 300 Km

Berikutnya, hasil tempuh di atas dibagi dengan banyaknya BBM yang sudah Anda isi. Dari contoh sebelumnya di tahap keempat, BBM terisi penuh kembali di angka 30 Liter. Hal ini menandakan bahwa tingkat konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan dari pagi hingga sore hanya 30 Liter.

Setelah itu, lakukan perhitungan, 300 Km (jarak tempuh yang dilalui) dibagi 30 Liter (konsumsi bahan bakar). Hasil akhir adalah 10 Km/Liter yang artinya tingkat konsumsi BBM mobil Anda berada di angka 1:10 Liter.

Contoh Perhitungan Konsumsi BBM:

Jarak tempuh yang dilalui : konsumsi bahan bakar selama eksperimen

300 Km : 30 Liter = 10 Km/Liter

Ini menandakan bahwa konsumsi 1 Liter BBM pada mobil Anda mampu melakukan jarak tempuh 10 Km.

Umumnya, hal di atas perlu dilakukan sebanyak tiga kali supaya hasil eksperimen terbilang valid. Di sisi lain, Anda juga perlu memperhatikan faktor-faktor lain seperti berapa orang yang diangkut oleh mobil saat melakukan eksperimen, medan yang dilalui hingga tingkat kecepatan yang digunakan.

Namun setidaknya, cara di atas bisa membuat Anda memahami tingkat konsumsi BBM pada mobil Anda. Jika Anda sudah terbiasa membawa seluruh anggota keluarga, eksperimen tersebut bisa jadi referensi tersendiri untuk perjalanan ke depannya. Hal serupa juga terjadi pada faktor medan yang dilalui, apakah lewat tol atau jalan perkotaan macet. Usahakan lakukan eksperimen sesuai gaya berkendara Anda di jalan yang sering Anda lalui. Selamat mencoba ya guys.

>>> Simak juga artikel tips menarik dan informatif lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Bertenaga Tapi Irit, Ini Rahasia Performa Mesin Diesel

27/09/2018

Pengemudian

4 menit

Mesin diesel identik dengan torsi besar. Selain itu juga mesin berbahan bakar solar ini juga terkenal dengan efisiensi. Inilah rahasia performa mesin diesel.

Lihat juga

Mengapa Berkendara Tanpa AC Lebih Irit Bahan Bakar? Ini Penjelasan Teknisnya

29/03/2019

Pengemudian

Salah satu trik yang tidak lazim digunakan oleh pengemudi dalam kota adalah mematikan AC ketika berkendara. Memang, umumnya konsumsi bahan bakar akan menjadi lebih irit ketika berkendara tanpa AC. Namun, apakah cara ini layak untuk dilakukan dan sebanding dengan 'rasa pengorbanan' yang dilakukan? Ini penjelasan teknis dari kami.

Lihat juga

Mau Hemat Bahan Bakar, Terapkan Teknik Eco Driving Saat Mengemudi

14/03/2019

Pengemudian

Selama ini lebih banyak pengemudi yang mengeluhkan pemakaian bahan bakar mobilnya yang boros, tidak hemat seperti yang diinginkan. Tapi terkadang lupa bahwa gaya mengemudinya lah yang membuat mobil jadi boros BBM. Sebenarnya ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menghemat bahan bakar, salah satunya dengan menerapkan teknik Eco Driving saat mengemudi. Apa itu dan bagaimana melakukannya?

Lihat juga

Apakah Mobil Transmisi Manual Lebih Hemat Bahan Bakar Dibandingkan Matic?

02/03/2019

Perawatan dan service

4 menit

Jika Anda bertanya manakah yang lebih hemat bahan bakar, mobil transmisi manual atau mobil matic, mungkin sebagian besar pengemudi akan memiliki transmisi manual. Tapi, apakah pernyataan tersebut benar?

Lihat juga

7 Kesalahpahaman Tentang Cara Menghemat Bahan Bakar

24/11/2018

Perawatan dan service

4 menit

Hampir semua pemilik mobil suka kalau mobilnya irit. Beragam trik diterapkan untuk tujuan 'istimewa' tersebut. Tapi, tidak semua cara membuahkan hasil sesuai yang diharapkan. Alih-alih menghemat bahan bakar, trik yang dilakukan malah berujung pemborosan.

Lihat juga
 
back to top