Ingin Mudik Tahun Ini? Perhatikan Tips Mudik Aman dari Kepolisian Berikut

28/05/2018

Pengemudian
Share this post:
Ingin Mudik Tahun Ini? Perhatikan Tips Mudik Aman dari Kepolisian Berikut
Tradisi mudik yang dilakukan oleh sebagian besar penduduk Indonesia menyisakan masalah tersendiri. Mulai dari tingkat persentase kecelakaan yang meningkat hingga rumah yang kemalingan, tips mudik aman dari Kepolisian untuk perjalanan mudik yang tenang.

Himbauan dari Polda Metro Jaya menjelaskan tentang meningkatnya tindak kejahatan dan kecelakaan yang terjadi selama mudik berlangsung. Terlebih, himbauan ini dilakukan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan penduduk ketika mudik. Berikut beberapa tips mudik aman dari Kepolisian yang dirangkum oleh tim Cintamobil.

1. Periksa rumah sebelum ditinggalkan

Pemudik yang berpergian bersama keluarga tak jarang meninggalkan rumah dengan keadaan kosong. Sebelum meninggalkan rumah, periksa dengan teliti keadaan jendela supaya tertutup rapat, matikan kompor, dan mengunci semua pintu.

Gambar yang  menunjukan tangan yang sedang memegang gagang pintu rumah

Cek dengan teliti sebelum meninggalkan rumah

Sebagaimana dijelaskan oleh Argo Yuwono selaku Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Raden, "Yang lebih terpenting bahwa untuk meninggalkan rumah tolong dicek, karena jangan sampai ada kebakaran maupun pencurian, otomatis cek jendela dan pintu harus terkunci. Kemudian saklar maupun gas dicopot jangan sampai masih terpasang.”

2. Jika perlu, titipkan rumah kepada tetangga

Bagi pemudik yang tinggal di komplek atau perumahan, menitipkan rumah kepada tetangga terdekat yang tidak mudik merupakan salah satu cara aman untuk menghindari kejadian tidak terduga yang terjadi di rumah, seperti rumah kemasukan maling.

Gambar yang menunjukan bagian pagar rumah berwarna putih yang terbuat dari kayu

Sebaiknya titipkan rumah kepada tetangga atau Ketua RT

Menitipkan rumah kepada Ketua RT juga bisa menjadi salah satu upaya untuk menjaga keamanan rumah. Terlebih, bagi pemudik yang tinggal di komplek dengan sistem penjagaan dari Satpam, bisa memberikan mandat kepada satpam untuk memastikan keadaan rumah tidak dimasuki oleh orang-orang yang tidak dikenal.

>>> Tips mudik dan pengemudian lainnya ada disini

3. Hindari mudik menggunakan roda dua

Meskipun banyak pemudik yang menggunakan roda dua untuk melakukan perjalanan bersama keluarga dalam tradisi Lebaran, namun sebenarnya hal ini tidak dianjurkan. Barang bawaan yang melebihi kapasitas biasanya menjadi penghalang dan tak jarang menimbulkan kecelakaan di jalanan.

Gambar yang menunjukan pengendara motor yang mudik bersama keluarga

Hati-hati membawa barang-barang dengan motor

Mengingat tingginya angka kecelakaan yang terjadi oleh pemudik roda dua di Indonesia selama beberapa athun terakhir, Kabid Humas Argo menganjurkan jika pemudik tahun ini menggunakan roda empat. Meskipun terpaksa digunakan, cobalah untuk tidak membawa beban yang terlalu berat sehingga mengancam keselamatan berkendara.

4. Periksa kelengkapan

Bukan hanya kelengkapan bepergian seperti makanan dan minuman, peralatan keselamatan seperti jaket, sepatu maupun sarung tangan, tapi pemudik juga harus mempersiapkan kelengkapan kendaraan seperti SIM dan STNK serta membawa identitas diri.

Gambar yang menunjukan enam tangan yang mengacungkan jempol pada bagian mesin mobil

Periksa kendaraan dan surat-suratnya sebelum mudik

Selain itu, memeriksa kesiapan mesin untuk menempuh perjalana jauh juga perlu dilakukan. Melakukan service terhadap kendaraan dan memeriksa kerusakan-kerusakan yang mungkin terjadi dalam perjalanan sebaiknya dilakukan jauh-jauh hari.

>>> Persiapan sebelum mudik: pastikan mobil diservis jauh hari

5. Gunakan transportasi publik

Gambar yang menunjukan bus untuk mudik yang sedang diparkirkan di terminal bus

Untuk mengurangi kendaraan, gunakan transportasi publik untuk mudik

Menurut Kabid Humas Argo, bagi pemudik yang ingin pulang ke kampung halaman lebih baik memprioritaskan penggunaan transporasi publik, seperti pesawat, kereta api, maupun bus. Penggunaan transportasi umum jelas mengurangi jumlah kendaraan pribadi yang melintas di jalan raya.

Dalam perjalanan mudik tahun ini, berhati-hati dalam berkendara maupun mempersiapkan semua kebutuhan sebelum bepergian merupakan salah satu cara untuk perjalanan mudik yang lebih nyaman dan aman. Dengan tips mudik aman dari Kepolisian di atas, semoga perjalanan mudik Lebaran tahun ini bisa lebih aman dan menyenangkan dibanding tahun-tahun sebelumnya.

>>> Tips otomotif lainnya bisa Anda dapatkan disini

Share this post:
 
back to top