Ingin Ganti Audio Mobil? Ketahui Dulu Beda Audio 2 DIN dan 1 DIN

20/12/2018

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Ingin Ganti Audio Mobil? Ketahui Dulu Beda Audio 2 DIN dan 1 DIN
Bagi Anda yang berkeinginan untuk ganti audio mobil dengan tampilan yang lebih baik, ada baiknya ada memahami beda audio 2 DIN dan 1 DIN terlebih dahulu.

Pengertian DIN

Deutsches Institut furniture Normung (DIN) adalah sebuah sebutan untuk organisasi Jerman yang menciptakan panel Head Unit atau sistem audio mobil. Hingga kini, produk tersebut masih terus digunakan dalam dunia otomotif.

Di bawah kode standarisasi DIN 75490, panel Head Unit mobil harus memiliki ukuran panjang 180 mm dan tinggi 50 mm. Setelah itu, kode standarisasi tersebut juga berlanjut ke International Standard Organization (ISO) dengan kode ISO 7736. Berbekal kode tersebut, akhirnya panel Head Unit digunakan di seluruh belahan dunia. Lucunya, masyarakat internasional lebih cocok untuk menyebutnya sebagai DIN ketimbang ISO.

>>> Simak harga mobil terbaru yang dijual sangat terjangkau hanya di situs Cintamobil.com

Beda Audio 2 DIN Dan 1 DIN

Dari penelusuran kami, panel Head Unit terbagi menjadi tiga pilihan yakni, 2 DIN, 1 DIN dan 1.5 DIN. Namun panel Head Unit 1.5 DIN sangat jarang ditemui maka dari itu kami lebih menekankan beda audio 2 DIN dan 1 DIN.

Beda audio 1 din dan audio 2 din lebih ditekankan dalam aspek dimensi saja

Audio 1 DIN (kiri) dan audio 2 DIN (kanan)

Sejatinya, perbedaan diantara keduanya terletak pada dimensi saja.

  • Dimensi Audio 1 DIN (Single DIN): 180 x 50 mm
  • Dimensi Audio 2 DIN (Double DIN): 180 x 100 mm

Dari perbedaan ukuran tersebut, tentu memberi dampak signifikan pada berbagai fungsinya. Karena ukuran audio 2 DIN terbilang lebih besar maka banyak fitur yang disematkan seperti mengoperasikan TV, DVD Player hingga didukungnya teknologi Touchscreen.

>>> Baca juga: Review Honda S2000 2000: Mobil Klasik Futuristik Khas Honda

Audio 1 DIN umumnya hanya menyajikan format radio AM/FM, CD Player dan USB

Salah satu contoh Head Unit 1 DIN

Berbeda dengan panel audio 1 DIN yang memiliki ukuran lebih kecil. Umumnya sistem audio ini hanya menyediakan fungsi pengoperasian radio dan CD Player. Tak mengapa, banyak orang ingin mengubah sistem audio 1 DIN menjadi 2 DIN karena alasan tersebut.

Head Unit 2 DIN memiliki ukuran yang lebih besar daripada model 1 DIN

Head Unit 2 DIN menyajikan berbagai fitur Multimedia lebih lengkap

Dapatkan berbagai pilihan head unit terbaik melalui link di bawah ini:

>>> Mitsubishi Xpander 2018: Tips Optimalkan Fitur Audio

Catatan Ganti Audio Mobil

Perbedaan dimensi ukuran umumnya menjadi hal penentu apakah panel Head Unit 1 DIN milik Anda bisa diganti dengan audio 2 DIN. Namun tak perlu khawatir berlebihan, model mobil teranyar yang memiliki kompartemen Audio 1 DIN umumnya sudah dirancang dengan dashboard yang lebih lapang.

Seakan sudah mengerti kebutuhan konsumennya, pabrikan otomotif merancang dashboard produknya dengan ukuran audio 2 DIN. Sehingga mudah saja bagi Anda untuk ganti audio mobil 1 DIN menjadi 2 DIN tanpa perlu memikirkan masalah ukuran.

>>> Simak juga tips dan trik merawat mobil terlengkap hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:
 
back to top