Inggris Siapkan Sistem Pendeteksi Suara Untuk Kendaraan Super Berisik

13/06/2019

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Inggris Siapkan Sistem Pendeteksi Suara Untuk Kendaraan Super Berisik
Dengan sistem pendeteksi suara, diharapkan para pemilik supercar, hypercar atau sportbike lebih bijak dalam mengemudi kendaraan mereka atau menghindari modifikasi ilegal yang dapat mengganggu kenyamanan umum

Inggris, khususnya di kawasan Ibukota London kerap diramaikan dengan kehadiran sportscar, supercar atau bahkan hypercar yang kerap berseliweran di jalanan perkotaan. Fenomena yang terkenal dengan nama Supercar of London atau Supercar Season ini memang memberikan hiburan menarik bagi para petrolhead atau para supercar spotter. Namun disaat yang bersamaan, teriakan lantang yang keluar dari mesin mobil berperforma bengis tersebut dinilai mengganggu kenyamanan masyarakat umum di kota London dan kota besar Inggris lainnya.

Pemilik supercar di Inggris sedang jalan-jalan di kota London

Kehadiran supercar, hypercar atau sport bike yang bersuara melebihi regulasi di Inggris akan ditertibkan dengan sistem pendeteksi suara terbaru

>>> Artikel terkait lainnya:

Pihak berwenang Inggris langsung bergerak cepat dengan memperkenalkan sistem pendeteksi suara untuk menekan angka kendaraan yang memiliki suara di atas ketentuan. Inggris dan mayoritas negara Uni Eropa lainnya sudah memiliki ketentuan yang mengatur tingkat kebisingan dan polusi suara yang dihasilkan oleh kendaraan, yakni suara yang dihasilkan setiap kendaraan tidak boleh melewati 74 desibel.

Sistem pendeteksi suara yang terintegrasi dengan kamera pengawas lalu-lintas

Sistem pendeteksi suara akan terintegrasi dengan kamera pengawas lalu-lintas dan terhubung dengan kepolisian setempat

>>> Teknologi terbaru dunia otomotif bisa Anda dapatkan di sini

Namun penggunaan exhaust kit atau knalpot dengan spesifikasi ilegal pada supercar, hypercar atau sportbike membuat tingkat kebisingan yang dihasilkan pun melonjak drastis. Selain itu, kebiasaan pemilik supercar, hypercar atau sportbike yang kerap menggeber mesin merek di tempat umum, membuat tingkat polusi suara di London dan beberapa kota lainnya cukup tinggi.

Foto contoh kamera pengawas lalu-lintas di Inggris

Nantinya kamera pengawas lalu lintas di Inggris tak hanya dapat mengawasi visual dan kecepatan setiap mobil, namun juga polusi suara yang dihasilkan

>>> Ingin membeli mobil sebelum mudik? Dapatkan daftarnya hanya di sini

Sistem pendeteksi suara ini nantinya akan terintegrasi dengan setiap kamera pengawas lalu-lintas yang tersebar di setiap jalanan di Inggris. Cara kerja dari sistem pedeteksi suara ini menggunakan mikrofon yang memiliki tingkat sensivitas tertentu. Jika ada kendaraan yang menghasilkan suara melebihi ketentuan, maka sistem pendeteksi suara ini akan melacak dan mendokumentasikan identitas kendaraan beserta pemiliknya untuk diproses melalui mekanisme hukum yang berlaku.

Foto ilustrasi pelanggaran polusi suara di Inggris

Hukuman bagi yang melanggar regulasi suara kendaraan dapat ditilang, Surat Izin Mengemudi dicabut untuk batas waktu tertentu hingga kurungan penjara

Dengan adanya sistem pedeteksi suara ini, diharapkan akan membuat efek jera bagi para pemilik kendaraan yang memodifikasi mobil atau motor mereka dengan exhaust kit atau knalpot dengan spesifikasi ilegal. Selain itu, para pemilik supercar, hypercar dan sportbike juga diharapkan lebih bijak saat mengendarai kendaraan mereka dengan tidak menggeber mesin kendaraan mereka di tempat umum.  

>>> Artikel tips & trik terkini dunia otomotif lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Manfaatkan Kamera Dalam Mobil, Volvo Siapkan Sistem Pendeteksi Pengemudi Mabuk

Volvo memiliki reputasi sebagai mobil paling aman, dan pabrikan Swedia itu melakukan inovasi selanjutnya dalam hal keselamatan dengan merancang sistem yang dapat mendeteksi pengemudi mabuk.

Lihat juga

Tak Ragu Kemanapun, Mercedes Kembangkan Teknologi Pendeteksi Area Berbahaya

14/10/2018

Pengemudian

Dunia saat ini bukanlah tempat yang aman, terutama ketika Anda mengendarai Mercedes-Benz. Kejahatan yang berhubungan dengan mobil bukanlah hal yang baru, tetapi pembuat mobil premium Jerman mengembangkan teknologi pendeteksi area berbahaya ketika mencari tempat parkir.

Lihat juga

Volvo Experimental Safety Car, Sejarah Kamera Belakang Volvo

14/09/2018

Pengemudian

Lebih maju dari zamannya, Volvo menjadi perusahaan pertama yang turut mengemembangkan kamera belakang kendaraan untuk mengurangi titik buta pengemudi. Volvo Experimental Safety Car (VESC) juga menjadi kendaraan pertama dengan kamera belakang yang stylish pada zamannya.

Lihat juga

Tingkatkan Keselamatan, Toyota Punya Segudang Fitur Dalam Toyota Safety Sense (TSS)

07/09/2018

Pengemudian

Toyota selalu berinovasi dalam meningkatkan teknologi pada setiap kendaraan salah satunya yaitu Toyota Safety Sense (TSS). TSS merupakan fitur keselamatan berupa tersematnya kamera dan sensor untuk meningkatkan kewaspadaan pengemudi.

Lihat juga

ASEAN NCAP Ajak Jurnalis Terpilih Untuk Mengikuti Assesment Vehicle Safety Course

15/11/2018

Event - Promosi

Dari sekian banyak jurnalis otomotif di Indonesia hanya sekitar 17 jurnalis dari masing-masing media yang dipilih oleh ASEAN NCAP untuk mengikuti kegiatan ini dan Cintamobil.com sebagai marketplace mobil nomor satu di Indonesia menjadi salah satunya. Tak salah jika Cintamobil.com diajak oleh ASEAN NCAP yang mengajak jurnalis terpilih untuk mengikuti pelatihan keselamatan kendaraan di Bridgestone Proving Ground, Karawang Jawa Barat.

Lihat juga
 
back to top