Ilmuwan: Menggunakan Headset Saat Mengemudi Sama Bahayanya Dengan Angkat Telepon Langsung

22/06/2019

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Ilmuwan: Menggunakan Headset Saat Mengemudi Sama Bahayanya Dengan Angkat Telepon Langsung
Menggunakan headset jadi alternatif menjawab panggilan telepon tanpa harus menempel di telinga. Namun cara ini sebaiknya tidak dilakukan saat mengemudi sebab bahayanya tak jauh berbeda dengan mengangkat telepon langsung.

Handphone atau telepon genggam apapun jenisnya menjadi sarana komunikasi paling praktis di dunia saat ini karena ukurannya yang mini, bisa dibawa kemana-mana dan tak memerlukan kabel sebagaimana telepon duduk zaman dulu. Karena kepraktisannya pula orang bisa menggunakan kapan saja dan dimana saja baik untuk melakukan panggilan maupun menerima panggilan. Meski demikian bukan berarti handphone tanpa cela.

Salah satu kekurangan alat komunikasi ini adalah tidak diketahuinya posisi dan aktivitas antara penelepon dan penerima sehingga terkadang si penelepon tidak mengetahui kalau yang ditelepon tidak dalam situasi 'free', seperti saat mengemudi.

Ini yang mesti diperhatikan, bagi yang sedang mengemudi secara tegas Anda dilarang mengangkat handphone untuk menjawab panggilan karena bisa mengganggu konsentrasi dan fokus berkendara. Pergunakan fitur jawab panggilan jika mobil Anda memilikinya atau abaikan saja. Lalu bagaimana jika menjawab panggilan menggunakan headset dimana tangan tetap di kemudi namun telepon tetap dijawab?

>>> Wajar Kalau Dilarang, Ini Fakta Buruk Menggunakan Ponsel Saat Mengemudi

Foto menunjukkan seorang wanita menggunakan headset ketika sedang mengemudi

Headset jadi alternatif menjawab panggilan telepon tanpa harus menempelkan di telinga

Shaun Helman, salah satu ilmuwan dalam Transport Research Laboratory menuturkan menggunakan headset untuk menjawab panggilan telepon ketika mengemudi sama bahayanya dengan mengangkat telepon langsung.

"Menggunakan headset atau fitur lainnya berupa perintah suara di mobil yang bisa membantu pengendara mengangkat telepon semakin marak. Memang tangan bisa tetap di setir serta mata dan fokus tetap ke jalan," tutur Shaun sebagaimana dikutip The Sun, Rabu (19/6/2019). "Tapi saat mengangkat telepon sembari menyetir, fokus Anda hanya ke depan jalan tak menyadari keadaan di sekitar kendaraan," tambahnya.

>>> Cari mobil bekas keren berkualitas ya disini

Sebagai penguat penjelasan, Shaun mengutip sebuah studi yang dilakukan tahun 2002 menjawab panggilan telepon menggunakan headset saat sedang mengemudi sama halnya mengemudi di bawah pengaruh alkohol alias mabuk. Semua keahilan mengemudinya bakal menurun drastis bahkan nyaris tidak berguna.

Karenanya wajar menggunakan handphone saat mengemudi baik untuk melakukan panggilan, berkirim pesan, menjawab panggilan langsung atau menggunakan headset serta mengoperasikan fitur navigasi dilarang hampir di semua negara di dunia, termasuk Indonesia. Ancaman hukumannya pun tidak main-main jika sampai menjadi sumber kecelakaan yang mengakibatkan jatuhnya korban.

>>> 5 Tips Menggunakan Aplikasi Navigasi Yang Harus Anda Ketahui

Foto pengemudi wanita menggunakan telepon genggamnya saat sedang mengemudi

Menggunakan handphone saat mengemudi bisa jadi sumber bencana

>>> Baca tips Cintamobil.com lainnya di sini!

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Gunakan Ponsel Saat Menyetir, David Beckham Dihukum Enam Bulan Larangan Mengemudi

11/05/2019

Pasar mobil

David Beckham akhirnya dilarang mengemudi selama enam bulan karena menggunakan ponsel saat mengendarai Bentley Bentayga hitam miliknya di pusat kota London pada 21 November lalu.

Lihat juga

Waspada Meledak Saat Mengisi Baterai Ponsel di Mobil

Saat mengisi baterai ponsel di mobil, Anda harus memperhatikan beberapa hal, karena jika sampai lalai, baterai ponsel Anda bisa menggembung dan dalam kondisi ekstrim ponsel akan meledak yang memicu mobil terbakar.

Lihat juga

Ponsel, Salah Satu Pemicu Kebakaran di SPBU?

08/04/2019

Pengemudian

Selama berada di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) kita sering menjumpai berbagai larangan, seperti dilarang merokok dan dilarang mengoperasikan ponsel. Bagiamana prosesnya hingga akhirnya smartphone yang kita miliki menjadi salah satu pemicu kebakaran di SPBU?

Lihat juga

Benarkah Sering Charge Ponsel di Mobil Bikin Aki Cepat Soak?

Tak sedikit orang yang beranggapan bahwa seringnya intensitas mengisi daya baterai ponsel di mobil membuat aki atau baterai mobil cepat soak. Nah, apa itu benar?

Lihat juga

Wajar Kalau Dilarang, Ini Fakta Buruk Menggunakan Ponsel Saat Mengemudi

19/03/2019

Pengemudian

Menjadi kebutuhan pokok bagi banyak orang, keberadaan ponsel sebagai saranya komunikasi adalah 'wajib' dan tidak terpisahkan. Meski demikian, ada banyak fakta buruk menggunakan ponsel saat mengemudi yang membuatnya dilarang di berbagai negara termasuk Indonesia.

Lihat juga
 
back to top