Hujan Makin Tak Terprediksi, Persiapkan 6 Barang Ini!

20/03/2019

Pengemudian
Share this post:
Hujan Makin Tak Terprediksi, Persiapkan 6 Barang Ini!
Berbeda dengan beberapa tahun lalu, cuaca di Indonesia makin tidak bisa ditebak, sebentar hujan, sebentar panas. Cintamobil.com punya saran untuk selalu membawa 6 perlengkapan saat musim hujan.

Biasanya, Maret merupakan masa-masa peralihan menuju musim kemarau, ditandai dengan aktivitas curah hujan yang makin menurun. Namun beberapa tahun belakangan, kita masih sering menemui cuaca kurang bersahabat pada pertengahan tahun.

Dilansir dari situs resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), secara umum wilayah di Indonesia dibagi menjadi dua jenis, yakni Zona Musim (ZOM) dengan perbedaan jelas antara musim hujan dan kemarau, serta Non Zona Musim (Non ZOM) yang intensitas curah hujannya merata sepanjang tahun (biasanya di daerah ekuator).

Sebagai pengemudi yang siap siaga, tidak ada salahnya selalu menyiapkan berbagai perlengkapan saat musim hujan.

1. Payung

Payung berwarna warni sedang dipasang di tempat tinggi

Sediakan lebih dari satu supaya bisa dipakai penumpang

Rasanya barang ini sudah menjadi keharusan untuk selalu dibawa, karena belum tentu tempat parkiran mobil dekat dengan bangunan yang dituju. Lebih baik mempersiapkan dua atau lebih payung berukuran besar supaya bisa dipakai penumpang.

>>> Menerjang banjir ada triknya. Baca di sini yuk!

2. Sandal

Sandal berwarna biru di pasir pantai

Daripada sepatu basah, lebih baik pakai sandal

Rasanya cukup menjengkelkan bila bagian dalam sepatu kemasukan air saat melewati genangan. Sandal merupakan salah satu perlengkapan saat musim hujan supaya kaki tetap kering selama beraktivitas. Saat tidak digunakan, Anda bisa memasukkannya ke dalam plastik dan disimpan di belakang supaya lantai tidak terlalu berantakan.

>>> Lagi cari mobil berbagai kebutuhan? Cari di Cintamobil.com aja...

3. Baju Ganti

model baju dengan kerah putih garis-garis hitam

Minimal atasan, lebih baik lagi satu setel

Curah hujan bisa berubah-ubah, tergantung intensitas awan mendung dan angin. Tak jarang guyuran air kian bertambah deras, mengakibatkan baju dan celana jadi basah kuyup meski telah memakai payung. Karenanya selalu sediakan baju ganti, minimal bagian atas agar badan tetap hangat.

>>> Mengupdate harga mobil semua merek hanya ada di Cintamobil.com

4. Plastik

Plastik putih

Supaya lebih ringkas, lipat plastik menjadi pola segitiga

Seperti diutarakan di poin nomor dua, plastik digunakan untuk membungkus sandal saat tidak dipakai. Selain itu, Anda juga bisa menyimpan pakaian yang kepalang basah supaya interior mobil tidak lembap, salah satu pemicu jamur.

>>> Lihat kembali momen test drive Nissan Terra VL 4x4 2019!

5. Kanebo

Kanebo berwarna kuning

Ringan, mudah menyerap air, dan lebih cepat kering

Hujan deras biasanya akan membuat kaca di bagian dalam berembun, membuat jarak pandang pengemudi kian pendek. Anda bisa membersihkannya dengan lap jenis kanebo, terkenal ampuh menyerap air dibanding jenis lain seperti katun atau kaus, serta lebih cepat kering setelah diperas.

>>> Ikuti tips lain dari Cintamobil.com supaya Anda tetap aman di jalan!

6. Perlengkapan Mobil

Kunci inggris

Tidak mau ribet? Bawa kunci inggris yang bisa diatur ukurannya (adjustable wrench)

Mulai dari dongkrak, kunci inggris, hingga ban serep, pastikan selalu tersedia di dalam mobil. Salah satu masalah saat mengemudi saat hujan adalah lubang di jalanan yang tertutup genangan, atau adanya ranjau paku. Dalam kondisi darurat tentu akan lebih praktis mengganti ban sendiri daripada mencari bengkel. 

Itu dia berbagai beberapa perlengkapan saat musim hujan yang bisa disimpan di dalam mobil. Supaya tidak basah kuyup, mari persiapkan mulai dari sekarang!

>>> Baca tips Cintamobil.com lainnya di sini!

Share this post:
 
back to top