Honda Temukan Cara Berkendara Baru Lewat Konsep Augmented Driving

09/01/2020

Pengemudian

3 menit

Honda Temukan Cara Berkendara Baru Lewat Konsep Augmented Driving
Di tengah masifnya perekmbangan teknologi kendaraan otonom, Honda menciptakan konsep Augmented Driving yang menghadirkan cara berkendara baru. Seperti apa?

Pada gelaran Consumer Electronic Show di Las Vegas, Honda jadi salah satu perusahaan otomotif yang cukup jor-joran dengan membawa berbagai konsep, perangkat baru, AI Assistant, dan bahkan teknologi konektivitas terbaru untuk pengendara motor.

>>> Sejauh apa perkembangan teknologi berkendara otonom saat ini?

Salah satu teknologi menarik yang dihadirkan untuk roda empat adalah konsep Augmented Driving, yang diklaim Honda hadir sebagai solusi dari perubahan kultur menuju mobil swakemudi.  Tentu saja, cepat atau lambat sistem berkendara otonom akan mencapai level paripurna di mana mobil dapat berkendara sendiri tanpa input pengemudi.

Mobil Honda dengan konsep augmented driving dipamerkan di CES 2020

Seperti ini penampakan mobil konsep Honda di CES 2020

Di saat bersamaan, para pengemudi tentu masih ingin mengontrol kendaraanya. Oleh karena itu, keseimbangan antara sistem otonom dan pengendaraan konvensional masih jadi fokus sebagian besar pabrikan, tak terkecuali dengan konsep mengemudi pintar yang diciptakan Honda satu ini.

>>> Sedang cari mobil? Ada banyak pilihan loh di sini

Konsep Augmented Driving Honda diciptakan untuk menawarkan transisi halus antara sistem berkendara otonom dan semi-otonom, yakni dengan membuat sistem swakemudi selalu sedia dan siap mengambil alih kontrol kendaraan dari pengemudi secara halus.

Cara kerja Augmented Driving Honda dibandingkan konsep augmented driving konvensional

Augmented Driving Honda menghadirkan sistem peralihan otonom - semi-otonom tanpa jeda (seamless)

Untuk pilihan mode, pengemudi mendapatkan delapan mode berkendara mulai dari fully-autonomous dan semi-autonomous. Hal ini didukung juga dengan berbagai sensor yang secara terus-menerus membaca gerak-gerik pengemudi, dan secara cerdas menyesuaikan mode berkendara untuk menghadirkan pengalaman berkendara yang alami.

>>> Teknologi otomotif apa saja yang sedang in? Temukan jawabannya di sini

Salah satu poin penting dari konsep mobil swakemudi Honda ini adalah setir, di mana pabrikan Jepang itu menerapkan desain yang cukup revolusioner di mana hampir semua kegiatan mengemudi dioperasikan di lingkar kemudi.

Augmented Driving Concept Honda dipamerkan di CES 2020

Dalam konsep ini, setir jadi kontrol utama mobil

Mulai dari menghidupkan mobil dengan mengetuk setir, sampai saat mengendarai mobil di mana pengemudi menekan setir untuk berakselerasi, dan menarik lingkar kemudi untuk melakukan pengereman. Dengan berbagai fitur di atas, eksperimen Honda bisa dibilang cukup futuristik. Namun soal kepraktisan, dan apakah bisa menggantikan layout kokpit konvensional? Well, semua balik lagi kepada Anda.

>>> Tips & trik lain yang tak kalah menariknya bisa Anda lihat di sini

Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.
 
back to top