Hindari Membawa 3 Makanan ini di Mobil untuk Berbuka Puasa

15/04/2021

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Bepergian di bulan Ramadan, Anda bisa mempersiapkan bekal perjalanan. Tapi sebaiknya tidak membawa 3 makanan ini di mobil karena kurang baik untuk berbuka puasa.

Penting mempersiapkan bekal makanan dan minuman saat melakukan perjalanan saat puasa. Tujuannya agar bisa segera berbuka bila waktu Maghrib tiba. Namun perlu diketahui, tidak semua jenis makanan baik dikonsumsi saat berbuka. Alih-alih mengembalikan tenaga, justru kurang baik bagi kesehatan. Untuk makanan-makanan tersebut sebaiknya tidak dibawa dan ganti dengan jenis makanan sehat yang lain.

Hindari 3 jenis makanan

Berikut ini 3 jenis makanan kurang baik buat berbuka puasa dan tidak direkomendasikan untuk dibawa di mobil.

1. Minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi praktis dibawa kemanapun karena tersedia dalam berbagai kemasan. Varian rasanya beragam dan bisa dipilih sesuai selera. Sedangkan dari sisi kenikmatan, rasanya cukup nikmat. Terlebih disajikan dingin dan dalam kondisi sangat haus. Namun perlu diketahui minuman jenis ini memiliki kandungan gula tinggi. Meminumnya bisa meningkatkan risiko kelebihan berat badan dan obesitas.

Efek lain adalah ketidaknyamanan. Menurut situs kesehatan gigi asal Orlando Florida AS, Phantasticsmile, kandungan karbon minuman berkarbonasi bakal larut di lambung, lalu menjadi gas dan menyebabkan sendawa. Dalam kondisi perut kosong menyebabkan rasa mulas dan rasa asam di mulut.

>>> Tidak Boleh Ada Kegiatan Sahur On The Road Saat Ramadhan

Foto menunjukkan pengendara Membawa minuman di mobil

Air mineral lebih menyehatkan saat berbuka puasa dibanding minuman soda

2. Makanan gula tinggi

Sama dengan makanan berkarbonasi yang banyak dijual di pasaran, makanan dengan kadar gula tinggi juga sangat mudah ditemukan. Misalnya permen, cokelat, soft drink, selai, dan es krim. Namun sebaiknya Anda tidak membawanya di perjalanan untuk persiapan buka puasa.

Makanan-makanan tersebut memiliki risiko tinggi bagi kesehatan. Jika dikonsumsi dalam kondisi perut kosong bisa menyebabkan lonjakan gula darah secara cepat. Juga meningkatkan risiko asam urat, batu ginjal hingga gagal ginjal. Menurut "Journal of Pediatrics" hasil penelitian ilmuwan di University of California di San Francisco yang diterbitkan dalam "Journal of Pediatrics" pada bulan Juni 2009 zat gula yang jika tidak diekskresikan dalam urin dapat meningkatkan risiko asam urat, batu ginjal, atau gagal ginjal.

3. Makanan berminyak

Gorengan salah satu contoh makanan paling menggiurkan. Misalnya mendoan, pangsit, bakwan, dan pisang goreng, Namun makanan-makanan tersebut sangat berminyak. Itu tidak terlalu baik dikonsumsi baik saat berbuka puasa maupun di hari-hari biasa.

Makanan digoreng menyebabkan kadar air berkurang dan menyerap lemak hingga meningkatkan jumlah kalori. Mengkonsumsi gorengan secara rutin meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh yang bisa meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung dan stroke.

>>> Tips Berbuka Puasa Saat Perjalanan Menggunakan Mobil

Foto menunjukkan gorengan Rondo Royal

Makanan terlalu berminyak kurang baik untuk kesehatan

Makanan terbaik untuk berbuka

Sebagai pengganti 3 jenis makanan di atas Anda bisa membawa makanan dan minuman lain yang lebih menyehatkan di dalam mobil. Misalnya buah kurma, roti gandum rendah kalori, dan air putih. Soal nutrisi tak usah diragukan, kurma adalah salah satu buah terbaik dan sangat direkomendasikan untuk buka puasa. Roti gandum rendah kalori lebih baik dibanding roti tawar putih biasa. Sedangkan air putih adalah minuman paling menyehatkan.

>>> Tips dan trik menarik lainnya seputar mobil ada disini

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top