Hindari 10 Kebiasaan Bodoh Ini Di Jalan Tol

26/10/2019

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Hindari 10 Kebiasaan Bodoh Ini Di Jalan Tol
Berikut ini adalah paparan 10 kebiasaan bodoh di jalan tol. Kami harap Anda sebagai pembaca setia artikel Cintamobil.com tidak pernah sekalipun melakukannya.

Saat melaju di jalan tol dalam kecepatan tinggi, jarak ratusan meter bisa terlibas dalam hitungan detik. Tentunya bisa sangat berbahaya apabila Anda atau orang lain lalai maupun melakukan tindakan bodoh di jalan tol. "Perilaku mengemudi merupakan penyebab kecelakaan tertinggi," tukas Bintarto Agung selaku Direktur Indonesia Defensive Driving Center saat ngobrol santai dengan Cintamobil.com di area Puncak beberapa waktu lalu. Tentu saja penyebab itu bukanlah suatu pengecualian di jalan tol. Maka, hindari 10 kebiasaan bodoh ini di jalan tol.

1. Berhenti Di Kanan

Gambar menunjukkan mobil berhenti di jalur kanan

Kalau mau berhenti di jalan tol jangan di jalur kanan, bahaya!

Bila mobil yang Anda kemudikan terjadi kerusakan mesin atau transmisi yang menyebabkan mobil mogok alias jamming, berhenti di jalur kanan sebenarnya bisa dimaklumi. Sebab mobil benar-benar tidak bisa jalan lagi. Namun, celakanya yang sering terlihat justru kebiasaan bodoh mengganti ban kempis di kanan jalan. Potensi bahaya jelas ada yakni tertabrak, mengingat di jalan tol lajur kanan adalah untuk mendahului dan mobil di jalur ini kecepatannya sangat tinggi.

2. Tidak Jaga Jarak Saat Kecepatan Tinggi

Gambar menunjukkan saat melaju di jalan tol harus jaga jarak

Saat melaju di kecepatan tinggi, harus jaga jarak minimal 3 detik

Saat balapan atau berkompetisi, memang slipstreaming sangat dibutuhkan untuk memperkecil hambatan angin dan menambah laju mobil. Tapi drafting atawa slipstreaming tidak dibutuhkan di jalan tol Kurang menjaga jarak saat mobil berlari kencang pastinya dapat berdampak fatal. Saat mobil di depan Anda tiba-tiba mengerem, Anda tak punya waktu  untuk melakukan deselerasi kendaraan. Sehingga resiko tabrakan beruntun menjadi lebih besar.

3. Potong Jalur

Gambar menunjukkan saat terjebak kemacetan jangan asal potong lajur

Tertiblah di antrian saat jalan padat, potong jalur bisa menyebabkan kecelakaan

Inilah salah satu kebiasaan terbodoh di jalan tol yang mengundang kecelakaan. Umumnya ini terjadi di sekitar jalur masuk atau keluar tol. Kendaraan yang baru masuk tol langsung saja ambil kanan, lebih mengesalkan itu dilakukan tanpa menyalakan lampu sein! Sementara untuk jalur keluar tol, marka jalan seenaknya saja dipotong tanpa memikirkan pengendara lain. Hal ini jelas sangat bodoh dan berbahaya untuk lalu lintas berkecepatan tinggi.

4. Mundur

Gambar menunjukkan persimpangan tol pada malam hari

Meskipun mundur dapat dilakukan dengan aman, tapi tetap beresiko

Meski jarang terlihat, namun sesekali mungkin akan menemui pengemudi yang melakukan ini. Mundur sering kali dilakukan pada interseksi (pecahan jalur). Banyak pengemudi yang salah, terlewat exit tol, lantas memilih mundur ketimbang turun di pintu tol berikutnya. Kendati mundur umumnya dilakukan dengan hati-hati sembari menyalakan lampu hazard, aksi ini sangat berbahaya sebab pengemudi di belakang tidak mengantisipasi mobil yang berjalan mundur.

5. Pelan Di Jalur Kanan

Gambar menunjukkan mobil berjalan pelan di jalur kanan

Kalau jalan pelan jangan di jalur kanan dong! Mengganggu dan bikin macet

Inilah salah satu kebiasaan bodoh yang kerap ditemui. Bukan hanya di jalan tol dalam kota, namun juga luar kota. Kita semua tahu, setiap jalan tol memiliki limit kecepatan terendah 60 km/jam dan tertinggi antara 80 hingga 100 km/jam. Tapi bukan berarti itu dapat dilakukan di jalur kanan which is adalah lajur untuk overtaking. Kondisi ini sangat menyebalkan, dan seringkali memaksa kendaraan yang melaju lebih cepat mendahului dari jalur kiri.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

6. Melaju Kencang Di Bahu Jalan

Gambar menunjukkan mobil melaju kencang di bahu jalan

Melaju kencang di bahu jalan bukan tindakan yang terpuji di jalan tol

Bahu jalan sejatinya diciptakan untuk keadaan darurat. Seperti ambulance yang sedang evakuasi pasien ke rumah sakit, maupun petugas tol yang butuh cepat sampai lokasi tertentu untuk memberi pertolongan pertama kecelakaan. Sayangnya, bahu jalan ini kerap disalahgunakan. Ada saja mobil pribadi pasang strobo dan menggunakan bahu jalan serta berlagak seperti aparat. Selain bisa menabrak mobil yang sedang berhenti darurat, kebiasaan ini bisa jadi simpul kemacetan.

7. Balik Arah Memotong Median

Gambar menunjukkan mobil sedang memotong median jalan

Memotong median jalan adalah tindakan bodoh di jalan tol

Ini memang sudah jarang terlihat, namun di ruas tol yang pembatasnya belum ketat, hal bodoh ini dapat dilakukan. Entah apa alasannya ada saja pengemudi bodoh yang ingin balik arah, langsung memutar mobilnya setelah keluar pintu tol untuk kembali masuk ke jalan tol. Tak hanya pengemudi biasa, petugas tol pun kadang melakukan hal ini. Tentu aksi ini sangat berbahaya, apalagi ada saja pengemudi dari arah berlawanan yang tidak sabaran.

>>> Dapatkan tips pengemudian mobil hanya dari Cintamobil.com

8. Menerima Telepon Atau Bersosmed

Gambar menunjukkan mengemudi mobil All New Suzuki Ertiga GX

Mengemudi itu butuh 100% konsentrasi, jangan menelepon atau membalas pesan whatsapp kala mengemudi

Mobil modern saat ini umumnya sudah dilengkapi dengan konektivitas via bluetooth maupun Apple Car Play® atau Android Auto™ agar dapat tersambung ke smartphone. Tapi, menerima telepon sambil mengemudi akan menimbulkan gangguan konsentrasi. Menyetir itu butuh 100% fokus, bayangkan Anda sedang melaju 100 km/jam di jalan tol, artinya dalam 1 detik, mobil melaju 100 meter. Hilang konsentrasin sedikit saja bisa terjadi kecelakaan, apalagi sambil bersosial media.

9. Jajan Di Tol

Gambar menunjukkan himbauan agar memanfaatkan rest area ketika ingin jajan

Manfaatkan rest area ketika ingin jajan

Macet di jalan tol utamanya tol dalam kota memang berkah bagi pedagang keliling. Well, dengan membeli dagangan mereka di jalan tol akan membantu perekonomian si pedagang, tapi hal itu juga menimbulkan potensi bahaya. Sebab ketika macet, Anda akan sulit memprediksi kapan mobil di depan Anda kembali melaju, plus kehadiran pedagang juga mengganggu saat mobil hendak bermanuver. Saran kami hindarilah kebiasaan jajan di jalan tol, dan optimalkan rest area.

10. Overspeed Atau Underspeed 

Gambar menunjukkan mengebut di jalan tol

Pastikan Anda ahli sebelum berani mengemudikan mobil dengan kencang

Seperti yang kami sudah singgung sebelumnya, tiap jalan tol punya batasan kecepatan masing-masing. Tapi, melaju melewati batas kecepatan maupun melakukan aksi zig-zag guna mempertahankan kecepatan sangat tidak dibenarkan. Bisa jadi Anda merasa aman, tapi tidak demikian dengan pengemudi lain disekitar Anda. Melaju dibawah batas kecepatan minimum juga berbahaya, sebab berpotensi ditabrak dari belakang.

>>> Kumpulan tips dan trik otomotif terlengkap bisa Anda temukan disini

Share this post:
Arfian Alamsyah
Penulis
Arfian Alamsyah
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Ia menjadi salah satu andalan Cintamobil dalam menguji mobil baru di Indonesia

Berita lain

Pelajaran Dari Kecelakaan APV di Tol Jagorawi, Jangan Pernah Sepelekan Sabuk Keselamatan

16/09/2019

Pengemudian

3 menit

Sejumlah penumpang terlempar keluar saat sebuah Suzuki APV terguling di Jalan Tol Jagorawi akibat tidak mengenakan sabuk keselamatan saat berada di dalam kendaraan. 3 orang meninggal dunia, sedang sisanya terluka dan harus mendapat perawatan.

Lihat juga

Amankah Air Botol Plastik Di Taruh Dalam Mobil? Ini Jawaban Peneliti

29/09/2019

Pengemudian

8 menit

“Amankah air botol plastik di taruh dalam mobil.” Terdengar sepele memang sehingga nyaris diabaikan oleh banyak pengendara. Terjadi di tahun 2017, yang mana mobil nyaris terbakar akibat menaruh air botol plastik dalam mobil. Benarkah hal tersebut? Ini jawaban peneliti.

Lihat juga

Bukan Sekedar Estetika, Ini Fungsi Jalur Hijau di Tengah Jalan Tol

30/09/2019

Pengemudian

5 menit

Jalur hijau di tengah jalan tol yang berupa hamparan rumput serta parit kecil, ternyata memiliki fungsi khusus lho. Jadi bukan sekedar hiasan untuk mempercantik jalan tol tersebut.

Lihat juga

ALTIC Sebarkan Left Lane Campaign Bagi Pengemudi di Jalan Tol

25/09/2019

Event - Promosi

5 menit

Left lane Campaign merupakan kampanye keselamatan berkendara yang dilakukan komunitas ALTIC. Tujuannya mengingatkan para pengguna jalan tol untuk selalu menggunakan lajur kiri.

Lihat juga

Jangan Kaget, Tarif Tol Bakal Naik Lagi Hingga Akhir Tahun

30/09/2019

Pasar mobil

3 menit

PT Jasa Marga memastikan hingga akhir tahun bakal melakukan penyesuaian tarif di 11 ruas jalan tol yang dikelola baik yang berada di Jawa maupun luar Jawa seperti Sumatera dan Bali.

Lihat juga