Hati-Hati Lewati Jalan Menanjak di Belakang Truk!

07/06/2020

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Hati-Hati Lewati Jalan Menanjak di Belakang Truk!
Ada bahaya besar berada di bekakang truk saat melewati jalan menanjak. Seperti yang terjadi di Jawa Timur dimana pemotor terlindas oleh truk yang melorot karena tak kuat menanjak.

Peristiwa tragis terjadi di Jalan Raya Desa/Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur pada Kamis (4/6/2020). Sebuah truk bermuatan kayu melorot melindas pengendara sepeda motor yang berada di belakangnya.

Diberitakan NTMC Polri, (5/6/2020) kejadian terekam secara jelas dari Closed Circuit Television (CCTV) milik warga, truk yang mengarah ke Desa Pancur tiba-tiba melorot tidak terkendali karena tidak kuat melewati jalan menanjak dan menikung.

Dalam hitungan detik korban yang mengendarai motor Yamaha Yupiter cukup dekat terlindas ban truk karena tidak memiliki kesempatan untuk menghindar. Pengemudi motor, Jainus Sofil Mahmud (20) terlempar dan mengalami luka-luka. Sedangkan adiknya, M. Wisnu Mubaroq (9) yang diboncengnya meninggal dunia di lokasi dengan luka serius di tubuhnya.

Waspada di belakang truk

Terlepas dari hasil penyelidikan kepolisian atas kejadian tersebut, ada pelajaran penting bagi pengguna kendaraan bermotor saat berkendara di jalan raya untuk selalu waspada saat di belakang truk. Terutama di belakang truk bermuatan berat dan melewati jalan menanjak.

  • Pertama; Saat kendaraan berat mengalami gagal menanjak dan gagal mengerem, maka sembilan puluh persen akan mengalami kecelakaan.
  • Kedua; Yang dipikirkan pengemudi bila merasa kendaraan tidak kuat menanjak dan bakal melorot adalah mencari target fixation atau pengganjal. Semua objek bisa jadi sasaran seperti pohon, tebing, gapura, tugu, bahkan kendaraan lain di belakang.
  • Ketiga; Adakalanya pengemudi truk panik dan tidak berpikir seperti di atas. Kemudian membiarkan kendaraan ngeloyor begitu saja.

>>> E-commerce Goodyear Sediakan Layanan Pembelian Ban Truk Secara Online

Foto saat berkendara di belakang truk

Waspada berkendara di belakang truk

Menghindari kecelakaan

Prioritas terpenting berkendara adalah keselamatan, bukan kecepatan untuk sampai tujuan. Lantas, apa yang harus dilakukan jika berada di belakang truk bermuatan berat dan melewati jalan menanjak?

  • Pertama; Perkirakan seberapa berat beban yang dibawa. Ini bisa diketahui dari lajunya yang nampak berat dan terlihat ngos-ngosan meski di tanjakan melandai.
  • Kedua; Jaga jarak aman. Bahkan lebih baik berhenti jika terlihat tanjakan di depan mulai tajam dan kendaraan diyakini bakal tidak kuat.
  • Ketiga; Waspadai aroma terbakar dari kendaraan lain. Bisa jadi itu sebuah indikasi rem kendaraan berat bermasalah.

>>> Tips Berkendara Aman Menghadapi Truk di Jalan

Foto Truk pengangkut bahan kimia berbahaya

Sebaiknya segera menjauh dari truk tangki pengangkut bahan kimia

>>> Berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top