Hati-hati, Lagu Favorit Bisa Jadi Masalah Saat Mengemudi

20/03/2019

Pengemudian
Share this post:
Hati-hati, Lagu Favorit Bisa Jadi Masalah Saat Mengemudi
Mendengarkan musik dan lagu favorit jadi solusi yang paling banyak dipilih pengemudi untuk menghibur diri, mengusir kesepian dan melawan ngantuk. Tahu tidak, ternyata lagu favorit bisa jadi masalah saat mengemudi.

Pemutar musik telah menjadi fitur wajib pada mobil. Tidak hanya mobil-mobil zaman now, mobil-mobil jadul pun sudah menyematkan fitur ini meski tak secanggih mobil-mobil sekarang. Dengan mendengarkan musik dan lagu favorit pengendara bisa mendapatkan hiburan yang membuatnya menjadi lebih nyaman. Nah, fakta mengejutkan terungkap belum lama ini. Sebuah penelitian di Israel dan Amerika mengungkap bahwa lagu favorit bisa jadi masalah saat mengemudi mulai dari melakukan kesalahan-kesalahan fatal hingga menurunkan perilaku safe-driving.

Foto bernyanyi bersama-sama di dalam mobil

Banyak yang merasa lebih bergairah ketika mengemudi sambil bernyanyi

>>> Happy International Women's Day, Berikut Tips Modifikasi Untuk Wanita

Secara garis besar ada 2 alasan mengapa lagu favorit bisa jadi masalah saat mengemudi menurut penelitian tersebut:

1. Pencarian mengalihkan konsentrasi

Saat pengemudi merasa lagu yang diputar tidak sesuai keinginan, secara otomatis tangan ingin mengganti. Pencarian pun dimulai, pengemudi mulai membagi pandangan matanya ke jalan raya dan mengamati daftar lagu satu persatu di layar monitor. Dipastikan ketika aktifias pencarian ini dilakukan konsentrasi juga bakal terbagi. Semakin lama pencarian semakin lama pula konsentrasi terpecah dan semakin besar potensi bahaya yang mengancam.

2. Ikut menyanyi memperbesar distraksi

Alasan kedua lagu favorit bisa jadi masalah saat mengemudi adalah memperbesar distraksi atau pengalihan perhatian, mirip dengan poin 1 di atas. Saat lagu favorit sudah ketemu dan diputar, sadar atau tidak sadar biasanya pengemudi ikut bernyanyi. Hal ini bisa membuat konsentrasi di jalan berkurang karena harus membagi juga untuk konsentrasi pada lagu. Semakin dihayati, semakin besar pula distraksi yang ditimbulkan.

>>> Tips pengemudian terbaru dan terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

Foto sedang memilih lagu favorit di dalam mobil

Siapkan lagu favoritmu saat mobil masih berhenti

Lantas apa mendengarkan lagu favorit harus dilarang?

Tidak juga. Selama tidak ada distraksi alias masih bisa berkonsentrasi secara penuh, mendengarkan lagu favorit saat mengemudi tidak jadi masalah. Beberapa orang malah merasa mendengarkan musik dan lagu favorit membuatnya lebih bersemangat, tidak mengantuk dan membantu tetap konsentrasi. Anda sendiri bagaimana, lebih suka mengemudi dengan tenang tanpa musik atau mendengarkan musik dengan lagu favorit?

>>> Baca tips Cintamobil.com lainnya di sini!

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top