Hati-Hati, Jalan Aspal Berlumpur Sama Bahayanya Ketumpahan Oli

30/01/2020

Pengemudian

4 menit

Hati-Hati, Jalan Aspal Berlumpur Sama Bahayanya Ketumpahan Oli
Bukan tumpahan oli saja yang membuat jalan jadi licin, jalan aspal berlumpur pun bisa sangat licin saat kena hujan dan sangat membahayakan kendaraan bermotor.

Keselamatan menjadi hal paling prioritas bagi Anda pengendara kendaraan bermotor di jalan raya. Beragam kondisi wajib diperhatikan dari sejak memulai perjalanan hingga di tengah-tengah perjalanan. Anda harus memastikan kendaraan dalam kondisi prima, mulai dari mesin, perlampuan, hingga ke sistem pengereman. Anda juga wajib dalam kondisi sehat wal afiyat, tidak mengantuk, tidak kelelahan, tidak dalam pengaruh obat serta tidak dalam kondisi gundah gulana. Hal tersebut penting agar konsentrasi tetap terjaga.

Di perjalanan, Anda harus mematuhi aturan berlalu lintas seperti yang diatur kepolisian. Tidak melebihi batas kecepatan maksimum, tidak menerobos lampu merah lampu lalu lintas, tetap berjalan pada jalurnya dan beragam aturan lainnya.

Waspada kondisi jalan

Yang tak kalah penting yaitu waspada terhadap kondisi lalu lintas dan jalanan. Hal-hal tidak terduga bisa saja terjadi di tengah perjalanan, bahkan yang memiliki potensi bahaya tinggi. Misalnya, tiba-tiba ada kendaraan dari depan mengalami rem blong, atau ada orang tiba-tiba lari menyeberang sementara kendaraan sudah sangat dekat.

Nah, saat musim hujan kewaspadaan berlalu lintas harus lebih ditingkatkan mengingat situasi dan kondisinya berbeda dengan saat cerah. Visibilitas lebih rendah karena curahan hujan atau karena berkabut. Kemudian kondisi aspal juga licin membuat traksi roda berkurang membuat kendaraan mudah tergelincir karena aquaplaning.

>>> 6 Tips Berkendara Saat Hujan Lebat

Foto menunjukkan Jalan aspal berlumpur

Tumpahan tanah di jalan aspal bisa jadi sumber petaka

Jalanan aspal basah bakal makin berbahaya dengan adanya tumpahan tanah bekas galian atau proyek dari truk pengangkut. Dalam kondisi basah tanah berubah menjadi lumpur yang sangat licin menyebabkan roda selip atau kehilangan kendali, sama bahayanya dengan jalan aspal yang terkena tumpahan oli.

Tips Melewati Jalan Aspal Berlumpur

Kalau Anda bisa menghindar dari jalan aspal berlumpur seperti di atas, usahakan menghindar dan melalui bagian jalan yang lain yang tidak berlumpur. Utamanya jika Anda pengendara motor sebab sekali tergelincir kemungkinan besarnya pasti jatuh.

Jika terpaksa harus melewati lakukan tips berikut:

  • Pertama; Kurangi kecepatan di bawah kecepatan ideal, alias jalan pelan-pelan,
  • Kedua; Jaga jarak dengan kendaraan di depan, dan
  • Ketiga; Tidak melakukan manuver tajam, seperti berbelok tajam mendadak, mengerem mendadak, atau menginjak pedal gas dalam-dalam.

>>> Dibagi Enam Kategori, Ini Dia Pilihan Mobil Teraman Euro NCAP

Foto menunjukkan kondisi Jalan aspal berlumpur

Jangan melakukan manuver di jalanan berlumpur

>>> Tips dan trik lainnya ada disini

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top