Hati-hati, Isi Bensin Sampai Penuh Berbahaya! Ini Penjelasannya

02/08/2019

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Hati-hati, Isi Bensin Sampai Penuh Berbahaya! Ini Penjelasannya
Apakah Anda termasuk orang yang sering mengisi bensin mobil hingga full tank atau penuh? Sepertinya Anda harus lebih berhati-hati saat mengisi bensin mencapai bibir lubang pengisian bahan bakar. Mengapa isi bensin penuh berbahaya?

1. Risiko Terbakar

Mobil alami kebakaran di jalan

Tangki bensin yang terlalu penuh berisiko tinggi mengakibatkan kebakaran

Hal yang paling mendasar dan paling jelas terlihat oleh mata dalam kebiasaan melakukan isi bensin sampai penuh adalah kebakaran. Saat bensin tumpah kemudian mobil berdekatan dengan sumber api, maka hal itu bisa menyulut api dan mengakibatkan kebakaran.

>>> Mau Hemat Bahan Bakar, Terapkan Teknik Eco Driving Saat Mengemudi

2. Risiko Tumpah

Mobil kuning isi bensin

Mengisi bensin hingga penuh bisa tumpah ketika melewati jalan menurun atau menanjak

Posisi normal pengisian BBM adalah posisi jalan datar sehingga bisa mengisi tangki dalam kondisi pebuh. Namun bagaimana jadinya jika kemudian kita berjalan pada kondisi jalan yang tidak selamanya datar, seperti jalanan naik turun di pegunungan? Hal ini tentu akan berisiko tumpah, hingga merembes atau menguap ketika tutup tangki bensin dalam kondisi tidak prima (sudah aus, berkarat , dan lainnya). Maka tidak disarankan untuk isi bensin sampai penuh karena ada risiko tersebut.

>>> Temukan tips pengemudian lainnya di sini

3. Berkurangnya Ruang Udara

Jalur isi bensin pada mobil

Tangki BBM umumnya membutuhkan ruang udara untuk mengurangi tekanan

Sebenarnya, BBM membutuhkan ruang udara untuk mengurangi tekanan saat bensin mengembang. Mengisi BBM sampai bibir lubang tangki tentu akan mengurangi ruang udara. Hal ini tentu sangat berbahaya. Perlu diperhatikan adalah bahwa ruang udara yang dibutuhkan adalah setara dengan posisi permukaan bensin sedikit dibawah leher lubang tangki. Nah, jadi Anda sudah tahu risiko dari isi bensin sampai penuh pada mobil? Tetap aman di jalan ya.

>>> Tips & trik lainnya tentang mobil bisa baca disini

Share this post:

Berita lain

Seberapa Boros Mobil Berteknologi Tinggi Dan Berturbo Diisi BBM Oktan Rendah? Dan Ini Efeknya

05/07/2019

Pengemudian

5 menit

Kami melakukan percobaan yang tidak biasa, yakni mengisi BBM dengan oktan rendah pada mobil kekinian dengan teknologi tinggi dan dengan sistem induksi udara paksa alias turbocharger. Lalu seberapa boros mobil berteknologi tinggi dan berturbo saat diisi BBM dengan angka oktan lebih rendah dari rekomendasi pabrikan?

Lihat juga

Gonta Ganti BBM Dianggap Biasa, Ini Dampaknya Bagi Kendaraan!

03/07/2019

Perawatan dan service

3 menit

Perilaku gonta ganti BBM dari satu merek ke merek lain atau dari satu RON ke RON lain sering dilakukan pengendara karena satu alasan atau beberapa alasan yang berbeda. Lantas, apa dampaknya bagi kendaran?

Lihat juga

Inilah 6 Riset Mahal Demi Penghematan BBM Yang Dilakukan Pabrikan

22/05/2019

Pengemudian

4 menit

Kita semua sepatutnya berterima kasih kepada para ilmuwan di muka bumi ini yang telah menghabiskan waktu dan biaya guna meriset sebuah teknologi demi penghematan BBM yang dilakukan pabrikan. So, inilah 6 riset mahal demi penghematan BBM yang dilakukan pabrikan.

Lihat juga

5 Hal yang Dilarang Saat Isi BBM di SPBU, Jika Lalai Taruhannya Nyawa!

14/05/2019

Pengemudian

5 menit

Setiap pemilik kendaraan pasti pernah ke SPBU (Stasiun Pengisian bahan Bakar Umum). Tapi tahukah Anda, ada lima hal yang dilarang saat isi BBM di SPBU? Kecuali para pengguna kendaraan listrik yang tentu tak butuh bahan bakar minyak, Anda wajib paham tentang hal ini.

Lihat juga

Awas, Ini Bahaya Salah Isi BBM Pada Toyota Avanza 2019

Toyota Avanza 2019 memiliki jenis bahan bakar yang telah direkomendasikan oleh pihak pabrikan. Ada resiko yang harus diambil oleh para pemilik mobil ini jika mengisi bahan bakar bukan yang sesuai rekomendasi dari pihak Toyota Indonesia.

Lihat juga
 
back to top