Hati-Hati! Aquaplaning Juga Mengintai Pengguna Jalan Tol

07/02/2019

Pengemudian
Share this post:
Hati-Hati! Aquaplaning Juga Mengintai Pengguna Jalan Tol
Memasuki musim hujan, aquaplaning menjadi momok menakutkan bagi pengendara kendaraan bermotor. Tak terkecuali jalan tol. Baru-baru ini, sebuah Toyota Fortuner mengalami aquaplaning ketika berkendara di jalan tol.

Aquaplaning merupakan kondisi pada kendaraan dimana traksi ban tidak mampu menggenggam permukaan jalanan dengan pas. Hal ini mengakibatkan mobil susah dikendalikan hingga mungkin tergelincir. Mulai dari jalanan perkotaan hingga jalan tol bebas hambatan. Meskipun masalah di jalan tol menjadi lebih berbahaya mengingat kecepatan pengendara lebih tinggi dibandingkan jalanan biasa.

aquaplaning di jalan tol dilihat dari mobil

Jalan tol juga tidak terhindar dari aquaplaning

Dilansir dari CNN Indonesia, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPTJ) Herry Trisaputra Zuna mengungkapkan sejumlah ruas tol Tanah Air masih belum bebas dari kondisi ini. Herry menjelaskan, "Kalau aquaplaning ini di beberapa tempat memang saluran drainase tidak mengalir (baik) sehingga tergenang."

>>> Mengapa Anda Harus Non-Aktifkan Cruise Control ketika Berkendara di Jalan Basah?

Sistem saluran air yang tidak berfungsi dengan baik memunculkan genangan ketika terjadi hujan maupun setelahnya. Dijelaskan oleh Harry, masalah yang juga dikenal sebagai hydroplaing ini terjadi bukan terletak pada kesalahan pembuatan drainase saluran air, tetapi dikarenakan pemeliharaan drainase yang tidak teratur.

mobil yang menggilas genangan di jalan

Aquaplaning biasanya terjadi ketika ada genangan di jalanan

"Artinya kalau menimbulkan genangan ya harus diperbaiki. Tapi pada saat dibangun, hitung-hitungan sudah memadai. Hanya memang setelah berjalan lama ya memang perlu maintenance tadi. Entah ada tersumbat atau apa," ungkap Herry.

>>> Tips pengemudian terbaru dan terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

Masalah aquaplaning yang terjadi pada jalan tol memang bukan hal baru. Namun Herry selama ini mengungkapkan bahwa masih belum ada laporan terkait jalan tol yang rawan terkena kondisi ini. Ia menjelaskan, "Belum update karena belum ada laporan secara keseluruhan. Tapi itu spot per spot ya sifatnya. Dan juga tergantung dengan curah hujan.”

ban berwarna hitam yang melaju di genangan

Aquaplaning mengakibatkan ban tidak mencengkram jalanan dengan baik

Untuk menangani aquaplaning yang terjadi di jalanan, Harry mengingatkan pengemudi untuk berhati-hati, terlebih ketika berkendara di jalanan basah selama maupun setelah hujan. Bukan hanya di jalanan tol, sedangkan kondisi ini juga bisa terjadi pada jalanan biasa. Yang terbaru, sebuah Toyota Fortuner mengalami aquaplaning dan terekam kamera mengalami kecelakaan.

>>> Tips dan trik otomotif paling lengkap bisa Anda dapatkan di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Mengapa Anda Harus Non-Aktifkan Cruise Control ketika Berkendara di Jalan Basah?

03/02/2019

Pengemudian

Cruise control atau kontrol pelayaran sangat membantu pada saat jalanan kering, tetapi bisa menjadi masalah saat hujan. Tetapi, kenapa Anda dianjurkan untuk tidak mengaktifkan cruise control ketika berkendara di jalan basah?

Lihat juga

Musim Hujan, Hati-Hati Pengaruh Cuaca Dingin pada Tekanan Udara Ban

Ketika sedang terburu-buru di pagi yang dingin, ternyata ban mobil kempes karena tekanan udara berkurang. Tentu mengesalkan bukan? Tapi, bagaimana suhu mempengaruhi tekanan udara ban?

Lihat juga

Tips Anti Stress Terjebak Macet Ketika Hujan Melanda

13/11/2018

Pengemudian

Apa saja yang selalu dikaitkan dengan hujan selain banjir? Jalan penuh kemacetan! Dengan musim hujan sudah di depan mata, Cintamobil.com akan berikan tips anti stress terjebak macet etika hujan melanda jalanan.

Lihat juga

Musim Hujan Mulai Datang, Kelembaban Bisa Akibatkan Bau Pada Mobil

Terkadang bau pada mobil bisa hilang dengan penyegar udara. Tapi tentu saja lebih cepat jika Anda membasmi penyebab bau tersebut. Masalahnya, bau di dalam mobil bisa datang dari mana saja.

Lihat juga

Musim Hujan Datang, Hati-Hati Berkendara di Jalan Tergenang, Kenapa?

24/10/2018

Pengemudian

Ketika terburu-buru, terkadang kita langsung menerobos genangan air di jalan. Tapi pastikan untuk berhati-hati ketika berkendara di jalan tergenang. Jika tidak, nyawa menjadi taruhannya.

Lihat juga