Hati-hati! Ada Bahaya Mengancam Saat Membawa Beban Berlebih di Mobil

28/12/2018

Pengemudian
Share this post:
Hati-hati! Ada Bahaya Mengancam Saat Membawa Beban Berlebih di Mobil
Mempunyai mobil dengan kabin yang luas bukan berarti Anda bebas mengangkut semua beban tanpa memperdulikan aturan. Padahal dengan membawa beban berlebih, Anda tidak hanya mengundang bahaya tapi juga melanggar aturan lalu lintas.

Saat musim liburan, banyak pemilik mobil yang mengendarai mobil dengan beban berlebihan (overload). Tidak hanya pengemudi komersial seperti truk da bus angkutan umum, tapi juga mobil pribadi. Harapan untuk bisa mengangkut orang dan barang secara maksimal justru mengabaikan aspek keamanan berkendara. Padahal dengan membawa beban berlebih atau melebihi kapasitas angkut dapat mempengaruhi kestabilan mobil, kemampuan manuver dan efisiensi BBM.

>>> Baca juga: Persiapan Liburan? Yuk Pasang Roof Rack, Bagasi Atap Mobil

Selain itu risiko kecelakaan juga meningkat drastis ketika mobil menanggung beban berlebih. Kestabilan mobil dan kemampuan bermanuver yang menurun menjadi sorotan utama dalam hal keamanan. Kedua hal tersebut bisa menurunkan kemampuan pengemudi dan mobilnya dalam mengantisipasi dan merespons ketika dalam situasi darurat.

Gunakan roof box jangan menaruh barang di atap mobil

Letakkan barang bawaan dalam roof box, jangan di atap mobil

Terkait dengan kondisi mobil dampak dari beban berlebihan ternyata berkaitan dengan kinerja rem.”Kapasitas muatan yang berlebihan membuat kemampuan rem akan berkurang, sehingga menyebabkan jarak berhenti kendaraan menjadi bertambah,” ujar Bintarto Agung, Presiden Direktur Indonesia Defensive Driving Center (IDDC).

>>> Tips perawatan terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

Ha ini akan berdampak siginifikan untuk mobil yang belum disematkan fitur ABS. Pengemudi harus meginjak pedal lebih keras untuk mendapatkan tingkat pengereman yang optimal. Selain itu kondisi mobil di tikungan dengan beban yang berlebih akan membuat mobil semakin limbung, cengkeraman roda mernurun dan risiko mobil terguling semakin besar.

Mobil menjadi lebih limbung ketika bermanuver

Mobil menjadi terasa lebih limbung ketika berbelok karena barang bawaan berlebih

Bahkan bahaya semakin besar mengancam ketika penempatan barang dilakukan dengan tidak benar, seperti meletakkan barang berat di atas mobil. Padahal penempatan barang bawaan di atap mobil tanpa ada roof rack atau roof box tidak diperbolehkan. Aturan tersebut tertuang dalam standar keselamatan berkendara yang dikeluarkan oleh Society of Automotive Engineer-SAE Amerika Serikat.

>>> Ingin membeli mobil baru? Lihat saja listingnya di Cintamobil.com

Share this post:
 
back to top