Hati-hati! Ada Bahaya Mengancam Ketika Kendaraan Parkir

18/02/2019

Pengemudian
Share this post:
Hati-hati! Ada Bahaya Mengancam Ketika Kendaraan Parkir
Ketika kendaraan parkir, mungkin Anda berpikiran mobil tetap aman untuk ditinggal. Padahal ada beberapa benda atau kebiasaan yang berbahaya ketika kendaraan parkir.

Memarkir kendaraan bisa dalam kondisi apa saja baik dalam ruangan (indoor) maupun luar ruangan (outdoor). Bila Anda cukup sering memarkir kendaraan diluar dengan terik panas matahari, ada beberapa barang yang bisa berbahaya. Dalam buku manual Daihatsu Ayla dijelaskan jangan meninggalkan kacamata, penyala rokok, kaleng semprotan, atau minuman kaleng di dalam kendaraan parkir saat terik matahari.

Korek api menjadi sumber bahaya saat kendaraan parkir

Jangan pernah meninggalkan korek api gas di dalam mobil saat terparkir

Bila Anda meninggalkan penyala rokok (korek api gas) atau kaleng penyemprot bisa menyebabkan kebocoran. Dampak terburuknya bila dalam waktu lama bisa mengakibatkan kebakaran. Meskipun Anda meninggalkan penyala rokok di dalam laci atau di lantai tetap bisa menyala secara tidak sengaja. Sehingga bisa membakar kain yang melapisi jok atau karpet dari bahan kain.

>>> Baca juga: Jarang Disadari, 6 Alat Ini Sangat Membantu Pengemudi Saat Parkir Mobil

Sementara untuk kacamata, temperatur dalam kendaraan parkir bisa membuat lensa plastik dan material plastik pada kacamata berubah bentuk atau retak. Tentu Anda tidak ingin kacamata kesayangan rusak begitu saja. Selain itu, kacamata juga bisa berbahaya bila Anda meletakkan dekat jendela atau kaca depan. Pantulan sinar matahari dari atas bisa menyebabkan kaca yang serupa lensa menimbulkan titik api dan menjadi penyebab kebakaran mobil.

Kacamata juga bisa menjadi sumber bahaya dalam mobil

Kacamata menjadi sumber bahaya dalam mobil dan bisa merusak kacamata Anda ketika parkir terlalu lama

Bagaimana dengan kaleng minuman ringan? Teriknya panas matahari bisa menyebabkan kaleng minuman retak dan isinya menyemprot ke interior saat kendaraan parkir. Akibat dari semprotan ini tentu bisa memicu terjadinya hubungan pendek pada komponen kelistrikan kendaraan. Akibatnya mobil bisa rusak atau memantik api dan terjadi kebakaran.

>>> Klik di sini untuk membaca tips & trik lainnya

Bila kaca film pada kendaraan parkir tersebut melengkung dan membentuk sebuah lensa, jangan membiarkan pintu atau kaca terbuka. Ini karena lengkungan kaca film berbahan logam dan berwarna perak itu bisa membuat pantulan cahaya matahari menjadi titik api. Ketika terjadi titik api dan menyentuh bahan yang mudah terbakar maka bisa berakibat fatal untuk kendaraan parkir karena tidak ada yang mengetahuinya.

Share this post:

Berita lain

Memudahkan Pengemudi, Berikut Cara Kerja Fitur Parkir Otomatis

28/11/2018

Pengemudian

Salah satu keahlian dalam mengemudi adalah parkir. Tidak semua orang bisa memarkirkan mobilnya dengan sempurna. Melihat permasalahan tersebut, saat ini pada mobil-mobil mewah telah hadir fitur parkir otomatis.

Lihat juga

Bisa Memudahkan Parkir, Kenali Teknologi Intelligent Park Assist

23/09/2018

Pengemudian

Kecanggihan fitur pada mobil semakin memudahkan pengemudi. Termasuk kehadiran fitur Intelligent Park Assist (IPA) yang mulai banyak ditemukan di mobil-mobil modern.

Lihat juga

Jarang Disadari, 6 Alat Ini Sangat Membantu Pengemudi Saat Parkir Mobil

05/10/2018

Pengemudian

Selain harus mengusai teknik mengemudi dan bisa memanfaatkan setiap celah, ada alat-alat yang sangat membantu pengemudi memudahkan saat parkir.

Lihat juga

Posisi Ban Yang Benar Saat Parkir Di Jalan Menurun Dan Menanjak

30/08/2018

Pengemudian

Bagi Anda yang sering menggunakan mobil pastinya tahu kalau parkir mobil tak selalu berada di jalanan datar. Kadang kala parkir di jalan menurun atau menanjak. Lalu bagaimana posisi ban yang benar?

Lihat juga

Remote Park Assist dari Porsche untuk Anda yang Tidak Bisa Parkir

03/09/2018

Pengemudian

Bagi Anda malas memarkirkan mobil dan memiliki banyak uang, Porsche telah mengembangkan Remote Park Assist yang ditanamkan pada crossover mewah Porsche Cayenne yang telah diperbaharui.

Lihat juga