Harus Buka Puasa Saat Nyetir Mobil? Ikuti Langkah-langkah Ini

13/05/2020

Pengemudian

5 menit

Share this post:
Harus Buka Puasa Saat Nyetir Mobil? Ikuti Langkah-langkah Ini
Ketika harus buka puasa saat nyetir mobil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal ini demi kenyamanan dan keselamatan Anda agar tetap sampai di tujuan.

Saat ini seluruh umat muslim di dunia sedang melaksanakan ibadah puasa Ramadan. Namun tidak bisa dipungkiri, kegiatan selama bulan puasa juga tidak boleh berkurang dengan alasan apapun. Berpuasa harus tetap menjadikan siapa saja produktif.

Selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menganjurkan agar setiap warga lebih menggunakan kendaraan pribadi jika harus beraktifitas diluar. Ini lantaran menggunakan kendaraan umum berisiko lebih besar untuk tertular virus corona.

>>> Biar Konsentrasi Mengemudi Selalu Terjaga, Konsumsi Makanan Ini Saat Sahur

Lalu bagaimana jika harus buka puasa saat nyetir mobil? Tidak perlu panik, sebaiknya ikuti langkah-langkah ini sebagai bekal perjalanan selama menjalani ibadah puasa yang Cintamobil.com lansir dari laman resmi Toyota Indonesia.

1. Selalu Siapkan Air Mineral

Air mineral di mobil

Cukup batalkan puasa Anda dengan minum air putih

Bukan cuma hari-hari biasa, sebaiknya di mobil selalu siapkan air mineral. Boleh menggunakan botol ukuran kecil maupun sedang. Saat memasuki bulan Ramadhan, keberadaan air mineral ini akan berguna untuk Anda membatalkan puasa ketika masih harus nyetir hingga ke tempat tujuan. Dengan begini tidak perlu repot mampir ke minimarket kan...

>>> Cek promo mobil baru berbagai merk dan tipe disini

2. Sebaiknya Bawa Makanan Ringan

Makan sambil yetir

Sebaiknya bawa kudapan ringan yang tidak berhamburan ketika dimakan

Meskipun baru bisa dikonsumsi saat setelah masuk waktunya berbuka, namun menyimpan makanan ringan di mobil ketika berkendara selama bulan puasa juga disarankan. Sehingga ketika nanti pada waktunya harus buka puasa saat nyetir mobil, Anda tinggal mengeluarkan makanan ringan ini.

Sebaiknya simpan makanan ringan yang tidak terlalu manis, berukuran kecil, dan tidak mudah berantakan saat dikonsumsi. Selain itu simpan makanan tersebut pada wadah yang bersih dan tertutup rapat sehingga tidak mengundang serangga atau binatang lainnya masuk ke kabin mobil Anda.

3. Berhenti Sejenak di Tempat Aman

Parkir di gedung

Berhenti sejenak untuk istirahat dan sholat

>>> Pilih mobil bekas impian Anda menjelang Lebaran disini

Jika sudah masuk waktunya berbuka namun perjalanan Anda masih cukup jauh, maka sebaiknya berhentilah sejenak. Namun pilihlah tempat berhenti yang aman buat Anda dan kendaraan. Misalnya di masjid, SPBU, atau pusat perbelanjaan. Saat berhenti, Anda bisa mengkonsumsi kudapan berbuka puasa dan melakukan ibadah sholat Magrib sebelum akhirnya kembali melanjutkan perjalanan.

4. Jangan Langsung Makan Berat

Makanan buka puasa

Hindari makanan yang terlau kenyang ketika masih harus melanjutkan berkendara

Ketika harus buka puasa saat nyetir mobil, maka sebaiknya jangan langsung makan-makanan yang berat dan terlalu kenyang. Makanlah secukupnya dan perbanyak minum air putih. Karena jika terlalu kenyang, perut Anda akan terasa sakit dan tidak nyaman untuk duduk di balik kemudi. Selain itu ada risiko mengantuk, padahal Anda masih harus mengemudi sampai ke tujuan.

Demikian tips ketika harus berpuasa namun Anda tetap beraktifitas. Selamat berpuasa ya!

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Sedang Di Perjalanan, Jangan Paksakan Diri Berbuka Puasa Di Rumah

13/05/2019

Pengemudian

Momen paling berkesan dan menyenangkan jika bisa berbuka puasa di rumah bersama keluarga. Namun jika situasi kurang memungkinkan karena sedang di perjalanan sebaiknya tidak usah memaksakan diri.

Lihat juga

Tips Penuh Berkah Berkendara ketika Macet Diwaktu Berbuka Puasa

20/05/2018

Pengemudian

Bulan puasa kembali datang menyapa umat Muslim di seluruh dunia. Masalahnya, waktu berbuka puasa selalu dikaitkan dengan kemacetan yang terjadi di banyak tempat di Indonesia. Mengetahui cara berkendara ketika macet diwaktu berbuka puasa diperlukan bagi Anda yang bisa saja mengalaminya.

Lihat juga

Awas, Ada Bahaya Mengemudi Setelah Makan Besar

20/02/2020

Pengemudian

3 menit

Makan besar, kenyang sih. Tapi tak recommended jika setelahnya langsung mengemudi. Selain tidak nyaman karena terlalu kenyang, juga menyimpan potensi bahaya.

Lihat juga

Review Mitsubishi Maven 2005, Sebuah Usaha Pertama 'Menjegal' Toyota Avanza

27/02/2019

Editor rate:

Inilah usaha pertama Mitsubishi untuk menjegal hegemoni penjualan Toyota Avanza di Indonesia, berikut ini kami ulas secara lengkap dan mendalam mengenai mobil Mitsubishi Maven 2005 ini

Lihat juga

Update/ Pembaruan harga mobil Nissan Teana terbaru November Di Indonesia

01/11/2020

Nissan

PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) juga memiliki mobil berkategori sedan dengan menampilkan performa bertenaga dan tampilan elegan. Mobil tersebut bernama Nissan Teana, yang sudah meraih generasi ketiganya pada tahun 2014 lalu. Sedan mewah ini, menawarkan sensasi berkendara handal serta menyuguhkan suasana kabin nyaman bagi Anda dan seluruh penumpang. Berapa harga Nissan Teana ini?

Lihat juga
 
back to top