[HARI NATAL DAN AKHIR TAHUN 2018] Tips Aman Mengemudi Menggunakan Roof Box

19/12/2018

Pengemudian
Share this post:
[HARI NATAL DAN AKHIR TAHUN 2018] Tips Aman Mengemudi Menggunakan Roof Box
Barang yang berlebih saat liburan membuat kapasitas bagasi yang ada tidak cukup. Salah satu solusinya adalah memasang roof box. Agar perjalanan lancar, berikut tips aman mengemudi menggunakan roof box saat berlibur.

Ketika libur panjang tiba khususnya akhir tahun, pemasangan roof box semakin banyak baik pada mobil keluarga seperti MPV atau jenis mobil lainnya. Harus diakui bahwa roof box memang berguna untuk menampung barang sehingga pengemudi dan penumpang tetap mempunyai ruang yang lega. Namun bukan berarti memakai roof box membuat perjalanan tetap aman karena bobot dan dimensi bodi menjadi bertambah.

Umumnya kapasitas roof box ukuran besar antara 300-450 liter dengan kapasitas beban antara 75-100 Kg. Gejala limbung akan semakin terasa karena penambahan tinggi sekitar 1 meter, alhasil mobil menjadi tidak stabil saat bermanuver. Disarankan pemasangan roof box masih dalam batas normal dengan beban angkut sesuai kapasitas roof box, tidak lebih.

>>> Baca juga: Ketika Waktu Dan Tempat Bukan Lagi Halangan Untuk Beli Asuransi

Ada beberapa tips yang bisa Anda pratikkan agar tetap aman ketika berlibur menggunakan roof box. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah roof rack terpasang dengan kencang sehingga tidak terlepas saat Anda sedang berkendara. Bila Anda berencana membeli roof box, cari bahan yang berkualitas dan memiliki daya tahan terhadap sinar UV (ultra violet) agar barang didalam roof box aman dari cuaca panas ketika siang hari.

MPV juga bisa menggunakan Roof Box untuk menambah kapasitas barang bawaan

MPV umumnya menggunakan roof box agar barus ketiga tetap lapang

Salah satu ciri roof box memiliki bahan berkualitas adalah terbuat dari bahan yang kuat dan lentur. Hal ini untuk melindungi ketika roof box tertimpa benda keras sehinga barang Anda tetap terjaga dan roof box tidak mudah pecah. Sedangkan soal ketinggian, jangan lebih dari 1 meter karena berpengaruh pada jarak pandang pengendara di belakang. Tidak hanya itu, ketinggian roof box juga berpengaruh pada kestabilan mobil.

>>> Ingin membeli mobil baru? Lihat saja listingnya di Cintamobil.com

Bila mobil Anda adalah jenis sedan dan city car, direkomendasikan menggunakan roof box berbentuk oval. Ini agar penampilannya tetap enak dipandang dan sesuai degan bentuk bodi mobil. Meski roof box berfungsi sebagai “bagasi tambahan” tetapi letakkan barang seperlunya. Baca anjuran dari produsen roof box berapa beban maksimalnya.

Ketika Anda melintasi terowongan atau gerbang tol, perhatikan rambu batas ketinggian maksimum yang diizinkan. Hitung total tinggi mobil ditambah roof box dan pastikan tidak melebihi rambu yang terpasang. Penambahan roof box membuat mobil tidak stabil sehingga hindari manuver mendadak dalam kecepatan tinggi.

Bawa barang secukupnya dengan peralatan khususnya

Bawa barang sesuai kapasitas roof box, jangan terlalu berlebihan

Lebih Aman Dengan Asuransi

Saat musim liburan umumnya tingkat kecelakaan meningkat. Perlindungan tambahan seperti asuransi Garda Oto bisa memberikan ketenangan dan rasa aman saat berlibur. Bila Anda belum sempat membeli asuransi tersebut, bisa optimalkan fitur terkini dari Garda Mobile Otocare yang bisa diunduh di Play Store (Android) atau App Store (Apple).

Berlibur pun lebih tenang karena asuransi Garda Oto memiliki 500 lebih bengkel resmi rekanan di seluruh Indonesia. Sehingga ketika mobil Anda bermasalah diluar kota tetap aman karena tersedia bengkel rekanan yang bisa diandalkan. Selain itu juga Garda Oto memberi jaminan untuk kualitas servis mobil bila Anda mengakses Garda Mobile Otocare.

>>> Baca juga tips mengemudi lainnya disini

Persiapkan perlindungan tambahan

Persiapkan perlindungan tambahan agar liburan semakin tenang dan nyaman

Salah satu fitur terbaru dalam aplikasi resmi dari Garda Oto ini adalah bernama Garxia (Garda Experience Intelligent Assistant). Fitur ini memberi kemudahan untuk Anda membeli asuransi untuk mobil kesayangan yang akan dipandu langsung oleh Garxia. Adapun Garxia merupakan sebuah chatbot yang akan membantu membeli polis Garda Oto atau memperpanjang polis.

Anda juga akan dipandu oleh Garxia untuk menentukan jenis asuransi yang dipilih apakah komprehensif atau TLO. Pun untuk perluasan asuransi bisa dipilih seperti banjir, gempa, huru-hara hingga tanggung jawab pihak ketiga. Akses mudah ini bisa Anda gunakan dengan mengunduh aplikasi Garda Mobile Otocare pada smartphone. Setelah itu akan ada layanan home survey dengan jadwal dan lokasi surveu yang Anda pilih sendiri.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Share this post:
 
back to top