[HARI NATAL DAN AKHIR TAHUN 2018] Terjebak Kemacetan Saat Liburan? Simak 5 Tips Tidur di Mobil

27/12/2018

Pengemudian
Share this post:
[HARI NATAL DAN AKHIR TAHUN 2018] Terjebak Kemacetan Saat Liburan? Simak 5 Tips Tidur di Mobil
Saat libur panjang, banyak masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi untuk pergi keluar kota. Lalu lintas pun menjadi macet. Salah satu solusi bila Anda terjebak kemacetan adalah tidur di mobil. Simak 5 tips menginap di mobil berikut.

1. Lokasi Parkir

Hal utama saat Anda memutuskan menginap di dalam mobil adalah lokasi parkir yang aman. Beberapa lokasi mempunyai aturan ketat terkait durasi memarkir mobil. Perhatikan peraturan tersebut jangan sampai mobil Anda diderek. Jangan pernah menginap di tepi jalan karena punya potensi bahaya besar. Tempat berisitrahat seperti rest area di jalan tol atau tempat parkir 24 jam adalah lokasi yang tepat. Usahakan lokasi parkir tersebut memiliki penerangan yang cukup agar Anda tetap aman selama tertidur lelap.

>>> Liburan Bersama Keluarga? Simak 5 Tips Membuat Anak Tetap Nyaman di Mobil Selama Perjalanan

2. Matikan Mobil

Saat sudah mulai tidur di mobil, matikan mesin mobil dan lepaskan kunci dari starter. Simpan kunci di kantung celana Anda sehingga mobil tetap aman dari maling. Jangan lupa untuk mengunci pintu mobil agar tidak ada orang tak dikenal masuk ke dalam mobil Anda.

Atur posisi tidur ternyaman Anda

Agar tidur Anda nyaman, atur posisi bangku  

3. Posisi Tidur

Bila mobil Anda berjenis hatchback atau mobil yang kursi belakang bisa dilipat dan menambah ruang bagasi, ini bisa dioptimalkan. Ruang bagasi ekstra pada kursi yang dilipat tersebut bisa Anda manfaatkan untuk meregangkan kaki yang lelah saat menghadapi kemacetan lalu lintas. Opsi lainnya adalah merebahkan atau memiringkan sepenuhnya sandaran punggung ke belakang. Sehingga Anda bisa tidur di mobil agak terlentang seperti di kasur.

>>> Baca juga: Liburan Semakin Aman dan Nyaman, 8 Aksesoris Mobil Yang Wajib Ada

4. Buka Jendela

Tidur di mobil akan semakin nyaman dan lelap bila ada udara dari luar kabin mobil masuk ke dalam. Sehingga buka sedikit jendela sebagai ventilasi udara. Bila mobil Anda mempunyai fitur sun roof, bisa buka kaca atas sebagai ventilasi tambahan. Namun jangan sampai kaca yang terbuka menjadi celah orang lain mengintip ke dalam mobil. Usahakan Anda berada di lokasi parkir yang tidak terlalu ramai.

Jangan biarkan mesin mobil hidup karena berbahaya

Matikan mesin mobil agar Anda tetap aman selama dalam kondisi tidur

5. Rutinitas Pagi

Ketika sudah bangun pagi, bila memungkinkan luangkan waktu untuk mandi dan menyikat gigi di kamar mandi umum. Biasanya pada tempat seperti rest area di jalan tol mempunyai fasilitas ini. Bila tidak ada kamar mandi, sediakan botol khusus untuk diisi air dan lakukan rutinitas ini seperti mencuci muka atau menggosok gigi.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Share this post:
 
back to top