[HARI NATAL DAN AKHIR TAHUN 2018] Liburan Panjang Ingin Berkelana? Ini Dia 4 Tips Melintasi Tol Trans Jawa

26/12/2018

Pengemudian
Share this post:
[HARI NATAL DAN AKHIR TAHUN 2018] Liburan Panjang Ingin Berkelana? Ini Dia 4 Tips Melintasi Tol Trans Jawa
Menjadi penghubung Jakarta dengan Surabaya, berkendara melalui tol Trans Jawa bisa menjadi petualangan yang menyenangkan liburan akhir tahun ini. Ingin tahu apa saja tips melintasi tol Trans Jawa?

Dengan musim liburan Natal dan Tahun baru yang saat ini dinikmati oleh sebagian penduduk Indonesia, bisa dibilang tol Trans Jawa yang baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo menjadi jalur favorit yang patut dicoba. Namun tentu saja, ada beberapa tips melintasi tol Trans Jawa yang patut Anda perhatikan, beberapa diantaranya yaitu:

1. Perhatikan ruas yang minim penerangan

Bersumber dari perjalanan CNNIndonesia.com di jalur Trans Jawa, beberapa ruas jalan masih belum mendapatkan penerangan yang memadai. Misalnya pada ruas tol Mojokerto – Surabaya dalam segmen Ngawi – Kertosono yang masih minim lampu penerangan.

Gambar tol Trans Jawa tanpa lampu

Beberapa ruas tol Trans Jawa masih minim penerangan

Untuk beberapa tempat, pengemudi dianjurkan untuk tidak berkendara di malam hari. Selain itu, pastikan untuk memberikan perhatian yang lebih pada kendaraan, terlebih pada lampu-lampu mobil. Dengan rendahnya visibilitas di malam hari, ditambah dengan kurangnya penerangan, lampu depan satu-satunya yang menjadi penolong untuk melintasi jalanan di malam hari.

>>> [HARI NATAL DAN AKHIR TAHUN 2018] Melintasi Tol Trans Jawa? Lihat Dulu Rest Area dan SPBU yang Bisa Digunakan

2. Jalan yang bergelombang

Biasanya, ketika ada jalanan yang lurus dan panjang dengan sedikit kendaraan atau mobil di jalan, pengemudi akan terpacu untuk menggeber mobil mereka pada kecepatan tertinggi. Namun hal tersebut merupakan salah satu penyebab tertinggi kecelakaan yang terjadi di Indonesia.

Gambar jalan bergelombang tol Trans Jawa
Perhatikan jalan yang penuh tambalan atau bergelombang

Pastikan untuk tidak tergoda memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi, apalagi pada ruas jalan Tol Pemalang – Batang. Pasalnya, beberapa tambalan pada jalan mengakibatkan jalan bergelombang dan membahayakan ketika dilalui dengan kecepatan tinggi. Selain itu, perhatikan juga serpihan kerikil yang berserakan di pinggir hingga tengah jalan.

>>> Dapatkan tips perjalanan lebih lengkap hanya di Cintamobil.com

3. Beberapa ruas tol masih belum dikenakan tarif

Masih ada beberapa ruas yang belum mendapatkan tarif, jadi Anda bisa langsung melaju tanpa harus membayar. Beberapa ruas tersebut adalah:

  • Ruas tol Pemalang-Batang segmen Simpang Susun Pemalang-Pasekaran
  • Ruas tol Batang-Semarang segmen Pasekaran Simpang Susun-Krapyak
  • Ruas tol Semarang-Solo segmen Salatiga-Kartasura
  • Ruas tol Ngawi-Kertosono segmen Wilangan- Kertosono
  • Ruas tol Jombang-Mojokerto segmen Bandar-Kertosono
  • Ruas tol Gempol-Pasuruan segmen Pasuruan-Grati
  • Ruas tol Surabaya-Gempol segmen Sorong-Kejapanan

​​>>> Ingin membeli mobil bekas? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

4. Jangan lupa persiapkan stamina

Dengan total perjalanan dari Jakarta menuju Surabaya lebih dari 800 kilometer, bagi Anda yang ingin menempuh rute ini sebaiknya memperhatikan kondisi fisik ketika mengemudi. Pasalnya, berkendara jarak jauh membutuhkan fisik prima agar tetap fokus selama perjalanan.

Gambar rest area tol Trans Jawa

Jangan lupa untuk beristirahat di rest area

Dilansir dari beberapa sumber, jangan biasakan untuk berkendara lebih dari empat jam tanpa berhenti. Pastikan untuk selalu sekedar meregangkan tubuh untuk beristirahat. Karena itu, pastikan untuk memperhatikan dimana rest area yang tersedia selama perjalanan. Jika Anda ingin melakukan perjalanan jarak jauh, tentu saja tidak hanya dalam tips melintasi tol Trans Jawa, pastikan untuk langsung istirahat ketika merasa lelah selama perjalanan.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top