[HARI NATAL DAN AKHIR TAHUN 2018] 5 Tips Membuat Anak Tetap Nyaman di Mobil Selama Perjalanan Liburan

25/12/2018

Pengemudian
Share this post:
[HARI NATAL DAN AKHIR TAHUN 2018] 5 Tips Membuat Anak Tetap Nyaman di Mobil Selama Perjalanan Liburan
Bagi Anda yang sudah berkeluarga dan berencana berlibur dengan membawa mobil, salah satu tantangannya adalah membuat anak tetap nyaman. Simak tips berikut agar anak tetap nyaman di mobil selama perjalanan liburan.

Mengajak anak pergi keluar kota dengan jarak tempuh yang jauh dan waktu yang lama menjadi tantangan tersendiri. Anda harus membuat anak tetap nyaman meski dalam perjalanan jauh. Rasa lelah, bosan dan berujung rewel pada anak bisa terjadi saat perjalanan liburan. Ada beberapa hal yang bisa Anda persiapkan dan perhatikan sehingga perjalanan tetap nyaman untuk anak.

1. Tempat Tidur Khusus

Dalam perjalanan liburan, ada waktu dimana anak butuh tidur siang atau malam. Bila mobil yang Anda gunakan adalah SUV atau MPV, maka siapkan tempat khusus pada baris belakang mobil, baik baris kedua atau ketiga. Pinggirkan semua barang bawaan dan pastikan tidak ada benda yang menumbul agar tempat tidur anak nyaman. Bila mobil Anda mempunyai lantai rata ketika bangku dilipat, bisa dimanfaatkan dengan menjadikannya tempat tidur khusus anak. Sediakan bantal atau boneka favorit agar tidur semakin lelap. Sehingga anak tetap nyaman dan tidak cepat terbangun selama perjalanan.

>>> Baca juga: Liburan Semakin Aman dan Nyaman, 8 Aksesoris Mobil Yang Wajib Ada

Buat anak bahagia sepanjang jalan

Atur posisi tidur anak senyaman mungkin dan jaga suasana hati mereka

2. Berhenti Setiap 2-3 Jam

Idealnya mobil berhenti setiap 2 atau 3 jam perjalanan untuk beristirahat sejenak. Hal ini ternyata juga berguna untuk anak-anak meregangkan oto setelah berjam-jam di mobil. Akan lebih baik bila tempat pemberhentian memiliki arena bermain sehingga mengusir rasa bosan anak selama perjalanan. Cukup lakukan pemberhentian sekitar 30 menit maka perjalanan sudah bisa dilanjutkan.

>>> Baca juga tips mengemudi lainnya disini

3. Berangkat Malam Hari

Sesuaikan waktu keberangkatan dengan jarak tempuh serta waktu perjalanan yang dibutuhkan. Apabila perjalanan Anda cukup jauh dan menghabiskan waktu lebih dari 5 jam, maka berangkatlah pada malam hari. Hal ini karena anak pada mala hari bisa tidur hingga pagi. Anda sebagai orang tua pun tiadk perlu risau anak bosan karena perjalanan yang jauh.Tetapi Anda sebagai pengemudi juga harus menyiapkan fisik yang kuat untuk melakukan perjalanan malam hari.

Utamakan keselamatan sepanjang perjalanan

Posisikan yang aman tempat duduk anak-anak saat dalam perjalanan jauh

4. Siapkan Camilan

Ketika bosan, anak mendadak merasa lapar dalam perjalanan. Bila masih jauh dari tempat makan, siapkan camilan seperti biskuit atau buah-buahan. Sehingga perut anak sudah terisi dan tidak rewel karena kelaparan.

>>> Ingin membeli mobil bekas? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

5. Film Dan Musik Favorit

Salah satu menghilangkan rasa bosan yang cukup ampuh adalah menonton film favorit. Bila mobil Anda mendukung untuk memutar film kesukaan anak-anak, maka siapkan sebelum berangkat. Sehingga ketika terjebak dalam kemacetan anak-anak tetap nyaman sambil menonton film kesukaannya. Bagaimana bila mobil tidak ada fitur untuk menonton film? Lagu anak-anak juga cukup ampuh dan Anda bisa ikut bernyanyi bersama.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Share this post:
 
back to top