Gunakan Posisi N Daripada Posisi D Saat Mobil Berhenti Sejenak

18/05/2018

Pengemudian
Share this post:
Gunakan Posisi N Daripada Posisi D Saat Mobil Berhenti Sejenak
Mobil bertransmisi otomatis begitu digandrungi masyarakat saat ini karena pengoperasiannya yang begitu mudah. Apalagi mobil matic sangat cocok bagi yang tinggal di daerah perkotaan dan selalu berkutat dengan kemacetan, sehingga anda tidak akan terlalu lelah ketika membuat mobil berhenti sejenak karena hanya tinggal menginjak dan melepaskan rem secara perlahan.

Ketika Anda menemukan lampu merah, Anda yang taat dengan peraturan lalu lintas pasti akan membuat mobil berhenti sejenak sambil menunggu lampu hijau menyala. Mengingat mudahnya pengoperasian mobil matic, terkadang beberapa pengguna sering menginjak rem kaki sambil menahan mobil di posisi D daripada mengatur posisi transmisi ke posisi N.

gambar lampu merah dengan waktu penunjuk

Lampu merah dengan waktu penunjuk

>>> Untuk melihat tips dan trik bagi mobil anda bisa dilihat disini

Jika demikian, maka baiknya jangan diteruskan kebiasaan ini agar mobil anda tahan lama. Mengapa demikian? Saat mobil berhenti sejenak dan menahan mobil dengan rem kaki di posisi D, torque converter pada transmisi akan terus bekerja walaupun tidak banyak udara yang masuk sehingga oli transmisi akan bekerja secara ekstra di suhu yang panas. Selain itu kampas rem akan cepat habis karena harus menahan laju kendaraan. Belum lagi jika Anda sedang melakukan kegiatan lain seperti berkomunikasi, yang membuat anda tidak fokus dan secara tidak sadar melepaskan injakan rem. Sudah pasti akan terjadi kecelakaan yang tidak diinginkan hanya karena hal sepele ini.

gambar ilustrasi kaki kanan yang menginjak pedal rem

Jangan pernah menginjak rem ketika sedang berada di Posisi D

>>> Baca juga tips mengemudi lainnya disini

Opsi paling baik adalah merubah dari Posisi D ke Posisi N atau netral ketika mobil berhenti sejenak dan gunakan rem tangan agar mobil tidak mudah bergerak. Selain untuk meminimalisasi potensi kerusakan atau aus pada komponen rem kaki, kinerja mesin tidak akan terhubung dengan girboks dan membuat torque converter pada transmisi tidak bekerja sehingga girboks tidak cepat rusak.

gambar tuas transmisi di posisi netral

Selalu dalam posisi netral ketika berhenti sejenak

>>> Klik disini untuk melihat mobil bekas yang disediakan oleh cintamobil.com

Share this post:
 
back to top