Gempa Sering Terjadi, Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Berkendara Saat Gempa?

05/10/2018

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Gempa Sering Terjadi, Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Berkendara Saat Gempa?
Indonesia merupakan salah satu negara yang paling sering menerima dampak bencana alam. Ketika kita sedang berkendara saat gempa terjadi, apa yang sebaiknya kita lakukan?

Beberapa dekade terakhir, masyarakat Indonesia paling sering mendapatkan bencana dibandingkan negara lain. Bukan hanya bencana medium, tercatat Indonesia telah beberapa kali digempur bencana seperti gempa dan tsunami yang mengambil ribuan jiwa. Bukan tidak mungkin, pengemudi Indonesia akan lebih sering berkendara saat gempa. Jika hal ini terjadi, apa yang mesti dilakukan?

Gambar yang menunjukan pengemudi yang berkendara saat gempa

Pastikan untuk mengendalikan kendaraan dengan tenang ketika berkendara saat gempa

DIjelaskan oleh Instruktur Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana menjelaskan bahwa bencana alam memang bisa menimbulkan kepanikan. Namun pengemudi yang berada di jalan raya harus tetap menjaga kewaspadaan dan tidak gegabah.

"Ketika gempa biasanya pengemudi menjadi tidak awas dengan kondisi lingkungan. Ini berbahaya sekali. Tugas mengemudi tetap menjadi yang utama jangan terganggu dengan hal lain," jelas Sony, dilansir dari Kompas, Sabtu (29/9).

>>> Dampak tsunami mobil terendam air lait, bagaimana kerusakannya?

Sony mengungkapkan bahwa pengemudi sebaiknya waspada dan mengerti dengan kondisi lingkungan ketika bencana terjadi. Melihat keadaan sekitar, seperti kondisi bangunan, tiang listrik atau baliho, bangunan, serta pohon yang tinggi bisa memberikan dampak besar. Sama seperti gempa Donggala dan Palu yang membuat banyak bangunan roboh.

Gambar yang menunjukan bangunan yang roboh akibat Gempa di Donggala

Gempa Donggala yang menyebabkan kerusakan parah di Sulawesi Tengah

"Begitu tahu ada gempa, jangan panik ketika di mobil. Kurangi kecepatan kendaraan secara perlahan karena pasti ada banyak pengguna jalan lain yang mungkin bertindak gegabah di kondisi seperti itu. Jangan sampai mau injak rem, malah injak gas. Pokoknya tetap fokus," jelas Sony.

>>> Dapatkan berbagai informasi tips mengemudi lainnya ada di sini

Ketika berada di dalam kendaraan, lanjut Sony, pengemudi disebut bertanggung jawab terhadap keselamatan penumpang dan dirinya sendiri. Ia menjelaskan bahwa ada tiga langkah yang harus dilakukan ketika bencana terjadi, yaitu search (mencari), evaluate (mempertimbangkan) dan execute (melakukan) dalam mencari tempat yang tepat untuk berhenti atau melanjutkan perjalanan.

Sony menyarankan, "Pengemudi harus perhatikan sekeliling, cari tempat yang jauh dari pohon, tiang atau gedung tinggi. Berhenti di pinggir jalan justru hal yang salah karena potensi bahaya bisa saja datang dari tiang listrik atau tiang baliho dan lainnya.”

>>> Intip daftar harga yang ditawarkan oleh Cintamobil.com hanya di sini

Gambar yang menunjukan jalan yang rusak karena gempa

Gempa bisa menyebabkan jalan rusak dan patah

Terlebih ketika pengemudi berada di daerah dekat pantai ketika gempa terjadi, pastikan untuk menyadari potensi bencana tsunami yang mengintai. Meskipun tidak semua gempa bisa menimbulkan tsunami, ada baiknya untuk selalu mengecek informasi terkini ketika berkendara saat gempa.

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Tips Mengemudi Saat Hujan, Perhatikan 3M!

11/01/2021

Pengemudian

5 menit

Innova Community menyebarkan kampanye keselamatan berkandara di jalan terutama ketika mengemudi saat hujan. Kampanye yang digaungkan pun dengan cara unik, yaitu menghindari melakukan 3M. Apa saja itu?

Lihat juga

Tips Mengemudi Jarak Jauh Sendirian

28/05/2018

Pengemudian

Mengemudi jarak jauh menjadi pilihan ketika Anda lebih nyaman bepergian dengan kendaraan pribadi untuk mencapai tempat tujuan yang cukup jauh namun masih bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi.

Lihat juga

Tips Mengemudi Aman ke Pegunungan Pakai Mobil Transmisi Otomatis

09/11/2020

Pengemudian

3 menit

Salah satu perjalanan yang menyenangkan pergi ke pegunungan. Namun kadang ada kekhawatiran, sanggupkah mobil transmisi otomatis mengemudi aman ke pegunungan?

Lihat juga
 
back to top