Ganjil Genap Diperluas, Perlukah Membeli Mobil Lagi?

21/10/2019

Pengemudian

3 menit

Ganjil Genap Diperluas, Perlukah Membeli Mobil Lagi?
Beli mobil lagi dilakukan sebagian warga ibu kota untuk menyiasati aturan ganjil genap yang kian meluas. Tapi, apakah hal tersebut jadi solusi terbaik menghadapi ganjil genap?

Ganjil genap jadi solusi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mengurai kepadatan lalu lintas sejak pertengahan 2016 hingga kini. Lokasinya juga terus diperluas sebab dinilai banyak pihak cukup berdampak dalam mengurai kemacetan.

Salah satu konsekuensi yang langsung dirasakan khususnya bagi pemilik mobil yaitu mereka tidak bisa setiap hari melintas di ruas jalan yang terkena aturan ganjil genap. Ini pula yang membuat mereka berpikir membeli mobil lagi dengan pelat nomor yang berbeda dengan yang sudah dimiliki agar tetap bisa beraktivitas menggunakan mobil. Tapi, apakah membeli mobil lagi benar-benar diperlukan?

Peta perluasan Ganjil Genap di Jakarta

Kebijakan Ganjil Genap terus diperluas

>>> Trik Menghidar Biar Tak Terjebak Peraturan Ganjil Genap

Memang tidak ada larangan bagi siapapun untuk membeli mobil. Tapi jika karena alasan menyiasati aturan ganjil genap sebaiknya dipertimbangkan masak-masak beberapa pertimbangan berikut!

1. Garasi

Membeli mobil lagi berarti harus mempersiapkan tempat parkir pribadi atau garasi. Seperti diketahui ketersediaan lahan kosong di Jakarta makin minim. Kalau pun ada harganya juga sangat mahal. Jika lokasi penyimpanan tidak dipikirkan bisa-bisa timbul masalah lain seperti parkir di lokasi publik yang menganggu ketertiban atau harus sewa lahan parkir yang biayanya juga tak kecil.

2. Keuangan

Bagaimanapun juga membeli mobil lagi baik baru maupun bekas berarti menciptakan pos pengeluaran baru yang tidak bisa dielakkan. Mulai dari dana untuk membeli mobil itu sendiri, biaya perawatan berkala, pajak tahunan, hingga biaya operasional tiap hari untuk BBM dan yang lain.

>>> Mobil Listrik Kebal Aturan Ganjil Genap, Bakal Diberi Tanda Khusus?

Foto salah satu pemandangan lalu lintas di Jakarta

Membeli mobil lagi, berarti menciptakan pos pengeluaran baru

3. Menambah kepadatan

Salah satu alasan penting ganjil genap diberlakukan adalah untuk mengurangi volume kendaraan di jalan raya dan mendorong penggunaan sarana transportasi massal seperti busway, TransJakarta, atau MRT. Membeli mobil dengan pelat nomor yang berbeda agar bisa dipakai tiap hari sama saja menambah kepadatan.

>>> Kumpulan tips dan trik otomotif terlengkap bisa Anda temukan disini

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top