Fix, Pemerintah Tetapkan Tol Jakarta-Brebes Satu Arah Saat Mudik

14/05/2019
Kementerian Perhubungan menetapkan rute satu arah atau one way untuk Tol Jakarta-Brebes saat mudik Lebaran 2019 guna mencegah terjadinya kemacetan karena banyaknya kendaraan yang melintas untuk mudik.

Berbagai upaya dilakukan pemerintah dalam rangka memperlancar perjalanan arus mudik lebaran 2019, salah satunya memberlakukan rute satu arah atau one way untuk rute-rute yang rawan terjadi kemacetan di jalan Tol Trans Jawa ruas Tol Jakarta-Brebes.

Pemandangan kemacetan di gerbang tol Cikarang Utama Jakarta

Dilematis, jalanan sudah diperlebar tapi volume kendaraan masih lebih besar

Ketetapan tersebut dicapai setelah adanya diskusi bersama antara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia dengan Kakorlantas Polri, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), dan Jasa Marga.

"Kami sepakat menggunakan sistem one way. Kenapa one way? Karena ada kecenderungan masyarakat mudik dengan rombongan, bisa dua dan tiga mobil kemudian kalau ada yang (bernomor) ganjil dan yang genap pasti akan terpisah mobilnya. Selain itu kalau kami berlakukan ganjil genap dan masyarakat tidak tahu pasti akan ada penumpukan di pintu- pintu yang akan kita berlakukan ganjil genap, sehingga kita cenderung memilih one way," tutur Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) Budi Setiyadi dalam keterangan resminya, Jumat (9/5/2019).

>>> Perhatikan Posisi Mengemudi yang Baik Ini Agar Perjalanan Mudik Lebih Nyaman

Disepakati sistem rute satu arah bakal diberlakukan selama arus mudik dimulai dari gerbang tol Cikarang Utama hingga Brebes Barat atau sepanjang 262 km seperti yang diwacanakan sebelumnya. Sedangkan pemberlakukannya bakal dimulai tanggal 30 Mei hingga 2 Juni 2019 selama 24 jam penuh. Artinya dalam kurun waktu tersebut semua kendaraan dari arah timur yang akan menuju Cirebon, Indramayu, dan Jakarta harus keluar di Brebes Barat dan melanjutkan perjalanan melewati jalur arteri atau Pantura.

Ilustrasi rencana sistem satu arah saat mudik lebaran

Pemerintah rencanakan sistem rute satu arah untuk lalu lintas jalan tol saat mudik lebaran

"Untuk arus balik, mulai dari Palimanan sampai KM 29, jadi masyarakat yang dari Jakarta ke arah Bekasi masih bisa menggunakan jalan, karena tahun sebelumnya kami mendapat protes juga dari masyarakat Bekasi. Sehingga sekarang masyarakat Bekasi yang dari Jakarta tidak terkena aturan ini," jelas Budi. "Semua jajaran di sepanjang jalan negara akan terlibat untuk sosialisasi seperti kata Kapolri. Kita punya cukup waktu untuk menyampaikan pada masyarakat dan cukup waktu untuk menyiapkannya. Perlu semacam rambu atau petunjuk arah untuk kesiapan dari Jasa Marga," tambahnya.

>>> Sedang mencari mobil berbagai merek? Kami punya pilihannya!

Seperti diketahui kemacetan ekstrim pernah terjadi saat musim mudik tahun 2016 dimana ribuan kendaraan dari arah Jakarta yang ingin mudik ke Jawa Tengah dan Jawa Timur terjebak di pintu keluar tol Brebes Timur. Kemacetan yang terjadi lebih dari 24 jam ini memakan banyak korban jiwa dan menjadi tragedi kemacetan paling horor di sepanjang sejarah lalu lintas di Indonesia. Peristiwa ini kemudian dikenal dengan Tragedi Brexit (Brebes exit).

Pemerintah tentu tak ingin kejadian serupa terulang kembali, karenanya berbagai persiapan dilakukan sejak jauh-jauh hari secara matang dan seksama, termasuk pemberlakuan rute satu arah di jalan Tol Jakarta-Brebes.

>>> Antisipasi Tragedi Brexit 2016 Terulang, Ini Yang Harus Disiapkan Sebelum Mudik

Salah satu pemandangan kemacetan total di jalan tol

Tragedi Brexit 2016 jangan sampai terulang lagi

>>> Tips & trik lainnya tentang mobil bisa Anda dapatkan di Cintamobil.com

Fatchur Sag

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
1

berita lain