Fitur Keselamatan Ini Berikan Rasa Berkendara Aman Untuk Si Buah Hati

04/01/2019

Pengemudian
Fitur Keselamatan Ini Berikan Rasa Berkendara Aman Untuk Si Buah Hati
Mengajak si buah hati yang masih balita berkendara naik mobil diperlukan perhatian khusus. Orang tua harus benar-benar memperhatikan sisi keselamatannya selama di perjalanan. Fitur keselamatan berikut membantu berkendara aman untuk si buah hati.

Sebagai alat transportasi modern mobil tidak hanya diperuntukkan buat orang dewasa dan orang tua saja, tapi juga untuk anak-anak. Tentu saja dengan adanya mereka sebagai pengguna, pemilik mobil atau calon pembeli mobil perlu memperhatikan fitur keselamatan untuk mereka. Kalaupun mobil yang dipilih sudah tersemat fitur keselamatan anak-anak, harus benar-benar digunakan dan jangan hanya dijadikan pajangan belaka.

Jika Mobil-mobil zaman dulu banyak yang tidak menyematkan fitur keselamatan untuk anak-anak, beda dengan sekarang. Sebagian besar mobil-mobil terkini sudah dilengkapi berbagai fitur keselamatan. Hanya saja karena kurangnya pengetahuan akibat keengganan bertanya atau membaca buku manual, banyak dari pemilik mobil yang kurang memaksimalkan fitur-fitur tersebut. Padahal fitur-fitur keselamatan itu sangat penting meminimalisir hal-hal buruk yang tidak diinginkan.

Berikut ini adalah beberapa fitur keselamatan untuk anak-anak yang banyak tersemat pada mobil-mobil terkini:

1. ISOFIX

ISOFIX pada kursi mobil

Sayangi anak, pilih mobil yang ada fitur ISOFIX

ISOFIX adalah akses penyemat kursi anak-anak ke kursi baris kedua. Orang tua hanya perlu membeli kursi mobil khusus bayi atau anak-anak dan tinggal mengaitkan. ISOFIX merupakan fitur keselamatan paling populer. Sebagian besar negara di dunia seperti di Amerika, Eropa dan Australia bahkan menjadikan ISOFIX sebagai fitur keselamatan standar yang wajib ada pada setiap mobil penumpang keluaran terbaru. Tidak ada kompromi untuk aturan ini, semua pengendara yang membawa anak-anak tidak boleh memangku atau mendudukkan mereka di kursi depan. Jika sampai ketahuan aturan ini tak dipatuhi, pengemudi bakal ditilang dan diproses sesuai dengan aturan yang berlaku.

>>> Demi Keamanan Anak-anak, Kenali Fitur ISOFIX

2. Child safety lock

Foto Child Safety Locks Infinity Q40 2015

Pastikan Child safety lock aktif saat ajak anak jalan-jalan

Fitur keselamatan Child safety lock berfungsi menonaktifkan tuas pintu sehingga pintu tidak bisa dibuka dari dalam. Fitur ini sangat penting mengantisipasi hal-hal tak terduga yang mungkin terjadi karena rasa penasaran anak-anak mengotak-atik berbagai tombol dalam mobil, termasuk tuas pembuka pintu secara tidak sengaja.

>>> Ingin membeli mobil bekas? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

3. Jam Protection Window

Foto jendela mobil dengan fitur Anti Jam Protection

Pastikan anak tidak terjepit di jendela mobil

Fitur keselamatan Jam Protection Window memungkinkan jendela bakal turun secara otomatis saat ada benda yang menghalangi proses menutup. Meski asalnya ditujukan mengurangi risiko tangan terjepit, tapi fitur ini makin berguna buat anak-anak yang kadang usil menempatkan tubuhnya di jendela mobil. Tentu saja agar berfungsi fitur ini harus diaktifkan.

>>> Ingat Lagi, Betapa Bahayanya Mengantuk Saat Mengemudi

4. Car seat

Foto beragam Car Seat pilihan

Ada banyak model car seat, silahkan dipilih yang sesuai!

Pada dasarnya car seat bukanlah fitur bawaan dari pabrik, tapi sebagai aksesoris yang bisa dibeli secara terpisah. Car seat adalah kursi tambahan untuk anak-anak, dipasang di mobil yang memiliki fitur ISOFIX. Karena ditujukan untuk anak ukuran car seat sudah pasti tidak sebesar kursi orang dewasa. Yang perlu diperhatikan car seat tidak boleh ditempatkan atau ditali di kursi depan, tapi harus di kursi belakang yang memiliki pengait ISOFIX.

Fitur-fitur keselamatan di atas sifatnya hanya membantu. Berguna atau tidak itu tergantung orang tua sebab selengkap apapun fitur keselamatan mobil kalau orang tua tidak mengaplikasikan sama saja bohong. Semua fitur yang ada akhirnya jadi barang tak berguna, sementara anak dihadapkan pada risiko fatal bila ada kejadian tak terduga seperti pengereman mendadak, atau manuver berbelok mendadak menghindari tabrakan. So, maksimalkan fitur keselamatan tersebut jika ingin memberi rasa berkendara aman untuk si buah hati.

>>> Berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya ada di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top