10 Destinasi Wisata Lokal di Jakarta yang Jadi Alternatif Mudik

28/04/2021

Pengemudian

3 menit

10 Destinasi Wisata Lokal di Jakarta yang Jadi Alternatif Mudik
Dari wisata sejarah hingga pantai, berikut ini destinasi wisata lokal di Jakarta yang layak Anda kunjungi selama libur Lebaran dan adanya larangan mudik 2021

Pemerintah Indonesia telah resmi mengumumkan larangan mudik 2021. Namun demikian sejumlah destinasi wisata lokal tetap dibuka. Maksudnya begini, bila Anda tinggal di Jakarta maka bisa berlibur di tempat wisata sekitar dan tak keluar daerah. Jakarta sendiri memiliki banyak destinasi wisata lokal yang menawarkan pengalaman berbeda pada setiap lokasinya. Berikut ini kami himpun 10 daftar destinasi wisata lokal di Jakarta bagi Anda yang tidak bisa mudik 2021.

1. Pantai Reklamasi di Kawasan Pantai Indah Kapuk

Kawasan PIK 2 akhir-akhir ini ramai diperbincangkan karena adanya pantai pasir putih baru yang merupakan pantai buatan. Ini menjadi destinasi wisata lokal di Jakarta yang pas untuk mengajak keluarga berlibur. Tidak hanya pemandangan laut Jakarta, Anda juga bisa melihat pemandangan rumah-rumah baru di sana.

Di sekitarnya terdapat banyak kompleks ruko dan tempat penyewaan sepeda serta skuter listrik. Pantai reklamasi ini merupakan tempat yang sangat asyik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, terlebih pada sore hari. Kawasan pantai yang baru selesai pada pertengahan 2020 ini menjadi alternatif destinasi pantai Jakarta selain Ancol. Pantai reklamasi dibuka untuk umum pada pukul 15.000 WIB hingga 21.00 WIB.

2. Seaworld Ancol

Salah satu tempat wisata menarik untuk dikunjungi di Jakarta selama libur Lebaran adalah Seaworld di kawasan Ancol. Seaworld adalah akuarium laut yang menarik bagi para wisatawan yang datang bersama keluarga maupun pasangan. Kawasan ini merupakan perpaduan sempurna antara konservasi, pendidikan, dan hiburan bagi wisatawan.

Di dalamnya terdapat Tangki Utama yang merupakan rumah bagi akuarium terbesar di seluruh Asia Tenggara. Tidak hanya Tangki Utama, ada juga tangki-tangki kecil berisi banyak hewan laut seperti kepiting, ubur-ubur, dan ikan hiu.

lokasi wisata seaworld di ancol

Salah satu tempat wisata di Ancol, Seaworld Jakarta 

3. Waterbom Jakarta

Melepas penat di Jakarta bisa dilakukan dengan bermain air sepuasnya di Waterbom Jakarta. Destinasi wisata yang terletak di kawasan PIK ini merupakan tempat liburan  keluarga yang menarik di Jakarta, Taman air yang cukup luas ini memiliki seluncuran air dan kolam renang raksasa yang bisa dinikmati oleh anak-anak maupun orang dewasa. Jika Anda bepergian bersama keluarga, jangan lupa untuk membawa anak-anak. Waterbom Jakarta adalah semacam tempat terbaik untuk menghabiskan waktu sepanjang hari bersama anak-anak. 

4. Kebun Binatang Ragunan

Bagi Anda yang menyukai wisata wisata alam dan satwa liar, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Kebun Binatang Ragunan yang terletak di Jakarta Selatan. Ragunan menempati lahan seluas 185 hektar dan memiliki lebih dari 3.600 spesies yang tidak seperti kebun binatang lain di seluruh dunia.

Beberapa fauna yang bisa Anda temukan di sini adalah orangutan hingga gajah. Di antara semua destinasi wisata lokal di Jakarta, kebun binatang ini merupakan salah satu alternatif terbaik untuk piknik bersama keluarga. Dengan tiket masuk yang sangat murah, Kebun Binatang Ragunan pasti akan menyihir Anda dengan segala keindahannya.

kebun binatang ragunan untuk liburan

Wisata keluarga ke Kebun Binatang Ragunan 

5. Taman Impian Jaya Ancol

Sudah sejak lama Taman Impian Jaya Ancol menjadi destinasi wisata kebanggaan warga Ibu Kota. Tempat wisata ini menawarkan banyak objek hiburan menarik yang mengemas unsur seni budaya serta pengetahuan.

Kawasan wisata yang dibuka pada tahun 1966 ini dilengkapi dengan lapangan golf bertaraf internasional, taman hiburan, hotel, serta fasilitas rekreasi lainnya. Tercatat telah ada 8 kolam di Atlantis Water Adventure, 8 pertunjukan di Ocean Dream Samudra, dan 27 wahana di Fantasy World.

6. Jakarta Aquarium

Masih bertema aquarium, jika belum puas dengan Seaworld, Anda mencoba berkunjung ke wisata satwa laut unik di jakarta Aquarium. Menempati area seluas +/- 7000 m2, Jakarta Aquarium menawarkan banyak atraksi laut modern yang menarik serta edukatif. Walaupun tidak seluas Seaworld Ancol, destinasi liburan ini juga memiliki wahana dan atraksi seperti pertunjukan langsung layaknya teater di bawah laut.

Anda bisa menikmati waktu yang menyenangkan bersama 2.000 satwa cantik dari 600 jenis satwa endemik di seluruh Indonesia. Jam operasional Jakarta Aquarium mengikuti waktu operasional Mall Neo Soho yaitu mulai pukul 10 pagi hingga 9 malam.

jakarta aquarium untuk liburan keluarga

Wisata keluarga yang seru ke Jakarta Aquarium

7. Pulau Seribu

Jika Anda sedang mencari destinasi wisata lokal di Jakarrta  yang jauh dari hingar bingar, maka Pulau Seribu bisa menjadi pilihan yang tepat. Terletak di pantai utara kota, terdapat banyak pilihan pulau-pulau yang memberikan kesempatan Anda untuk dekat dengan alam. Anda akan banyak menemui resor, restoran, dan pantai terpencil dengan pemandangan yang menakjubkan.

Pulau Seribu adalah salah satu tempat terbaik di Indonesia untuk pecinta alam, backpacker, dan penggemar fotografi. Mobil atau kendaraan yang Anda gunakan bisa diparkir di sekitar dermaga. Berangkat dari dermaga kali adem menggunakan kapal tradisional, Anda hanya dikenakan biaya kapal tidak sampai 100 ribu per orang untuk sekali menyebrang.

>>> Ada Larangan Mudik Bukan Berarti Mobil Tak Perlu Perawatan Jelang Lebaran Ya!

8. Kawasan Kota Tua

Belum lengkap rasanya berkeliling Jakarta tanpa mampir ke Kota Tua. Sebagai salah satu destinasi wisata lokal yang bergaya arsitektur Belanda, Kota Tua merupakan tempat untuk refreshing sekaligus belajar sejarah pahlawan kemerdekaan. Terdapat banyak sekali museum berjejer di area sekitar Kota Tua yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga. Tidak hanya itu, di beberapa spot juga tersedia pusat jajanan kuliner untuk sekedar melepas dahaga dan mencicipi jajanan khas Ibu Kota yaitu kerak telor. Selain itu, wisata Kota Tua Jakarta juga bisa menjadi salah satu spot berburu foto-foto kece bagi pecinta fotografi. 

wisata kota tua di jakarta

Kota Tua jadi tempat wisata yang ikonik di Jakarta 

9. Jakarta Chinatown

Jika Anda sedang mencari destinasi wisata lokasi di Jakarta pada malam hari, Jakarta Chinatown adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Lebih dikenal dengan nama Pecinan atau Glodok oleh penduduk setempat, daerah ini merupakan salah satu tempat bersejarah di Jakarta.

Arsitektur bergaya tradisional Cina yang menakjubkan, kuil, pasar, dan pusat kuliner menjadikannya salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi selama di Jakarta. Tempat ini juga sering dijadikan sebagai destinasi berbelanja oleh para wisatawan. Chinatown bisa jadi sangat padat dan ramai pengunjung pada malam hari, tidak ada salahnya jika Anda memarkirkan kendaraan Anda di tempat yang aman dan menikmati kawasan ini dengan berjalan kaki. 

10. Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

Meskipun bernama Taman Mini Indonesia Indah (TMII) ternyata ukuran taman ini tidak mini, luasnya mencapai 250 hektar. TMII memiliki banyak spot wisata yang menarik untuk dikunjungi mulai dari museum, anjungan, taman, wahana permainan, hingga tempat piknik bersama keluarga. Kawasan ini bukan hanya menjadi tempat hiburan saja, melainkan juga tempat wisata edukatif yang cocok untuk semua kalangan. Anda akan menemukan sejumlah paviliun tema.

Ada miniatur detail nusantara, bioskop IMAX untuk menikmati beberapa film terbaik yang ditayangkan saat Anda berkunjung, teater tradisional yang menyelenggarakan acara rutin, dan kereta gantung. Taman besar ini dianggap sebagai salah satu tempat terbaik untuk dikunjungi di Jakarta dalam satu hari tidak hanya untuk turis tetapi juga untuk penduduk setempat.

taman mini indonesia indah di jakarta timur

Kawasan wisata Taman Mini Indonesia Indah adalah destinasi wisata lokal di jakarta 

Nah, itu dia destinasi wisata di Jakarta yang bisa Anda kunjungi selama liburan Lebaran keluarga. Selamat berekreasi! 

>>> 5 Trik Biar Perjalanan Liburan Tidak Bergantung Pada Rest Area

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top