Deretan 11 Setir Mobil Unik yang Pernah Ada di Dunia

01/04/2021

Pengemudian

5 menit

Deretan 11 Setir Mobil Unik yang Pernah Ada di Dunia
Setir mobil yang didesain unik memang kadang membuat Anda geleng-geleng kepala. Nggak cuma unik, bahkan cenderung aneh, berikut ini deretan setir mobil unik yang pernah ada di dunia!

Setir mobil identik dengan bentuknya yang melingkar agar memudahkan pengemudi saat berkendara. Tapi beberapa setir mobil justru dibuat unik dan nggak biasa, bahkan cenderung aneh. Biasanya tipe unik ini memang bukan untuk diproduksi massal, karena hanya menjadi mobil konsep. Nah, penasaran gimana bentuk setir mobil unik? Simak penjelasannya di sini. 

Lancia Stratos Sibilo

Tampilan setir Lancia Stratos Sibilo

Pertama kali dikenalkan di Turin Motor Show

Saingan Italdesign, Bertone, menampilkan mobil Lancia Sibilo pada 1978 pada Turin Motor Show, merupakan wedge-shaped supercar yang futuristik. Memang eksteriornya tidak begitu baru, tetapi setir mobilnya membuat orang tertarik. Kemudi one-piece yang seharusnya ergonomis, didesain khusus seolah pengemudi sedang menyentuh telapak tangan seseorang. Di bagian belakang ada tombol-tombol dengan tampilan minimalis.

Maserati Boomerang

Tampilan setir Maserati Boomerang

Maserati Boomerang menjadi desain paling ekstrim dari  Giorgetto Giugiaro

Masih dipamerkan dalam ajang Turin Motor Show Italia, mobil setir unik, yakni Maserati Boomerang pertama kali diperlihatkan pada 1971. Bukan cuma unik, bahkan Maserati Boomerang dengan eksterior wedge-shaped ini dianggap paling ekstrim dari Giorgetto Giugiaro. Di dalam setirnya, terdapat indicator seperti speedometer, tachometer, indikator bensin, dan lainnya dengan desain yang sangat unik dan cocok untuk sebuah supercar.

>>> Mobil Truk Modifikasi Ini Habiskan Budget Ratusan Juta!

Oldsmobile Incas

Tampilan setir Oldsmobile Incas

Memiliki desain dashboard yang futuristik

Konsep sedan Oldsmobile Inca menampilkan pintu depan kanopi dan pintu belakang gullwing terbuat dari kaca hampir di seluruh eksteriornya. Didesain oleh ItalDesign pada 1986, mobil ini menampilkan interior unik termasuk tampilan digital dan setir kemudi yang multifungsi seperti Mazda MX-03.
Berbeda dengan setir mobil yang berbentuk lingkaran, desain setir Oldsmobile Inca ini berbentuk mirip dengan kemudi pesawat terbang. Desain ini terinspirasi dari pesawat jet tempur Rebel X-Wing Fighter dengan berbagai tombol kemudi pada bagian setir. Nggak cuma itu, mobil ini juga punya dashboard yang futuristik dan menonjolkan sebuah mobil konsep yang keren!

BMW Z22

kemudi BMW Z22

Tampilan setir BMW Z22 yang mirip dengan mobil F1

Pada tahun 1999, giliran BMW yang mengenalkan desain setir mobil unik pada mobil konsep BMW Z22. Dikembangkan oleh BMW Technik GmbH, setir mobil BMW Z22 berbentuk persegi yang mirip pada mobil F1. Di bagian tengah setir, terdapat logi BMW yang dikelilingi beberapa tombol, seperti head-up display, kamera samping, dan pemindai sidik jari yang memungkinkan pengemudi zoom in dan zoom out rearview camera display. 

>>> Fitur Unik GMC Hummer EV, Mobil Bisa Jalan Seperti Kepiting

Ford Wrist Twist

kemudi Ford Wrist Twist

Sebuah teknologi desain setir mobil yang unik dari Ford

Sebuah inovasi hadir dari Ford pada tahun 1965, bahkan diprediksi akan mengambil alih dunia otomotif. Setelah menciptakan mobil keren, seperti Focus, Ranger, dan Fiesta, produsen Ford juga melakukan eksperimen yang bikin Anda geleng-geleng kepala. Adalah project Wrist-Twist, sebuah teknologi desain setir mobil yang unik yang berarti “memutar pergelangan” karena setir ini didesain dengan dua buah handle yang saling berhubungan. Untuk membelokkan mobil ini, pengemudi perlu memutar seperti membuka keran air.

Subaru XT

kemudi Subaru XT

Subaru XT terinspirasi dari pengegrak joystick

Subaru XT adalah mobil klasik wedge-shaped keluaran Jepang dari tahun 1980-an. Sekilas mobil ini akan mengingatkan Anda pada desain Mazda Astina dengan headlight pop-ups yang bisa digunakan untuk sehari-hari. Sayangnya, desain unik cenderung aneh ini ternyata nggak sesuai dengan desain steering wheel-nya. Terinspirasi dari penggerak joystick dengan penggerak 4 roda bermodel huruf L, steering wheel dari mobil ini justru nggak seimbang.

Bertone Lamborghini Athon

Tampilan setir mobil Bertone Lamborghini Athon

Setir mobil unik yang tampak melayang

Bertone Lamborghini Bertone adalah konsep supercar bertenaga V8 convertible yang didesain oleh Marc Deschamps. Didesain sebagai influence kendaraan dari film Tron, Total Recall, dan Robocop. Interiornya futuristik dan elemen yang paling unik adalah pada roda kemudi. Sekilas dari sudut tertentu, setir ini tampak melayang di depan dashboard. Sedangkan tuas persnelingnya sangat mirip dengan pegangan dari pisau dapur.

Honda EV-STER

Kemudi Honda EV-STER

Sebuah mobil konsep dari Honda pada tahun 2011

Jika sebelum-sebelumnya setir mobil unik diproduksi tahun lampau, beda lagi dengan mobil Honda EV-STER yang menjadi mobil konsep dan diperkenalkan pertama kali di Tokyo Auto Show 2011 silam. Setirnya mirip dengan kabin pesawat terbang. Honda menyematkan dua handle pada steering control dan layar digital dengan tambahan touch screen yang minimalis. Unik sekaligus aneh, tapi bisa dibilang lebih baik daripada setir mobil sebelumnya.

Lancia Orca

setir Lancia Orca

Banyaknya tombol pada setir mobil justru terlihat aneh

Salah satu setir mobil yang cukup aneh. Jika biasanya mobil menggunakan nama-nama maskulin, seperti Mustang, Spyder, dan Cobra, beda dengan Lancia Orca yang mengambil dari nama ikan paus. Begitu pun pada setir Lancia Orca yang seaneh namanya. Jika Anda lihat, ada banyak tombol pada panel setir, yang justru memberi kesan sumpek layaknya sebuah telepon kabel di atas setir mobil.

>>> Inspirasi Garasi Rumah untuk Sempurnakan Penampilan Mobil

Citroen DS21

Tampilan kemudi Citroen DS21

Citroen DS12 menjadi mobil produksi pertama dengan rem tremol

Citroen DS21 adalah inovator sejati dalam banyak hal, mulai dari aerodinamis, kenyamanan, hingga menjadi mobil produksi pertama yang dilengkapi dengan rem cakram dan sampai sekarang masih dianggap sebagai barang koleksi. Citroen DS21 memiliki setir mobil unik paling keren, menggunakan roda kemudi palang tunggal standar DS dengan sentuhan kelas ekstra bukaan tengah seperti portal, lipatan gloss, dan setir kemudi berlapis kulit. Salah satu desain terbaik!

Citroen Osmose

Tampilan mobil Citroen Osmose

Kemajuan teknologi memungkinkan kita hidup dalam dunia touchscreen. Nggak hanya pada gadget, begitu juga pada roda kemudi touchscreen. Konsep lingkar kemudi Citroen Osmose terinspirasi dari model touchscreen gadget dan sistem infotainment lainnya. Pada bagian tengah setir mobil, menampilkan kecepatan, informasi navigasi, dan personal messages.

Nah, itu dia deretan setir mobil unik yang pernah ada. Menurut Anda, mana yang paling keren? 

>>> Klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnnya

Penulis
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top