Defogger, Fitur Penting Mobil saat Hujan yang Kerap Dilupakan

07/06/2021

Pengemudian

3 menit

Saat berkendara dalam kondisi hujan, salah satu yang dapat menganggu visibilitas pengemudi adalah embun yang timbul di kaca depan dan belakang. Dengan visibilitas yang terganggu, risiko kecelakaan pun meningkat.

Tak semua pengendara memahami keseluruhan fitur yang ada di dalam mobil. Satu fitur yang kerap dilupakan oleh pemilik mobil adalah defogger yang berfungsi untuk mencegah terjadinya pengembunan pada kaca mobil. Bisa dikatakan bahwa fitur ini adalah salah satu fitur kesalamatan yang paling penting ketika cuaca hujan.

>>> Memasuki Musim Penghujan, Optimalkan Fitur Defogger

Letak Defogger pada Mobil 

Bagi Anda yang belum mengetahui, defogger biasanya ada di kisi-kisi bagian depan dasbor mobil dan terhubung dengan saluran AC. Sedangkan yang kedua letaknya menempel pada kaca belakang mobil berupa garis-garis filamen pemanas.

Gambar Defogger Kaca Belakang

Garis melintang pada kaca belakang adalah filamen yang akan memanaskan kaca belakang saat berembun

Namun, tidak semua mobil dilengkapi dengan fitur ini, terutama untuk mobil-mobil entry level yang tidak banyak dibekali dengan fitur-fitur keselamatan. Jika mobil Anda dilengkapi dengan defogger, Anda akan melihat tombol atau kenop bergambar kotak dengan tiga panah melengkung ke atas.

Bagaimana Fitur Ini Bekerja?

Defogger bekerja dengan menghembuskan udara dari AC ke arah kaca depan mobil. Sementara itu, yang kedua bekerja dengan mengalirkan aliran listrik ke garis-garis filamen untuk memanaskan kaca belakang. Keduanya sama-sama berfungsi untuk menghilangkan embun pada kaca mobil, hanya menggunakan mekanisme yang berbeda.

>>> Harus Berkendara di Cuaca Ekstrem? Waspada Tertimpa Pohon Tumbang

Bagaimana Cara Mengaktifkannya?

Gambar Cara Mengaktifkan Defogger

Cukup menekan tombol pada ilustrasi di atas untuk mengaktifkannya

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memutar kenop atau menekan tombol defogger tersebut. Saat aktif, akan ada indikator berupa lampu yang menyala untuk menandakan bahwa fitur ini sedang bekerja. Tak butuh waktu lama, embun yang memenuhi kaca depan atau belakang mobil Anda pun perlahan akan menghilang.

Waktu yang Tepat Untuk Mengaktifkan Defogger

Fitur ini dapat Anda aktifkan saat embun mulai menganggu visibilitas ketika berkendara pada cuaca hujan atau saat suhu di luar lebih dingin dibanding di dalam kabin. Usahakan untuk tidak menggunakan defogger belakang saat tak dibutuhkan, karena filamen pemanas di kaca belakang dapat menyebabkan pemuaian sehingga berisiko membuat kaca retak atau pecah.

>>> Bedah Fitur Daihatsu Rocky, SUV Kompak Kembaran Toyota Raize

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.
 
back to top