Dear Mom, Sudah Tahu Belum Fungsi Isofix Agar Lebih Aman saat Pergi dengan Anak?

11/02/2021

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Dear Mom, Sudah Tahu Belum Fungsi Isofix Agar Lebih Aman saat Pergi dengan Anak?
Isofix menjadi salah satu fitur yang penting untuk Anda gunakan ketika berpergian bersama dengan anak-anak. Lantas apa sebenarnya fungsi Isofix tersebut?

Semakin ke sini, makin banyak kaum hawa yang lihai dalam berkendara. Ini memungkinkan mereka berkendara sendirian sekaligus mengajak sang buah hati. Tapi saat berkendara dengan buah hati tak bisa sembarangan. Faktor keamanan tetap menjadi yang utama. 

Anak sudah seharusnya duduk sendiri di kursinya namun posisinya bukan di depan. Mengutip laman Wuling Indonesia, di beberapa negara maju seperti Jerman, pemerintah sudah membuat aturan lalu lintas yang salah satunya adalah larangan untuk memangku anak di kursi depan. 

7 Kesalahan Memasang Car Seats Untuk Anak

Anak sebaiknya duduk di kursinya sendiri

>>> 7 Kesalahan Memasang Car Seats Untuk Anak

Anak Sebaiknya Tak Dipangku

Artinya orang yang boleh duduk di mobil, khususnya di kursi depan, hanya mereka yang memiliki tinggi badan memadai. Hal ini bisa kita ketahui dari sabuk pengaman yang tertanam di sisi kanan pengemudi dan sisi kiri penumpang depan. Jika bahu tidak mencapai tinggi pangkal sabuk, maka orang tersebut belum diperbolehkan duduk di depan.

Tak cuma itu, di kursi depan hanya satu penumpang yang diizinkan duduk. Ini artinya tidak boleh duduk berdua, baik itu berdampingan maupun berpangkuan. Hal ini sudah dipertimbangkan dengan matang oleh para pembuat aturan lalu lintas di negara-negara maju di sana agar ketika terjadi tabrakan, tingkat ancamannya terhadap penumpang lebih rendah.

Apalagi jika yang kita pangku adalah anak bayi. Mereka biasanya masih membutuhkan fokus perhatian yang tinggi, sehingga jika si bayi duduk dipangku di kursi depan maka kemungkinannya untuk mengganggu konsentrasi pengemudi pun lebih besar.

Woman installing a safety car sit into a car Free Photo

Belum semua mobil dibekali Isofix

>>> Tips Memilih Mobil untuk Anak Remaja

Bisa Manfaatkan Isofix

Saat ini terdapat fitur yang cukup membantu terutama untuk ibu yang harus membawa anaknya berpergian dengan mobil ketika menyetir sendiri. Isofix namanya. Isofix sendiri telah ditetapkan sebagai salah satu standar keselamatan internasiona pada kabin mobil Anda. 

Buat yang belum tahu, Isofix merupakan fitur standar keselamatan sebuah kendaraan penumpang. Isofix hadir berupa pengait pada kursi baris kedua yang berfungsi sebagai pengunci child seat. Child seat merupakan sebuah kursi yang dirancang dengan sabuk pengaman khusus untuk meningkatkan keselamatan anak-anak. National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) merekomendasikan penggunaan child seat sejak usia 6 bulan sampai 8 tahun atau dengan tinggi badan 1,2 meter.

Nantinya child seat tersebutlah yang dikaitkan dengan Isofix sehingga posisi duduk anak Anda lebih aman lantaran tak akan bergerak meski melintas di jalanan yang konturnya jelek sekalipun. Ini dipercaya bisa memberikan perlindungan ekstra saat membawa anak dalam perjalanan.

>>> Bagaimana Sih Cara Memasang Child Seat Yang Benar?

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Suzuki Indonesia Sumbang 5 Mobil Sebagai Alat Praktikum Anak Sekolah

10/12/2020

Pasar mobil

3 menit

Dalam rangka memperingati ulang tahun ke-50 sekaligus bentuk kepedulian akan pendidikan, Suzuki Indonesia donasikan 5 mobil kepada empat institusi pendidikan

Lihat juga

Sejarah Mobil Listrik Nasional: 4 Model Prototipe Karya Anak Bangsa

21/08/2020

Pasar mobil

2 menit

Selain mobil bermesin konvensional, tangan-tangan terampil dalam negeri turut mengembangkan 5 prototipe yang menjadi bagian dari sejarah mobil listrik nasional.

Lihat juga

Coen Car, Mobil Otonom untuk Anak-anak dalam 6 Bentuk Unik

22/10/2020

Mobil baru

5 menit

Coen Car merupakan mobil otonom yang bisa ditumpangi anak-anak untuk berkeliling kota dan memiliki bentuk seperti peralatan yang ada di taman bermain.

Lihat juga

Mengenal 4 Jenis Car Seat, Kursi Mobil Khusus Untuk Anak

25/07/2020

Perawatan dan service

4 menit

Beragam jenis Car Seat dijual di pasaran terkadang membuat bingung untuk memilih. Jadi, ada baiknya kenali dulu beragam jenis kursi mobil khusus anak tersebut.

Lihat juga

Mobil Bugatti Baby II Buat Anak, Punya Banderol Rp 500 Jutaan!

27/07/2020

Pasar mobil

4 menit

Bugatti kembali menawarkan mobil listrik yang bisa digunakan oleh anak remaja. Tak main-main, mobil punya banderol sangat fantastis yakni Rp 500 jutaan!

Lihat juga
 
back to top