Dear Mom, Sudah Tahu Belum Fungsi Isofix Agar Lebih Aman saat Pergi dengan Anak?

11/02/2021

Pengemudian

3 menit

Isofix menjadi salah satu fitur yang penting untuk Anda gunakan ketika berpergian bersama dengan anak-anak. Lantas apa sebenarnya fungsi Isofix tersebut?

Semakin ke sini, makin banyak kaum hawa yang lihai dalam berkendara. Ini memungkinkan mereka berkendara sendirian sekaligus mengajak sang buah hati. Tapi saat berkendara dengan buah hati tak bisa sembarangan. Faktor keamanan tetap menjadi yang utama. 

Anak sudah seharusnya duduk sendiri di kursinya namun posisinya bukan di depan. Mengutip laman Wuling Indonesia, di beberapa negara maju seperti Jerman, pemerintah sudah membuat aturan lalu lintas yang salah satunya adalah larangan untuk memangku anak di kursi depan. 

7 Kesalahan Memasang Car Seats Untuk Anak

Anak sebaiknya duduk di kursinya sendiri

>>> 7 Kesalahan Memasang Car Seats Untuk Anak

Anak Sebaiknya Tak Dipangku

Artinya orang yang boleh duduk di mobil, khususnya di kursi depan, hanya mereka yang memiliki tinggi badan memadai. Hal ini bisa kita ketahui dari sabuk pengaman yang tertanam di sisi kanan pengemudi dan sisi kiri penumpang depan. Jika bahu tidak mencapai tinggi pangkal sabuk, maka orang tersebut belum diperbolehkan duduk di depan.

Tak cuma itu, di kursi depan hanya satu penumpang yang diizinkan duduk. Ini artinya tidak boleh duduk berdua, baik itu berdampingan maupun berpangkuan. Hal ini sudah dipertimbangkan dengan matang oleh para pembuat aturan lalu lintas di negara-negara maju di sana agar ketika terjadi tabrakan, tingkat ancamannya terhadap penumpang lebih rendah.

Apalagi jika yang kita pangku adalah anak bayi. Mereka biasanya masih membutuhkan fokus perhatian yang tinggi, sehingga jika si bayi duduk dipangku di kursi depan maka kemungkinannya untuk mengganggu konsentrasi pengemudi pun lebih besar.

Woman installing a safety car sit into a car Free Photo

Belum semua mobil dibekali Isofix

>>> Tips Memilih Mobil untuk Anak Remaja

Bisa Manfaatkan Isofix

Saat ini terdapat fitur yang cukup membantu terutama untuk ibu yang harus membawa anaknya berpergian dengan mobil ketika menyetir sendiri. Isofix namanya. Isofix sendiri telah ditetapkan sebagai salah satu standar keselamatan internasiona pada kabin mobil Anda. 

Buat yang belum tahu, Isofix merupakan fitur standar keselamatan sebuah kendaraan penumpang. Isofix hadir berupa pengait pada kursi baris kedua yang berfungsi sebagai pengunci child seat. Child seat merupakan sebuah kursi yang dirancang dengan sabuk pengaman khusus untuk meningkatkan keselamatan anak-anak. National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) merekomendasikan penggunaan child seat sejak usia 6 bulan sampai 8 tahun atau dengan tinggi badan 1,2 meter.

Nantinya child seat tersebutlah yang dikaitkan dengan Isofix sehingga posisi duduk anak Anda lebih aman lantaran tak akan bergerak meski melintas di jalanan yang konturnya jelek sekalipun. Ini dipercaya bisa memberikan perlindungan ekstra saat membawa anak dalam perjalanan.

>>> Bagaimana Sih Cara Memasang Child Seat Yang Benar?

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019

 
back to top