Daihatsu Sigra Konfigurasi dan Fitur Terlengkap

09/06/2020

Pengemudian

8 menit

Share this post:
Daihatsu Sigra Konfigurasi dan Fitur Terlengkap
Berikut ini Cintamobil.com akan menjabarkan Daihatsu Sigra konfigurasi dan fitur secara lengkap jika Anda tengah berniat untuk membeli 7 penumpang tersebut.

Daihatsu Sigra boleh jadi kini menjadi mobil baru 7 penumpang paling murah di Indonesia. Tak heran penjualannya pun terus meroket. Bahkan mobil ini selain jadi kendaraan keluarga, juga digunakan sebagai kendaraan untuk angkutan umum seperti armada taksi. Tak sedikit pula mitra pengemudi taksi online yang mengandalkan kendaraan ini untuk menjadi sumber mata pencaharian demi menopang perekonomian keluarganya.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai produsen Daihatsu Sigra menawarkan mobil ini dalam dua pilihan mesin. Yaitu mesin 1KR-VE 998 cc 3 silinder 12 katup berteknologi DOHC VVT-i bertenaga 67 PS dengan torsi 89 Nm. Mesin yang kedua adalah 3NR-VE 1.197 cc 4 silinder 16 katup dengan teknologi DOHC Dual VVT-i yang bertenaga 88 PS dengan torsi 108 Nm.

Daihatsu Sigra konfigurasi memungkinkan mobil ini untuk dipakai harian demi menunjang mobilitas seseorang dalam beraktifitas, bisa juga sekigus menjadi kendaraan keluarga saat dibutuhkan. Misalnya ketika akan melakukan perjalanan liburan ke luar kota.

Berikut penjelasan lengkap dari Cintamobil.com untuk Daihatsu Sigra konfigurasi dan fitur:

1. Eksterior

Daihatsu Sigra 2020 depan

Lampu utama sudah pakai LED dan grille pakai chrome

Untuk eksterior, Daihatsu Sigra sudah menggunakan lampu depan LED dan juga memiliki foglamp. Gril depan juga sudah diberi aksen chrome untuk varian tertinggi. Kemudian kaca depan menggunakan dua wiper yang bisa dioperasikan menggunakan interval otomatis. Selanjutnya Sigra juga sudah memiliki spion luar dengan mekanisme lipat dan pengaturan elektrik lengkap dengan lampu sein LED.

Bagian kaki-kakinya sudah pakai velg alloy 14 inci dengan ban 175/65R14. Pada bagian belakang, Sigra telah dibekali rear wiper, spoiler atap, antena radio model stick, serta chrome garnish dan rear lamp garnish. Untuk lampu belakang semuanya masih pakai lampu model bulb belum LED.

>>> Review Daihatsu Sigra 1.0 D M/T 2016, Varian Termurah dari Daihatsu Sigra

2. Kenyamanan

Daihatsu Sigra undertray

Untuk tipe tertinggi sudah ada laci penyimpanan tambahan di bawah jok penumpang depan

Dari sisi kenyamanan, Daihatsu Sigra konfigurasi sudah memiliki fitur yang cukup lengkap. Antara lain keberadaan AC dan ventilasi AC untuk penumpang belakang. Semua kaca juga telah menggunakan sistem power window untuk menaik turunkan secara elektrik. Sistem kemudi pun telah memakai teknologi Electric Power Steering demi kemudahan pengemudi dalam memutar lingkar setir.

Untuk kursi pengemudi dan penumpang depan bisa diatur maju mundur dan diatur sudut posisi sandaran punggungnya. Pada konsol tengah juga sudah tersedia armrest. Sedangkan untuk jok baris kedua bisa diatur kemiringan posisi sandaran kursi namun tidak bisa maju mundur. Walau demikian jok baris kedua dan ketiga sudah tersedia headrest.

>>> Mengapa Fitur ISOFIX Dipasang di Bangku Baris Kedua?

3. Hiburan

Daihatsu Sigra headunit

Pada tipe tertentu sudah tersedia monitor 2DIN layar sentuh

Daihatsu Sigra konfigurasi sistem hiburan mengdalkan headunit 2DIN layar sentuh untuk tipe tertinggi dan 2DIN monokrom untuk tipe lainnya. Walau begitu semua sistem headunit tersebut sudah mendapatkan fitur Radio FM/AM, soket USB dan sambungan nirkabel melalui Bluetooth.

Headunit juga tersambung dengan dua speaker yang terletak di doortrim pintu pengemudi dan penumpang depan, serta dua speaker lagi di doortrim pintu penumpang baris kedua.

>>> Memahami Perbedaan Jenis Speaker Mobil Tipe Coaxial dan Split

4. Keselamatan

Daihatsu Sigra belakang

Pada bagian belakang dilengkapi Parking Sensor dan Rear Camera

Meskipun masuk dalam segmen Low Cost Green car (LCGC), tetapi Daihatsu Sigra konfigurasi dalam hal fitur keselamatan juga sudah lumayan lengkap. Pada sisi pengemudi dan penumpang depan misalnya, masing-masing sudah dilengkapi SRS Airbag. Kemudian untuk semua jok penumpang juga sudah tersedia sabuk keselamatan.

Demi memantapkan pengereman ketika melaju di jalan raya, Daihatsu juga membekali roda Sigra bagian depan dengan disc brake dan roda belakang menggunakan drum brake. Lalu untuk tipe tertentu sudha disediakan juga fitur Anti-lock Braking System (ABS). Demi menjaga agar tidak terjadi tubrukan ketika parkir mundur, maka disediakan Parking Sensor lengkap dengan Rear Camera.

Fitur keselamatan lainnya yang sudah ada di mobil ini adalah Side Impact Beam, Door Open Reminder, serta Child Lock pada pintu penumpang belakang demi mencegah anak-anak kecil tidak sengaja membuka pintu dari dalam manakala mobil sedang melaju.

>>> 5 Kelemahan Daihatsu Sigra dan Cara Mengatasinya

5. Keamanan

Jok Daihatsu Sigra

Jok baris kedua bisa dilipat untuk memudahkan akses masuk dan keluar penumpang belakang

Demi menjaga keamanan mobil dan penumpang di dalamnya, Daihatsu Sigra konfigurasi memiliki beberapa fitur yang cukup bisa diandalkan. Muldai dari fitur central lock untuk memastikan semua pintu terkunci dengan pengoperasian melalui sisi pengemudi. Selain itu kunci Daihatsu Sigra juga terintegrasi dengan sistem Immobilizer dan Alarm demi mencegah pencurian.

>>> Tips dan trik menarik lainnya seputar mobil bekas dan mobil baru bisa Anda baca disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top