Cuma Sampai 30 April 2020, Pemprov Jawa Barat Bebaskan PKB dan BBNKB!

11/03/2020

Pengemudian

5 menit

Share this post:
Cuma Sampai 30 April 2020, Pemprov Jawa Barat Bebaskan PKB dan BBNKB!
Pemprov Jawa Barat memberikan keringanan bagi pemilik kendaraan bermotor yang telat membayar pajak dan akan melakukan balik nama kendaraannya. Promo ini diberikan melalui program bertajuk "Triple Untung".

Bagi para pengguna kendaraan bermotor yang berdomisili di Jawa Barat, ada program menarik nih dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dan Tim Pembina Samsat Jawa Barat. Promo yang diberikan adalah bebas beberapa pajak untuk yang mengurusan surat kendaraan bermotor.

Diluncurkan dengan program bertajuk "Triple Untung", ada tiga keuntungan buat Anda yang tengah mengurus surat-surat kendaraan bermotor di wilayah Jawa Barat. Program ini berlansung terbatas, yaitu mulai 2 Maret 2020 hingga 30 April 2020.

Lalu apa saja program Triple Untung dari Pemprov Jawa Barat tersebut:

1. Bebas Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)

STNK dan BPKB kendaraan bermotor

Ada program bebas pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama

Keuntungan yang pertama yang bisa Anda nikmati adalah pembebasan denda PKB bagi warga Jawa Barat yang terlambat membayar pajak kendaraan bermotor. Dilansir Cintamobil.com dari laman NTMC Polri, pembebasan PKB ini tidak berlaku untuk pembelian mobil atau motor baru, mobil atau motor yang berubah bentuk, mobil atau motor yang ganti mesin, dan mobil atau motor hasil lelang yang belum terdaftar.

>>> Ssst, Ada Wacana Penerbitan SIM dan STNK Dilakukan Kemenhub

2. Bebas Bea Balik Nama

Program bebas pajak kendaraan bermotor lainnya yang diberikan oleh Pemprov Jawa Barat adalah bebas pokok dan denda BBNKB II (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor). Program ini berlaku kalau Anda ingin mengajukan proses balik nama kendaraan bermotor kedua dan seterusnya yang ada di wilayah Jawa Barat.

>>> Aman sampai tujuan dengan tips dan trik mengemudi di sini

3. Bebas Pajak Progresif

STNK dan pajak mobil mewah

Buat warga Jawa Barat yang belum bayar pajak progresif, sekarang waktunya!

Program ini merupakan turunan dari poin kedua. Yaitu apabila Anda memiliki kendaraan kedua dan seterusnya, maka akan diberikan kebebasan pajak progresif. Dan jika ada tunggakan pajak bulan sebelumnya, maka biaya tunggakan pajak itu hanya dikenai 1,75 persen.

>>> Setelah Smart SIM, Siap-siap STNK Elektronik Segera Berlaku

4. Syarat-Syaratnya

Jika Anda ingin menikmati program bebas pajak dan bea balik nama kendaraan bermotor yang diberikan Pemprov Jawa Barat ini, pemohon harus menyiapkan beberapa persyaratan. Diantaranya STNK asli, BPKB asli, e-KTP asli, dan bukti hasil cek fisik kendaraan Anda.

Selanjutnya bawa semua persyaratan dokumen tersebut ke Kantor Bersama Samsat Induk Jawa Barat. Namun untuk proses pembayaran pajak yang masih menunggak, bisa dilakukan di Samsat Keliling, Samsat Outlet, Samsat Drive Thru, Alfamart, Alfamidi, Indomaret, Bukalapak, Tokopedia, Kaspro, Bank bjb, atau Loket PPOB.

>>> Simaklah tips dan trik yang berguna lainnya di sini

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Ingat Lagi, Diskon Penunggak Pajak Kendaraan di DKI Ada Batas Akhirnya

03/10/2019

Pengemudian

3 menit

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberi keringanan pajak daerah kepada para penunggak pajak hingga 50 persen bagi kendaraan yang menunggak pajak BBN-KB tahun 2012 ke bawah. Namun, perlu diperhatikan kalau diskon tersebut ada batas akhirnya.

Lihat juga

Jatim Dapat Program Gratis Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Dan Balik Nama, Ini Info Selengkapnya

19/09/2019

Pasar mobil

7 menit

Pemprov Jatim akan mengeluarkan program gratis untuk pemutihan pajak kendaraan bermotor serta balik nama, dimulai dari 23 September hingga 14 Desember 2019 mendatang.

Lihat juga

Samsat Online di Kampus Dibuka, Civitas Academica Lebih Mudah Bayar Pajak Kendaraan

21/08/2017

Pasar mobil

Inilah kabar gembira bagi civitas academica Universitas Negeri Semarang (UNNES). Berkat kerjasama antara UNNES dengan Badan Pengelola Pendapatan Daerah (BPPD) Provinsi Jawa Tengah, pada saat ini telah ada kantor Samsat daring di kampus yang terletak di Gedung Kewirausahaan.

Lihat juga

Review Ferrari SF90 Stradale 2019

31/05/2019

Editor rate:

Inovasi pun dilakukan Ferrari agar selalu menjadi benchmark di ranah supercar. Salah satunya memperkenalkan era mobil supercar plug-in hybrid paling agresif yang dimiliki Ferrari, Ferrari SF90 Stradale 2019

Lihat juga

Daftar Harga BMW 7 Series & Promo September 2020 Di Indonesia

01/09/2020

BMW

BMW 740Li Opulence dan BMW 730Li M Sport menjadi dua tipe dari sedan premium BMW ini, Berapa harga resmi BMW 7 Series terbaru kini?

Lihat juga