Cuma Sampai 30 April 2020, Pemprov Jawa Barat Bebaskan PKB dan BBNKB!

11/03/2020

Pengemudian

5 menit

Cuma Sampai 30 April 2020, Pemprov Jawa Barat Bebaskan PKB dan BBNKB!
Pemprov Jawa Barat memberikan keringanan bagi pemilik kendaraan bermotor yang telat membayar pajak dan akan melakukan balik nama kendaraannya. Promo ini diberikan melalui program bertajuk "Triple Untung".

Bagi para pengguna kendaraan bermotor yang berdomisili di Jawa Barat, ada program menarik nih dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dan Tim Pembina Samsat Jawa Barat. Promo yang diberikan adalah bebas beberapa pajak untuk yang mengurusan surat kendaraan bermotor.

Diluncurkan dengan program bertajuk "Triple Untung", ada tiga keuntungan buat Anda yang tengah mengurus surat-surat kendaraan bermotor di wilayah Jawa Barat. Program ini berlansung terbatas, yaitu mulai 2 Maret 2020 hingga 30 April 2020.

Lalu apa saja program Triple Untung dari Pemprov Jawa Barat tersebut:

1. Bebas Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)

STNK dan BPKB kendaraan bermotor

Ada program bebas pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama

Keuntungan yang pertama yang bisa Anda nikmati adalah pembebasan denda PKB bagi warga Jawa Barat yang terlambat membayar pajak kendaraan bermotor. Dilansir Cintamobil.com dari laman NTMC Polri, pembebasan PKB ini tidak berlaku untuk pembelian mobil atau motor baru, mobil atau motor yang berubah bentuk, mobil atau motor yang ganti mesin, dan mobil atau motor hasil lelang yang belum terdaftar.

>>> Ssst, Ada Wacana Penerbitan SIM dan STNK Dilakukan Kemenhub

2. Bebas Bea Balik Nama

Program bebas pajak kendaraan bermotor lainnya yang diberikan oleh Pemprov Jawa Barat adalah bebas pokok dan denda BBNKB II (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor). Program ini berlaku kalau Anda ingin mengajukan proses balik nama kendaraan bermotor kedua dan seterusnya yang ada di wilayah Jawa Barat.

>>> Aman sampai tujuan dengan tips dan trik mengemudi di sini

3. Bebas Pajak Progresif

STNK dan pajak mobil mewah

Buat warga Jawa Barat yang belum bayar pajak progresif, sekarang waktunya!

Program ini merupakan turunan dari poin kedua. Yaitu apabila Anda memiliki kendaraan kedua dan seterusnya, maka akan diberikan kebebasan pajak progresif. Dan jika ada tunggakan pajak bulan sebelumnya, maka biaya tunggakan pajak itu hanya dikenai 1,75 persen.

>>> Setelah Smart SIM, Siap-siap STNK Elektronik Segera Berlaku

4. Syarat-Syaratnya

Jika Anda ingin menikmati program bebas pajak dan bea balik nama kendaraan bermotor yang diberikan Pemprov Jawa Barat ini, pemohon harus menyiapkan beberapa persyaratan. Diantaranya STNK asli, BPKB asli, e-KTP asli, dan bukti hasil cek fisik kendaraan Anda.

Selanjutnya bawa semua persyaratan dokumen tersebut ke Kantor Bersama Samsat Induk Jawa Barat. Namun untuk proses pembayaran pajak yang masih menunggak, bisa dilakukan di Samsat Keliling, Samsat Outlet, Samsat Drive Thru, Alfamart, Alfamidi, Indomaret, Bukalapak, Tokopedia, Kaspro, Bank bjb, atau Loket PPOB.

>>> Simaklah tips dan trik yang berguna lainnya di sini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top