Corner Rascal, Sistem Yang Membantu Mobil Berpenggerak Roda Depan Lebih Mudah Menikung

16/06/2019

Pengemudian

2 menit

Corner Rascal, Sistem Yang Membantu Mobil Berpenggerak Roda Depan Lebih Mudah Menikung
Salah satu kelemahan mobil berpenggerak roda depan adalah ia lebih sulit diajak untuk menikung tajam. Nah, sistem berjuluk corner rascal ini diadopsi oleh Hyundai untuk membantu mobil berpenggerak roda depan lebih mudah untuk diajak menikung. Seperti apa cara kerjanya?

Corner Rascal adalah julukan yang dibuat oleh Hyundai Motor Corporation terhadap teknologi bernama N Corner Carving Diffrential. Teknologi ini diadopsi oleh Hyundai pada salah satu varian hot hatch mereka, yakni Hyundai Veloster N 2019. Teknologi ini diklaim mampu membantu mobil dengan penggerak roda depan seperti Hyundai Veloster N 2019 ini untuk menikung dengan lebih tajam dan lebih gampang diajak menikung. Lantas, bagaimana cara kerja Corner Rascal ini?

>>> Ini alasan mengapa Hyundai Getz banyak di cari orang dalam kondisi bekas

Mobil Hyundai Veloster N 2019 berwarna biru

Teknologi ini diklaim mampu membantu mobil dengan penggerak roda depan

Secara umum sistem N Corner Carving Diffrential ini adalah sebuah eLSD (electronic-Limited Slip Diffrential). Dimana sistem ini memungkinkan kedua roda depan berbelok dengan kecepatan yang berbeda dengan menerapkan jumlah torsi yang tersalur berbeda pula, tergantung dari transfer bobot bagian dalam dan bagian luar roda. Sistem ini diklaim memiliki keunggulan yang baik, sehingga dapat membantu Hyundai Veloster N 2019 lebih lincah dalam melibas tikungan.

>>> Tips Hemat Bahan Bakar di Tol Trans Jawa

Corner Rascal Hyundai

Corner Rascal ini punya dua komponen utama yakni e-LSD dan ECU

Sistem Corner Rascal atau N Corner Carving Diffrential ini diklaim dapat meningkatkan kecepatan saat menikung hingga 5%, dan juga selip roda akan lebih minimum dibandingkan dengan mobil berpenggerak roda depan yang tidak mengaplikasikan teknologi ini. Agar lebih mudah, coba Anda lihat gambar dibawah ini, pada intinya sistem Corner Rascal ini akan membagi penyaluran tenaga ke dua roda depan sesuai dengan load pada ban. Canggih bukan?

>>> Ingin membeli mobil sebelum mudik? Dapatkan daftarnya hanya di sini

Cara Kerja Hyundai Corner Rascal

Beginilah cara kerja Corner Rascal, ia membagi tenaga ke dua roda depan berdasarkan beban pada dinding ban

>>> Tips & trik tentang dunia otomotif bisa Anda dapatkan di Cintamobil.com

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top