Contoh Surat Jalan STRP untuk Keluar Masuk Jakarta Selama PPKM Darurat

09/07/2021

Pengemudian

3 menit

Bagi Anda yang bekerja di Jakarta di sektor esensial dan kritikal berikut di bawah ini contoh surat jalan STRP untuk keluar masuk Jakarta selama PPKM Darurat.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengeluarkan aturan (STRP) bagi para pekerja yang ingin masuk ke wilayah Ibu Kota. Aturan ini sudah berlaku  sejak Senin (5/7) bagi Anda yang belum tahu contoh surat jalan STRP ini simak ulasannya di bawah ini.

Gambar menunjukan STRP

Surat Tanda Registrasi Pekerja

>>> Mobil Jenazah VS Ambulans, Siapa yang Lebih Prioritas?

Peruntukan STRP

Surat yang bisa dibilang cukup ‘sakti’ selama PPKM Darurat yang berlaku hingga 20 Juli mendatang.  Lantas bagaimana cara membuat contoh surat jalan STRP ini dan diperuntukan untuk siapa? Melansir dari akun Instagram dkijakarta, berikut  STRP diwajibkan dimiliki untuk;

Pekerja Sektor Esensial

Komunikasi dan IT, keuangan dan perbankan, pasar modal, sistem pembayaran, perhotelan non-penanganan karantina COVID-19, industri orientasi ekspor.

Pekerja Sektor Kritikal

Energi, kesehatan, keamanan, logistik dan transportasi industri makanan, minuman dan penunjangnya, petrokimia, semen, objek vital nasional, penanganan bencana, proyek strategis nasional, konstruksi, utilitas dasar (listrik dan air) industri pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat.

STRP dikecualikan bagi :

Kementerian / Lembaga / instansi pemerintahan baik pusat maupun daerah (TNI, POLRI, Bank Indonesia, OJK, dll).

Urusan mendesak penanganan pandemi (tenaga kesehatan, distribusi gas oksigen, pengantaran peti jenazah, dll).

>>> Trik Aman Mengemudi Mobil Besar di Masa PPKM Darurat

Gambar menujukan Vaksin

Lengkapi dokumentasi sertifikasi vaksinasi

Contoh Surat Jalan STRP 

1. Bagi perorangan dokumen persyaratan STRP yang wajib dipenuhi oleh pemohon yakni; 

- KTP Pemohon
- Sertifikat Vaksin (Masa Transisi 1 Minggu dari Saat Diumumkan)/ Surat Pernyataan Bersedia Mengikuti Program Vaksinasi Covid-19 Dalam Waktu Dekat
- Foto Ukuran 4x6 Berwarna
- Surat Pengantar RT/RW, Khusus Pemohon Perorangan dengan Kebutuhan Mendesak

2. Bagi perusahaan dokumen persyaratan STRP yang wajib dipenuhi oleh pemohon yakni; 

- KTP Pemohon/ Penanggungjawab
- Surat Tugas Dari Perusahaan (Jika kolektif wajib dilampirkan nama, NIK KTP, foto, alamat tempat tinggal dan alamat yang dituju pemohon)
- Sertifikat Vaksin (Masa Transisi 1 Minggu Dari Saat Diumumkan)/ Surat Pernyataan Bersedia Mengikuti Program Vaksinasi Covid-19 Dalam Waktu Dekat
- Foto Ukuran 4x6 (Jika kolektif wajib dilampirkan pada lampiran Surat Tugas)
- Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi Perusahaan

>>> Cara Mudah Membeli Mobil Baru Diskon PPnBM 100% di Masa PPKM Darurat

Gambar menunjukan Membuat STRP

Setelah dokumen lengkap bisa langsung mengakses jakevo.jakarta.go.id untuk pengajuan

>>> Polisi Berikan Dispensasi Perpanjangan SIM di Masa PPKM Darurat

Mekanisme Pembuatannya

Adapun mekanisme pembuatan Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) adalah sebagai berikut:

- Pemohon STRP
- Mengakses laman https://jakevo.jakarta.go.id
- Mengisi form, upload dan submit
- Verifikasi berkas UP PMPTSP
- STRP bisa diunduh di https://jakevo.jakarta.go.id 

STRP tersebut akan diterbitkan oleh Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Untuk informasi, penerbitan STRP maksimal 5 jam sejak persyaratan dinyatakan lengkap.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top