Cintamobil TV: Toyota Corolla Cross Bensin 2021, Mobil yang Patut Jadi Pertimbangan

19/05/2021

Pengemudian

5 menit

Share this post:
Untuk versi bermesin bensin konvensional, Toyota Corolla Cross Gasoline ini juga memiliki kelebihan dibandingkan dengan varian Hybrid. Apa sajakah itu?

Hadir sejak Agustus 2020 silam, Toyota Corolla Cross menjadi salah satu mobil SUV yang diandalkan.  Ada dua varian Toyota Corolla Cross yang ditawarkan yakni varian hybrid dan juga bensin. Versi hybridnya cukup dijagokan di segmen mobil ramah lingkungan. Padahal untuk versi bermesin bensin konvensional, Toyota Corolla Cross versi bensin juga memiliki kelebihan. Lantas, hal menarik apa yang ditawarkan oleh Corolla Cross bensin? Kali ini tim Cintamobil TV akan mereview mobil ini. Simak, yuk!

Eksterior Corolla Cross Bensin

Toyota Corolla Cross Gasoline  merah

Tak ada perbedaan signifikan dari mobil Corolla Cross Gasoline 

Untuk tampilan eksteriornya, sebenarnya tidak ada yang berbeda signifikan dibandingkan dengan versi hybridnya. Hanya beberapa detail perbedaan sedikit, seperti bagian headlamp yang mana versi hybrid memiliki lis biru pada headlamp dan logo dengan aksen biru.

Selebihnya, masih sama. Mulai dari grille, bumper yang terlihat sporty dan agresif, velg yang menggunakan varian Michelin Primacy 225/50R18 sehingga nyaman dengan bantingan empuk. Di bagian samping, ada over fender yang menambah aura kuat dari mobil SUV. Sementara di bagian atas, ada roof rail untuk memudahkan Anda menambah opsi roofbox pada mobil yang pemasangannya sangat mudah dan talang air dengan aksen krom di bagian atas.

Kabin Toyota Corolla Cross Gasoline

Bagasi yang luas pada Corolla Cross versi bensin

Untuk identitas dari mobil ini, Corolla Cross memiliki emblem di bagian atas dan di bagian stop lamp-nya. Nah, jika kita membicarakan kekurangan, antara Hybrid dengan versi bensin ini terdapat di bagian pintu belakang. Untuk Corolla Cross versi bensin tidak bisa dibuka secara elektris sehingga kurang praktis.

Sementara untuk bagian bagasi, kedua varian sama-sama memiliki bagasi yang lapang. Anda bisa meletakkan dua koper ukuran besar. Sementara di lantai bagasi terdapat ban cadangan dengan tipe space saver dan toolkit.

>>> 3 Pengaturan Penting Sebelum Berkendara

Desain Baris Kedua

Baris kedua Toyota Corolla Cross Gasoline

Memiliki akomodasi yang nyaman di baris kedua

Jika Anda duduk di baris kedua pada Corolla Cross bensin, Anda akan merasakan kenyamanan karena akomodasi yang cukup memadai. Posisi legroom lega, head room aman, dan posisi jok yang bisa diatur baik untuk duduk atau rebahan. Untuk tambahan kenyamanan, mobil ini dilengkapi dengan arm rest, space untuk meletakkan kaki di area bawah jok baris pertama, dan empat cup holder. Sementara untuk masalah kesejukkan, di baris kedua terdapat ventilasi yang bisa didistribusi ke baris kedua jadi tergolong baik.

>>> Cintamobil TV: Dashcam Blackvue, Fitur Penyelamat yang Harus Tersedia di Mobil Anda

Interior Toyota Corolla Cross versi Bensin

Sementara untuk bagian kabin atau baris pertama dari mobil ini, jika dibandingkan dengan varian Hybridnya sebenarnya tidak ada perbedaan signifikan. Mulai dari dashboard, pengaturan AC yang sudah digital dengan dual zone, head unit dengan ukuran 9” dan sama-sama bisa memutar radio, Bluetooth, media, dan USB. Sayangnya, mobil ini tidak dilengkapi dengan fitur Apple CarPlay dan Android Auto.

fitur emoney

Corolla Cross Gasoline memiliki fitur pengecekan e-Money

Namun, mobil ini terdapat fitur e-money yang memungkinkan Anda untuk mengecek saldo e-money atau uang elektronik Anda. Nah, yang berbeda ada pada bagian panel instrument. Karena mobil ini mesinnya non Hybrid, terdapat mesin indicator perputaran mesinnya.

Untuk bagian jok, ada perbedaan antara varian Hybrid dengan bensin ini. Hybrid memiliki sisi driver yang full elektrik, sedangkan varian bensin pengaturannya masih manual. Namun, tenang saja karena posisi duduknya pun tetap nyaman mengingat mobil ini sudah menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA) sehingga posisi duduknya lebih fun to drive dan nyaman.

Kabin Toyota Corolla Cross Gasoline

Mobil ini belum memiliki wirelss charging

Hal lain yang membedakan antara varian ini terletak di bagian tombol-tombol di dekat kontrol bagian tengah. Untuk varian hybrid sudah tersedia EV Mode dan Drive Mode, semetara untuk varian bensin tidak ada. Di varian Toyota Corolla Cross bensin ini juga tidak memiliki wireless charging di bagian kompartemen tengah. Toyota Corolla Cross Gasoline bagian plafon menggunakan material kanvas yang sudah tersedia sunroof di bagian atasnya.

>>> Review Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line CKD 2020: Fiturnya Tak Ada di Mobil Lain

Impresi Saat Test Drive

Lantas bagaimana dengan pengalaman berkendara dengan Corolla Cross versi bensin ini? Bagi tim Cintamobil TV, tak berbeda jauh dari bantingan suspensi, respons setirnya yang sigap dan enteng, posisi duduk yang benar-benar nyaman, dan adanya pengaturan setir fleksibel bisa tilt dan telescopic. Posisi duduknya jadi lebih enak dengan pengaturan arm rest sehingga di perjalanan jadi lebih rileks dan nggak gampang capek.

akselerasi Toyota Corolla Cross Gasoline

 Corolla Cross versi bensin ini agak limbung saat dibawa ngebut

Jika berbicara masalah bantingan suspensi, keduanya sama-sama empuk. Sayangnya kekurangan Corolla Cross bensin ini agak limbung saat dibawa ngebut di jalan bebas hambatan seperti tola tau jalan yang agak bergelombang. Mobil ini terasa mengambang ketika di kecepatan 100 km per jam ke atas. Sedikit kekurangan lagi ada pada road noise yang masuk ke dalam kabin meskipun tidak sekeran line up di Honda CR-V atau Honda Jazz.

Lantas bagaimana dengan performanya? Untuk konsumsi BBM, tentu saja varian Hybrid jauh lebih baik. Tim Cintamobil TV pernah mengetes, bisa lebih dari 20 km per liter dengan kecepatan 22 km/jam untuk rute dalam kota. Hal ini wajar mengingat mesin Hybrid merupakan penggabungan antara mesin bakar, juga motor listrik dan baterai.

mesin Toyota Corolla Cross Gasoline

Dilengkapi dengan mesin 4-silinder 1.800 cc berkode 2ZR-FE

Sedangkan untuk versi Corolla Cross 1.8 AT 2021 versi bensin ini dilengkapi dengan mesin 4-silinder 1.800 cc berkode 2ZR-FE yang menghasilkan tenaga 140 HP dan torsi 171 nm. Untuk rute dalam kota mobil ini terbilang irit dengan angka 12 km per liter dengan kecepatan rata-rata 22 km/jam. Sedangkan untuk rute tol dengan kecepatan 90 km/jam bisa menghabiskan 17,3 km per liter.

Untuk akselerasinya, Hybrid lebih pelan daripada mobil versi bensin. Mungkin saja karena mesinnya yang tergolong ribet sehingga akselerasinya nggak begitu cepat. Hasilnya, untuk varian hybrid bisa mencapai 12 detik, sedangkan Corolla Cross 1.8 AT 2021 versi bensin bisa 11 detik dari 0-100 km/jam.

>>> Harga Toyota Corolla Cross Indonesia

Berikut spesifikasi Toyota Corolla Cross 1.8 Bensin AT 2021:

Toyota Corolla Cross Bensin
Mesin 1.789 cc 4-silinder
Tenaga 140 PS/6.400 rpm
Torsi 171 Nm/4.000 rpm
Transmisi FWD Otomatis CVT
Dimensi P x L x T 4.460 x 1.825 x 1.620 mm
Wheelbase 2.640 mm
Ukuran Ban 225/50 R18
Harga Rp 463.500.000

Kesimpulannya dengan harga lebih murah Rp 54 jutaan dibandingkan varian bermesin hybrid, fitur yang dimiliki Toyota Corolla Cross 1.8 AT versi bensin ini pun tak jauh berbeda. Nah, mobil varian mana yang jadi pilihan Anda? 

>>> Baca artikel tentang review mobil lainnya di sini

Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top