Cintamobil TV: Jangan Lakukan Ini Lagi, Selain Bahaya Juga Bisa Memalukan!

17/08/2021

Pengemudian

3 menit

Share this post:
. Setelah sebelumnya tim Cintamobil TV membagikan apa saja kebiasaan-kebiasaan yang kerap dilakukan oleh pengendara mobil di jalan, ternyata masih ada saja kebiasaan salah lainnya yang bikin bahaya.

Pernahkah Anda melihat pengendara lain yang menyalip di kiri jalan atau menggoyangkan mobil saat mengisi bensin? Salah kaprah tentang mengemudi dan perawatan kendaraan masih dilakukan oleh banyak pemilik kendaraan.

Setelah sebelumnya tim Cintamobil TV membagikan apa saja kebiasaan-kebiasaan yang kerap dilakukan oleh pengendara mobil di jalan, ternyata masih ada saja kebiasaan salah lainnya yang bikin bahaya.  Apa sajakah itu? Simak di sini!

Bahaya Menyalip via Bahu Jalan

Anda mungkin tak asing menemukan pengemudi mobil yang menyalip kendaraan dari sebelah kiri baik di jalan raya atau jalan tol. Selain melanggar aturan, hal tersebut sangat bahaya karena dapat menyebabkan kecelakaan. Aturan menyalip sebenarnya sudah tercantum dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ), pada Paragraf 3 soal Jalur dan Lajur Lalu Lintas memang pada pasal 109 ayat 1 yang menyebutkan bahwa kalau menyalip harus menggunakan jalur atau lajur sebelah kanan.

Menyalip bahu jalan

Aturan menyalip tercantum dalam UU dan bahaya

Namun ada pengecualian, pada pasal 109 ayat 2 tertulis, dalam keadaan tertentu, pengemudi dapat menggunakan lajur jalan sebelah kiri, dengan tetap memperhatikan keamanan dan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan. Keadaan tertentu seperti jika lajur sebelah kanan atau paling kanan dalam keadaan macet, antara lain akibat kecelakaan lalu lintas, pohon tumbang, jalan berlubang, genangan air, kendaraan mogok, antrean mengubah arah, atau kendaraan bermaksud berbelok kiri. Jadi hindari menyalip sebelah kiri karena bahaya keculi keadaan tertentu, ya!

>>> Cintamobil TV: Kebiasaan Salah Saat Memiliki Mobil! Jangan Seperti Mereka! 

Mematikan AC Biar Irit Bensin

Di kondisi macet dan indikator bensin sudah berada di posisi E (emergency)? Buat beberapa orang mungkin memilih untuk mematikan AC. Hal tersebut dipercaya bisa membuat kinerja mesin mobil lebih ringan sehingga bensin tak cepat habis dan bisa sampai ke SPBU terdekat.

ac mobil

Matiin AC bikin bensin irit?

Hal tersebut memang benar, tetapi tidak terlalu berpengaruh signifikan, lho! Jadi, daripada macet dan panas karena AC dimatikan, Anda bisa membiasakan melakukan perpindahan gigi (transmisi manual) pada putaran 2.000 – 3.000 rpm. Intintya tak perlu khawatir, masih ada sekitar 5-7 liter BBM cadangan saat indikator di posisi E.

>>> Jangan Nekat Nyelinap Mudik Naik Truk, Berbahaya!

Menggoyangkan Mobil Saat Mengisi Bensin

Trik kuno menggoyang-goyangkan mobil saat mengisi bensin masih kerap dilakukan. Harapannya agar setiap celah kosong dalam tangka terisi oleh bensin. Hal tersebut tentu aja kebiasaan yang salah karena bensin yang merupakan benda cair otomatis akan mengisi setiap celah kosong pada tangki BBM.

menggoyangkan mobil

Trik kuno saat mengisi bensin bikin bahaya

Trik tersebut bisa meningkatkan risiko gesekan antara nozzle dengan lubang BBM. Gesekan bisa memicu listrik statis yang menyebabkan terjadinya api. Jadi, menggoyang-goyangkan mobil saat mengisi bensin bisa sangat bahaya. Itu dia kesalahan-kesalahan pemilik mobil yang masih kerap dilakukan dan bikin bahaya. Semoga bisa terus Anda hindari, ya!

>>> Baca artikel tips & trik lainnya seputar otomotif hanya di Cintamobil.com

Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top