Cintamobil TV: Dashcam Blackvue, Fitur Penyelamat yang Harus Tersedia di Mobil Anda

05/05/2021

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Setiap mobil memiliki fitur keselamatan. Namun, ada fitur tambahan pada Mistubishi Eclipse Cross, yakni Dashcam Blackvue yang akan memberikan berkendara jadi lebih nyaman.

Produsen mobil kerap merilis fitur-fitur canggih pada mobil terbaru mereka. Salah satunya adalah Mitsubishi Eclipse Cross yang dilengkapi dengan fitur keselamatan aktif yang berfungsi untuk mencegah Anda mengalami kecelakaan. Contohnya seperti Adaptive Cruise Control, Forward Collision Mitigation, Anti-lock Braking System. Terdapat juga fitur-fitur keselamatan pasif seperti airbag dan safety belt yang bisa menyelamatkan nyawa Anda ketika sudah terjadi tabrakan.

Namun, ternyata ada satu tambahan fitur opsional yang bisa membantu Anda menyelamatkan mobil saat sudah terjadi tabrakan, yakni Dashcam Blackvue. Seberapa penting fitur ini dimiliki oleh Anda dan apa saja fungsinya? Kali ini tim Cintamobil TV akan mereview fitur tambahan pada Mitsubishi Eclipse Cross. Simak di sini!

Fungsi Fitur Dashcam Blackvue

Dashcam Blackvue

Dashcam Blackvue, fitur barang bukti saat terjadi kecelakaan

Sebelum membahas mengenai apa saja fitur yang ada di Dashcam Blackvue ini, ada baiknya, kita membahas dulu seberapa penting, Dashcam Anda miliki. Pertama, semakin ramainya jalanan ibukota atau tempat tinggal Anda maka akan semakin besar juga risiko terjadi kecelakaan. Ditambah lagi dengan perdebatan soal yang siapa yang salah.

Melalui Dashcam ini, tentunya Anda bisa merekam semua yang terjadi di depan perjalanan Anda dan dijadikan barang bukti kepada pihak asuransi. Fitur ini juga digunakan untuk merekam jika terjadi tindak pelanggaran lalu lintas dalam bentuk video maupun foto dan menjadi barang bukti kepada polisi.

Apalagi Dashcam Blackvue ini juga digunakan untuk merekam dari bagian luar dan dalam. Jadi untuk Anda yang memiliki usaha atau seorang pengemudi taksi online, fitur ini bisa menjadi bukti saat terjadi kejadian yang kurang menyenangkan, baik terhadap penumpang maupun kepada diri Anda sendiri.
Dashcam ini bisa digunakan sebagai GPS Tracker karena memiliki fitur GPS dan disimpan melalui Cloud. Jadi Anda tidak perlu menyiapkan ruang atau kapasitas penyimpanan yang terlalu besar karena langsung otomatis menyimpan ke Cloud. Sehingga jika mobil dicuri, Anda bisa melacak posisi mobil.

>>> Gunakan Sumbat Telinga Di Tempat Bising Seperti Bengkel       

Kelebihan Dashcam Blackvue

Nah, sekarang yuk bahas apa saja kelebihan dari Dashcam Blackvue ini?

1. Visibilitas Baik di Malam Hari

jalanan di malam hati

Dashcam Blackvue memiliki visibilitas yang baik pada malam hari

Selain itu Anda tentunya tidak perlu khawatir dengan malam hari karena Dashcam ini sudah memiliki kemampuan visibilitas di malam hari yang lebih baik daripada yang lainnya. Jadi, semua kejadian walaupun Anda mengalami kecelakaan di malam hari, fitur ini akan terlihat dengan jelas.

3. Perlindungan dari Overheat

Dashcam ini juga punya fitur safety untuk dirinya sendiri termasuk perlindungan dari overheat. Sehingga ketika sudah digunakan lebih dari 24 jam non-stop Dashcam akan mematikan sendiri otomatis untuk memastikan sistemnya aman dan tidak mengalami kerusakan dengan cepat.

>>> Benarkah Honda N7X Concept Bakal Jadi Penerus BR-V di Indonesia?

4. Resolusi Tinggi

Resolusi tinggi Dascamp Blackvue

Dascamp Blackvue memiliki resolusi tinggi

Dashcam Blackvue milik Mitsubishi ini menggunakan resolusi 1080 HD dengan 60fps, yang artinya sangat detail karena frame per second ditangkap lebih banyak. Kemudian juga Dashcam ini bisa memiliki sudut pandangnya sampai dengan 139 derajat, yang artinya hampir menyerupai sebuah Fisheye Camera. Sehingga semua kejadian yang terlihat, baik di bagian depan hingga samping.

5. Perlindungan Temperatur

Kemudian untuk memastikan hasil rekaman juga masih sempurna tidak patah-patah Dashcam ini punya fitur perlindungan temperatur agar tidak lebih dari 80 Celcius sehingga dia akan tetap halus rekamannya, tidak ada patah patah seperti di Kamera action atau kamera standar saat mengalami overheat.

>>> Ini Pentingnya Fitur Isofix di Dalam Mobil

5. Control Langsung dari Handphone

Control Dashcam di malam hari

Control Dashcam langsung dari handphone

Anda juga bisa mengontrol dashcam ini melalui sambungan Wifi yang tersedia. Tentunya Anda harus mendownload dulu aplikasi BlackVUE Cloud baru Anda bisa mengkoneksi handphone Anda dan langsung melihat apa saja sudah direkam dan apa saja yang terlihat. Kelebihannya lagi, Anda juga bisa mendownload berbagai rekaman langsung ke handphone. Untuk masalah kapasitas, Anda tak perlu khawatir karena proses penyimpanan file dari Dashcam ini sangat efisien sehingga Anda tidak perlu memformat secara berkala micro SD.

6. Merekam Suara

Selain merekam berbagai kejadian di bagian depan maupun bagian interior, Dashcam ini juga punya kemampuan untuk merekam pembicaraan di dalam dashboard. Jadi semua bukti yang Anda butuhkan untuk mengklaim asuransi akan bisa terlihat dengan mudah dari Dashcam. 
Hal paling penting ketika mengalami mengalami kecelakaan hebat, bahkan hingga mobil rusak parah, Dashcam ini juga punya punya perlindungan atau proteksi terhadap datanya. Sehingga walaupun kondisi Dashcam nanti rusak, tapi datanya tetap tersimpan dengan baik agar bisa menjadi bukti kecelakaan terjadi.

Lalu bagaimana dengan harganya? Dashcam Blackvue dengan tipe SPS 98001 ini bisa Anda dapatkan di dealer Mitsubishi terdekat di kota Anda dengan harga Rp 397.000.000 belum termasuk pajak.

>>> KIA EV6 Resmi Dijual, Harganya Tembus Rp 800 Jutaan

Kekurangan Dashcam Blackvue

Sejauh ini memang tim Cintamobil TV belum bisa menemukan kekurangan dari Dashcam Blackvue ini. Mengingat Dashcam ini punya kelebihan di visibilitas malam hari yang sudah sempurna, juga penyimpanan data yang juga sudah sangat mudah mengaksesnya.

kabel Dashcam Blackvue

Penempatan kabel power yang kurang ergonomis

Namun, ada kekurangan soal penempatan kabel power yang terasa agak kurang ergonomis dan kurang rapi untuk mobil sekeren ini. Akan lebih baik lagi kalau saja kabel langsung menuju ke colokan 12 volt di bagian interior agar lebih rapi. Mungkin justru langsung menjadi satu dengan kabel power di bagian dalam sehingga tidak ada kabel yang berseliweran terlalu banyak di bagian Interior.

Selain masalah tersebut, Dashcam Blackvue menjadi fitur yang sangat bermanfaat dan tentunya ini akan menjadi bukti yang sangat kuat untuk Anda yang mengalami kecelakaan dan mungkin tidak perlu banyak perdebatan sehingga bisa langsung menunjukkan saja kepada penabrak atau mungkin kepada asuransi. 

Jadi, bagaimana menurut Anda? Menurut tim Cintamobil TV, fitur ini menjadi salah satu komponen yang penting untuk menunjang keselamatan, kenyamanan, serta kepercayaan diri Anda ketika mengemudi sehari-hari.

>>> Baca artikel tips & trik lainnya seputar otomotif di sini

Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top