Cara Mudah Cek Pemilik Plat Nomor Kendaraan Online Yogyakarta

23/05/2021

Pengemudian

5 menit

Share this post:
Kini untuk mengetahui pemilik plat nomor kendaraan bermotor tidak perlu repot lagi. Bagi warga DIY berikut adalah cara cek pemilik plat nomor kendaraan secara online di Yogyakarta.

Untuk mengetahui siapa pemilik kendaraan bermotor dapat dilakukan dengan cara mengecek melalui nomor polisi atau plat nomornya. Dahulu, untuk mengetahui siapa pemilik plat nomor harus mengeceknya di Kantor Samsat. Namun saat ini, untuk mengetahui pemilik plat nomor kendaraan bermotor bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus mendatangi Kantor Samsat. Termasuk bagi Anda yang tinggal di Daerah Istimewa Yogyakarta, kini ada cara cek pemilik plat nomor kendaraan online Yogyakarta.

Dari pengecekan ini, Anda bisa mengetahui informasi yang cukup detail mengenai kendaraan tersebut, mulai dari warna kendaraan, pajak kendaraan, nomor mesin, hingga tipe kendaraan. Lalu bagaimana cara cek pemilik plat nomor kendaraan Yogyakarta secara online? Ada beberapa metode yang bisa dilakukan. Seperti melalui website, aplikasi, ataupun layanan SMS. Semuanya bisa diakses melalui smartphone yang Anda miliki. 

Berikut adalah ulasan cek pemilik plat nomor kendaraan secara online di Yogyakarta:

Cara Mudah untuk Cek Pemilik Kendaraan Bermotor Yogyakarta

Tidak hanya di Yogyakarta, di banyak daerah lain di Indonesia juga sudah tersedia layanan pengecekan pemilik plat nomor secara online. Caranya adalah dengan mengakses situs resmi Samsat atau Bapenda daerah Anda masing-masing, layanan SMS, dan aplikasi.

plat nomor khusus kota Yogyakarta

Contoh plat nomor kendaraan Yogyakarta

>>> Tipe Modifikasi Plat Nomor Mobil yang Bisa Kena Tilang

Cek Pemilik Plat Nomor Kendaraan Online Yogyakarta melalui Website

Bagi warga Yogyakarta, untuk cek plat nomor Yogyakarta Anda dapat mengakses situs https://cekpkbjogja.me/. Setelah mengakses situs tersebut Anda hanya perlu meng-input nomor plat kendaraan yang Anda ingin ketahui siapa pemiliknya. 

Nanti akan keluar informasi-informasi seputar kendaraan tersebut. Mulai dari nama kepemilikan kendaraan, merk kendaraan, tipe kendaraan, warna, hingga masa berlaku pajak. Informasi mengenai pemilik cukup penting diketahui tidak hanya bagi aparat kepolisian tapi juga masyarakat umum. Semisal ketika Anda hendak bertransaksi jual-beli mobil atau motor bekas, pengecekan plat nomor bertujuan untuk pelacakan keabsahan unit. Lalu untuk kepolisian bisa berguna membantu memecahkan kasus kriminal yang terkadang melibatkan kendaraan baik sebagai korban maupun pelaku.

ilustrasi gambar untuk cek plat nomor online

Ilustrasi cek plat nomor kendaraan online

>>> Plat Nomor 'RF' Tak Sakti, Langgar Lalu Lintas Bakal Ditindak

Cek Plat Nomor Yogyakarta via SMS

Selain lewat online melalui website, ada cara lain yang juga mudah untuk mengecek pemilik plat nomor kendaraan bagi Anda warga Yogyakarta, yakni melalui layanan SMS. Seperti SMS biasa pada umumnya, untuk menggunakan layanan SMS cek plat nomor ini akan dikenakan biaya tarif SMS reguler sesuai dengan operator masing-masing.

Caranya yakni dengan mengirimkan SMS dengan format DIY (spasi) plat nomor lengkap tanpa spasi. Lalu kirim ke nomor 9600. Contoh: DIY AB4848CC kirim ke 9600. Setelahnya Anda akan mendapat pesan balasan mengenai informasi seputar kendaraan tersebut. Namun perlu diingat layanan ini hanya bisa digunakan untuk nomor polisi dengan domisili wilayah Yogyakarta saja.

plat AB khusus kota Yogyakarta

Plat ab merupakan kode plat daerah istimewa uogyakarta

>>> Daftar Lengkap Kode Plat Nomor Se-Indonesia dan Cara Cek Plat Nomor Kendaraan

Gunakan Aplikasi Cek Plat Nomor Kendaraan Yogyakarta

Selain melalui website dan layanan SMS, cara cek pemilik plat nomor kendaraan online Yogyakarta juga bisa dilakukan melalui aplikasi di smartphone atau ponsel pintar. Warga Yogyakarta kini telah disediakan aplikasi untuk mengecek informasi plat nomor yang bisa digunakan dengan mudah. Aplikasinya yang diberi nama Pajak Kendaraan Yogyakarta dan Infopkbdiy tersedia dan dapat Anda unduh di Google PlayStore untuk pengguna Android dan Apple Store untuk pengguna iOs. 

Caranya cukup mudah. Setelah Anda mengunduh aplikasi tersebut, Anda akan diminta untuk login dan mengisi beberapa data. Jika sudah terdaftar, Anda tinggal meng-input nomor polisi kendaraan yang ingin Anda ketahui informasi atau pemiliknya. 

Aplikasi untuk pengecekan plat nomor kendaraan bukan hanya tersedia untuk warga Yogyakarta saja. Beberapa daerah lain juga sudah menyediakan aplikasi pengecekan plat nomor untuk informasi seputar kendaraan.

Berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk cek plat nomor kendaraan selain di Yogyakarta:

Daerah

Aplikasi

DKI Jakarta

Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta

Jawa Barat

SAMBARA

Jawa Tengah

Sakpole e-SAMSAT Jateng

Jawa Timur

E-Smart Samsat Jatim

Bagaimana Cara Cek Pajak Kendaraan Online?

Selain mengecek pemilik plat nomor kendaraan, melalui website, SMS, ataupun aplikasi Anda juga bisa mengecek pajak kendaraan. Hal itu karena informasi yang diperoleh dari mengecek plat nomor kendaraan bukan hanya nama pemilik kendaraan. Namun juga ada informasi-informasi penting lainnya seperti merk kendaraan, warna kendaraan, hingga pajak kendaraan. 
Cara untuk cek pajak kendaraan sama seperti dengan Anda mengecek pemilik plat nomor kendaraan. Cukup kunjungi website-website Samsat atau Bapenda tempat Anda tinggal. Masukkan nomor polisi kendaraan. Tunggu sebentar, kemudian situs akan menampilkan informasi kendaraan seperti merk mobil, tipe mobil, warna jenis mobil, jenis bahan bakar, dan tentu saja besar pajak dan masa berlaku pajak kendaraan tersebut
Sama halnya dengan SMS. Bagi warga Yogyakarta hanya perlu kirim SMS ke nomor 9600 dengan format DIY (spasi) nopol kendaraan (tanpa spasi). Untuk beberapa daerah lain formatnya adalah sebagai berikut:

  • DKI Jakarta: Metro (spasi) nopol kendaraan kirim ke 1717
  • Jabar: Ketik Info (spasi) nopol kendaraan (spasi) warna plat kendaraan Kirim ke  0811 211 9211 (Dispenda Jabar)
  • Jateng: Ketik JATENG (spasi) nopol kendaraan Kirim ke 9600
  • Jatim: Ketik JATIM (spasi) nopol kendaraan Kirim ke 7070

ilustrasi orang sedang cek plat kendaraan

Pengecekan plat nomor kendaraan online bisa mempermudah tanpa harus ke Samsat

>>> Beragam Cara Cek Pemilik Plat Nomor Jogja dengan Mudah

Begitu juga dengan aplikasi. Cukup unduh aplikasi Samsat elektronik atau pun pajak kendaraan yang disediakan oleh Pemerintah Daerah tempat Anda tinggal. Daftar dan isi-isi data penunjang lalu login. Jika sudah login Anda tinggal memasukkan nomor polisi kendaraan lalu akan keluar informasi mengenai pajak kendaraan.

Memang, kini cara cek pemilik plat nomor kendaraan online Yogyakarta dan provinsi di Pulau Jawa lainnya sudah mudah, tapi sayangnya di beberapa daerah masih ada yang situs Samsat nya terkadang tidak bisa diakses dan belum memperbarui data-datanya. Bahkan sampai saat ini belum semua daerah di Indonesia memiliki situs Samsat ataupun aplikasi untuk smartphone. 

kantor samsat untuk mengecek plat

Selain online, anda juga bisa mengecek pemilik plat nomor kendaraan di kantor samsat terdekat 

>>> Cek Plat Nomor Kendaraan Online Yogyakarta Sebelum Beli Mobil Bekas

Itu tadi informasi mengenai cara cek pemilik plat nomor kendaraan online Yogyakarta. Ke depannya tidak hanya Warga Yogyakarta tapi diharapkan seluruh masyarakat di Indonesia bisa lebih mudah dan cepat untuk mengakses informasi-informasi seputar kendaraan, seperti pemilik plat nomor ataupun pajak kendaraan. Jika informasi yang tersedia di website dan aplikasi dirasa kurang lengkap, Anda bisa mengunjungi Kantor Samsat terdekat di wilayah Anda untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, tentunya dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Apakah warga luar Yogyakarta bisa mengecek plat nomor Yogyakarta online?
Bisa. Layanan tersebut bisa diakses untuk mengecek plat nomor di wilayah Yogyakarta. Pengecekan bisa dilakukan oleh siapa saja.
Bagaimana cara cek pajak kendaraan online?
Melalui situs Samsat daerah masing-masing, aplikasi e-Samsat atau e-Pajak, serta layanan SMS sesuai daerah masing-masing. Yang dibutuhkan cukup nomor polisi kendaraan.
Di mana lokasi pembayaran pajak kendaraan?
Untuk pajak kendaraan Anda bisa membayarnya di Kantor Samsat terdekat atau layanan Samsat keliling yang disediakan oleh kepolisian dan pemerintah daerah masing-masing.
Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top