Begini Cara Cek Pajak Kendaraan DKI Tanpa NIK

14/05/2021

Pengemudian

3 menit

Bagi Anda yang ingin mengetahui berapa nilai pajak kendaraan, ada beberapa cara untuk bisa cek pajak kendaraan DKI tanpa NIK. Apa saja? Berikut ulasannya.

Tidak seperti dulu, kini pembayaran pajak kendaraan bisa dilakukan lebih mudah dengan sistem online. Bahkan di sistem online, untuk mengetahui berapa besar pajak kendaraan yang dibayarkan bisa diketahui tanpa perlu menginput NIK. Untuk Anda yang berada di wilayah DKI, tentu ingin mengetahui bagaimana cara cek pajak kendaraan DKI tanpa NIK.

Bagaimana cara kita bisa mengetahui berapa jumlah pajak kendaraan yang harus dibayarkan? Yang paling mudah dan konvensional adalah melihat besaran pajak di STNK yang Anda miliki. Namun tak jarang banyak orang yang kelupaan, mungkin karena terlalu lama menyimpan STNK di dalam dompet. Selain cara konvensional tersebut, ada cara cek pajak kendaraan DKI tanpa NIK yang bisa diakses dengan mudah yakni melalui web, aplikasi, dan sms. Berikut ulasannya.

>>> Nggak Cuma Lewat Samsat, Ini Cara Cek Pajak Mobil Jakarta

Cara Cek Pajak Kendaraan di DKI tanpa NIK: Cek Pajak Kendaraan Online

Cara cek pajak kendaraan di DKI tanpa NIK yang pertama adalah melalui website atau online. Untuk mengecek pajak kendaraan secara online, Anda cukup mengakses situs resmi pajak kendaraan bermotor DKI Jakarta yakni http://samsat-pkb2.jakarta.go.id

Mengecek Pajak Secara Online Dapat Dilakukan dengan Mudah

Ada banyak kemudahan dalam mengecek pajak secara online 

Untuk mengakses informasi di situs ini cukup menginput nomor plat kendaraan bermotor yang Anda miliki. Sebenarnya ada pilihan untuk menginput NIK milik Anda, namun itu opsional jadi bisa dilewatkan jika Anda lupa berapa NIK yang Anda miliki. Berikut cara-caranya:

  1. Buka web browser seperti Google Chrome, Firefox, atau yang lainnya
  2. Ketik situs http://samsat-pkb2.jakarta.go.id
  3. Di tampilan website-nya, Anda diminta untuk menginput nomor plat kendaraan di kolom “Nopol B”.
  4. Berikutnya Anda diminta untuk mengisi NIK. Namun hal ini opsional, jadi Anda tetap bisa mengakses ke tahap berikutnya meski tidak mengisi NIK
  5. Kemudian klik di kotak yang bertuliskan “I’m not a robot”, selanjutnya tinggal klik “Proses”

Selanjutnya situs akan menampilkan informasi kendaraan seperti merk mobil, tipe mobil, warna jenis mobil, jenis bahan bakar, dan tentu saja besar pajak dan masa berlaku pajak kendaraan tersebut. Cukup mudah kan untuk cek pajak motor atau cek pajak mobil DKI Jakarta.

>>> 4 Cara Cek Pajak Mobil Jakarta Paling Mudah!

Cara Cek Pajak Kendaraan di DKI tanpa NIK: Cek Pajak Kendaraan Jakarta Via SMS

Selanjutnya untuk melakukan cek pajak kendaraan bermotor DKI selain melalui website adalah dengan layanan SMS. Untuk melakukannya cukup mudah. Layanan ini bisa dilakukan di semua tipe ponsel dan operator selular namun dikenakan tarif SMS Rp1000/pesan. Bagaimana caranya?

Cukup mudah. Anda hanya perlu mengetikkan Metro (spasi) nomor polisi kendaraan lalu kirim SMS ke nomor 1717. Setelahnya, akan ada pesan masuk di HP Anda yang berisi informasi mengenai kendaraan yang Anda miliki mulai dari merk, jenis kendaraan, hingga informasi mengenai pajak kendaraan.

Mengecek Pajak Kendaraan Melalui SMS

Kemudahan cek pajak kendaraan DKI tanpa NIK melalui smartphone

Perlu diketahui, layanan SMS untuk cek pajak kendaraan bermotor ini juga sudah tersedia di beberapa provinsi lain seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, dan D.I Yogyakarta. Keempatnya memiliki nomor tujuan dan kode SMS yang berbeda-beda.

  1. Jabar: Ketik Info (spasi) nopol kendaraan (spasi) warna plat kendaraan Kirim ke  0811 211 9211 (Dispenda Jabar)
  2. Jateng: Ketik JATENG (spasi) nopol kendaraan Kirim ke 9600
  3. Jatim: Ketik JATIM (spasi) nopol kendaraan Kirim ke 7070
  4. DIY: Ketik DIY (spasi) nopol kendaraan Kirim ke 9600

>>> Begini Cara Mudah Bayar Pajak Mobil Online

Cara Cek Pajak Kendaraan Jakarta: Aplikasi Smartphone

Cara selanjutnya untuk cek pajak kendaraan DKI tanpa NIK adalah melalui aplikasi cek pajak kendaraan bermotor DKI pada ponsel pintar yang Anda miliki. Ada dua aplikasi yang bisa Anda unduh di Playstore untuk melakukan pengecekkan pajak kendaraan bermotor di DKI. Yang pertama adalah aplikasi “Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta” dan yang kedua adalah aplikasi “Pajak Online DKI”.

Berapakah Pajak Kendaraan Mobil Ferrari?

Mobil sport memiliki pajak yang terbilang mahal

Untuk aplikasi “Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta” memiliki tampilan yang sama dengan situs samsat online DKI Jakarta atau dengan kata lain ini adalah versi aplikasi dari situs samsat online DKI. Anda tinggal menginput nomor polisi kendaraan untuk mengetahui informasi seputar kendaraan bermotor yang Anda miliki termasuk mengenai pajak.

Sedangkan untuk aplikasi “Pajak online DKI Jakarta” Anda akan terlebih dahulu diminta untuk registrasi dengan mengisi alamat email dan password. Jika sudah teregristrasi selanjutnya Anda tinggal pilih menu “PKB” dan isi nomor plat kendaraan bermotor yang Anda miliki atau yang ingin Anda ketahui informasinya. Setelah itu klik proses dan selanjutnya akan muncul informasi mengenai kendaraan tersebut seperti nama kendaraan hingga besarnya pajak kendaraan dan masa berlaku pajak kendaraan bermotor.

>>> Cara Mudah Cek Pajak Kendaraan Lewat Ponsel

Membayar Pajak Kendaraan Jakarta

Setelah mengetahui cara cek pajak kendaraan di DKI tanpa NIK. Berikutnya adalah membayar pajak tahunan. Ketentuan pajak kendaraan di DKI adalah 2% dari nilai jual kendaraan bermotor (NJKB). NJKB ditentukan oleh nilai pasaran saat itu. Jumlah ini yang disebut dengan PKB atau pajak kendaraan bermotor.

Setelah mengetahui berapa PKB nya, berikutnya adalah membayar Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLJJ) sebesar Rp 140 ribu serta biaya administrasi STNK Rp 50 ribu. Jadi jumlah pajak tahunan yang harus dibayarkan adalah PKB + SWDKLJJ  + administrasi STNK.

Mobil Agya Putih Sedang Terparkir

Mobil Agya Berwarna Putih di Sebuah Showroom 

Untuk pembayaran pajak kendaraan di DKI Jakarta bisa dilakukan di Kantor Samsat Induk. Namun saat ini untuk mempermudah pembayaran pajak kendaraan, tersedia juga Samsat keliling dan Gerai-gerai Samsat di banyak titik di DKI Jakarta. Tidak hanya itu, pembayaran pajak kendaraan di Jakarta juga sudah bisa dilakukan online melalui aplikasi e-Samsat. Mudah bukan?

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Bagaimana perhitungan pajak mobil tahunan?
Jumlah PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) + SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas) + Adm. STNK = Pajak Mobil Tahunan. PKB setiap kendaraan dan daerah bisa berbeda-beda.
Berapa biaya ganti plat nomor mobil?
Sama seperti pembayaran pajak tahunan, namun ditambahkan biaya penerbitan lembar STNK baru dan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) baru. Biaya penerbitan STNK dan TNKB baru sekitar Rp300 ribu.
Berapa biaya pajak mobil bekas?
Tidak ada perbedaan pajak mobil bekas dan baru. Perhitungannya tetap tergantung tahun kendaraan, merk, dan daerah tempat Anda tinggal.
Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top