Cegah Virus Corona, Kemenhub Instruksikan Operator Angkutan Umum Sediakan Hand Sanitizer

07/03/2020

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Cegah Virus Corona, Kemenhub Instruksikan Operator Angkutan Umum Sediakan Hand Sanitizer
Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub RI menginstruksikan operator angkutan umum sediakan hand sanitizer sebagai fasilitas untuk penumpang mencuci tangan.

Merespon pengumuman Presiden Joko Widodo terkait dua Warga Negara Indonesia (WNI) positif Corona, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub RI)  melakukan langkah-langkah preventif.

Foto Presiden Jokowi dan Menteri Kesehatan saat mengumumkan dua WNI positif Corona

Pemerintah umumkan virus Corona telah sampai Indonesia

Instruksi disampaikan Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kemenhub, Budi Setiyadi melalui Surat Edaran Nomor: SE.4/UM.006/DRJD/2020 tentang Antisipasi Pencegahan Penyebaran Infeksi Novel Corona Virus (2019-nCov). Ditujukan kepada seluruh simpul, meliputi Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD), Perusahaan Angkutan Umum, Penyelenggara Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) serta Asosiasi di Bidang Transportasi Darat untuk melakukan tindakan pencegahan di seluruh sarana dan prasarana transportasi darat.

>>> Mulai dari Gagang Pintu Mobil, Ini Cara Penularan Virus Corona

Pemeriksaan Ketat di Pelabuhan dan Terminal

Menurut Budi, pemeriksaan perlu diperketat di kawasan-kawasan konsentrasi publik seperti pelabuhan dan terminal. Dua tempat tersebut menjadi tempat keluar masuknya penumpang dari daerah satu ke daerah lain. Dia berharap dengan cara ini penularan virus Corona (COVID-19) bisa ditekan secara maksimal.

“Pihak kami juga akan melakukan koordinasi dengan dinas kesehatan serta para penyedia transportasi umum dalam penyediaan fasilitas kesehatan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona di tempat-tempat seperti terminal, angkutan umum, maupun pelabuhan ASDP." kata Dirjen Budi seperti dikutip dari laman Dirjen Hubdat, (4/3/2020).

Foto menunjukkan suasana kepadatan di Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni Lampung saat musim mudik

Pelabuhan Bakauheni, akses utama keluar/masuk Pulau Sumatera via jalur darat

>>> Ini 5 Alasan Orang Tak Suka Naik Angkutan Umum

Perbanyak Hand Sanitizer

Diketahui, virus Corona juga bisa terjadi karena kontak tangan langsung dengan pengindap Corona atau dengan objek yang pernah tersentuh pengindap Corona. Dirjen Budi menyarankan beberapa langkah yang bisa dilakukan operator angkutan umum untuk menangkal hal tersebut.

"Hal yang dapat dilakukan antara lain; rutin membersihkan alat tap on gate, tempat duduk, pintu, jendela, hingga pegangan untuk penumpang dengan menggunakan desinfektan baik sebelum dan sesudah beroperasi." kata Budi.

Lebih lanjut diinstruksikan operator memperbanyak antiseptik dan hand sanitizer agar bisa digunakan oleh awak kendaraan, karyawan perusahaan, maupun penumpang yang keluar masuk. "harus disiapkan juga antiseptik, alcohol based hand rub atau hand sanitizer sebagai fasilitas untuk penumpang mencuci tangan,” tuturnya.

>>> Bluebird Minta Drivernya Rajin Bersihkan Mobil Demi Cegah Virus Corona

Foto menunjukkan seorang pengemudi mengaplikasikan Hand Sanitizer ke tangannya sesaat sebelum mengemudi

Disarankan operator transportasi umum sedia hand sanitizer sebagai fasilitas kesehatan

>>> Antisipasi Virus Corona, Sediakan Ini di Dalam Mobil Anda

Sarankan Pola Hidup Sehat

Sebagai langkah pencegahan virus Corona lebih lanjut, dihimbau masyarakat untuk tidak panik. Yang penting selalu prioritaskan perilaku hidup sehat setiap hari. Selalu menjaga kebersihan, jaga etika saat batuk dan bersin, menggunakan masker antivirus saat berada di ruang publik atau di transportasi umum, hingga mengurangi sentuhan langsung dari tangan ke wajah.

“Jalankan pola hidup yang bersih dan sehat dengan selalu menjaga kebersihan dan menjaga etika ketika batuk dan bersin” sarannya tegas.

Terakhir jika ditemukan keluhan kesehatan segera periksakan diri ke dokter, klinik kesehatan, atau rumah sakit terdekat untuk segera dilakukan penanganan.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Fatchur Sag
Penulis
Fatchur Sag
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Pengemudi Taksi Online Disarankan Rajin Cuci Tangan untuk Cegah Virus Corona

04/03/2020

Event - Promosi

2 menit

Untuk mencegah penyebar luasan virus Corona, pengemudi taksi online pun disarankan untuk rajin-rajin membersihkan tangan dengan menggunakan sabun cair atau cairan antiseptik.

Lihat juga

Bluebird Minta Drivernya Rajin Bersihkan Mobil Demi Cegah Virus Corona

06/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Perusahaan transportasi Bluebird mengimbau kepada seluruh drivernya agar lebih rajin membersihkan kabin mobilnya untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Lihat juga

Penjualan Mobil di Indonesia Ikut 'Tertular' Virus Corona

05/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Wabah virus Corona juga turut 'menular' ke penjualan mobil di Indonesia. Dampaknya, penjualan mobil di Indonesia pada Januari 2020 mengalami penurunan dibandingkan periode yang sama tahun 2019.

Lihat juga

Manfaatkan Video Call, Cara Pertamina Antisipasi Virus Corona

05/03/2020

Pasar mobil

5 menit

Beberapa kebijakan baru dilakukan sebagai bentuk Pertamina antisipasi virus corona menyebar di kalangan karyawannya. Antara lain melarang berpergian keluar negeri dan memanfaatkan video call.

Lihat juga