Berikut Tips Cegah Sakit Pinggang Akibat Menyetir Mobil

29/05/2021

Pengemudian

5 menit

Apakah Anda sering mengalami sakit pinggang saat menyetir? Berikut ini adalah tips mencegah cegah sakit pinggang akibat menyetir mobil. Simak lengkap di sini!

Menyetir mobil terlalu lama bisa menyebabkan sakit pinggang untuk para pengemudi. Sakit pinggang akibat menyetir mobil memang umum dirasakan pada pengemudi yang menyetir terlalu lama dan kurang beristirahat. Akibatnya aktivitas ikut terhambat.

Penyebab Munculnya Sakit Pinggang Karena Menyetir

Alasan munculnya sakit pinggang akibat menyetir bermacam-macam. Tergantung bagaimana kondisi tubuh masing-masing dan juga kondisi selama menyetir mobil. Penyebab sakit pinggang satu pengemudi berbeda dengan yang lainnya. Berikut ini adalah penyebab sakit pinggang yang sering muncul karena menyetir.

1. Posisi Menyetir yang Salah

Salah satu penyebab sakit pinggang akibat menyetir mobil adalah posisi menyetir yang salah. Posisi menyetir harus disesuaikan dengan postur tubuh mengemudi agar tidak menimbulkan sakit pinggang. Jika mobil Anda dilengkapi dengan pengaturan kemudi, maka Anda bisa melakukan pengaturan bagaimana posisi kemudi yang paling nyaman untuk Anda. 

Tempat duduk juga sama halnya. Untuk kenyamanan, pastikan tempat duduk Anda empuk dan memiliki sandaran yang nyaman pula. Anda bisa menambahkan bantal leher atau bantal duduk di jok mobil Anda agar Anda tidak terkena sakit pinggang. 

posisi menyetir yang salah dapat mengakibatkan sakit pinggang

Posisi mengemudi harus pas agar tak menyebabkan sakit pinggang

>>> Mencari Posisi Mengemudi Ideal, Perhatikan Empat Hal ini

2. Menyetir Terlalu Lama Tanpa Istirahat

Alasan lain yang menjadi penyebab sakit pinggang karena menyetir mobil adalah waktu menyetir yang terlalu lama dan tanpa istirahat. Hal ini selain mengakibatkan sakit pinggang, bisa menjadi salah satu pemicu kecelakaan.

Kelelahan selama menyetir menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas tertinggi. Untuk itulah jika Anda berencana menyetir terlalu lama, pastikan Anda mengatur waktu Anda untuk beristirahat. Selain untuk menghindari sakit pinggang, Anda juga bisa selamat sampai lokasi tujuan.

>>> Tips Mengemudi Aman untuk Perempuan

3. Kondisi Tubuh yang Kurang Fit

Salah satu yang juga menjadi penyebab paling umum sakit pinggang karena menyetir adalah kondisi tubuh yang kurang fit. Ketika kondisi tubuh tidak terlalu sehat, maka tubuh juga akan mudah lelah. Ini menjadi pemicu sakit pinggang di beberapa pengemudi. Mengetahui kondisi tubuh sebelum menyetir adalah hal yang juga penting. Jika rasanya Anda merasa terlalu lelah atau kurang enak badan, maka lebih baik Anda tidak menyetir terlalu lama agar tidak sakit.

Tiga penyebab di atas adalah penyebab yang paling umum terjadi pada sakit pinggang karena menyetir. Tentunya Ada penyebab lain yang lebih kecil seperti stres, kurang olahraga, atau bahkan medan yang tidak terlalu bagus untuk dilalui pengemudi.

ilustrasi orang sakit pinggang karena kelamaan menyetir

Orang sedang mengalami sakit pada pinggang karena menyetir 

Anda perlu memahami kondisi tubuh Anda dan juga bagaimana medan serta lama mengemudi. Jadi Anda bisa mempersiapkan diri Anda untuk menyetir tanpa harus terkena sakit pinggang karena menyetir.

>>> Pengendara Wanita Harus Tahu, Kalau Fisik Tak Prima Mending Tidak Menyetir

Tips Cegah Sakit Pinggang Karena Menyetir 

Agar mengemudi lebih aman dan nyaman, penting sekali bagi Anda menjaga kondisi tubuh Anda. selain itu, pastikan juga kondisi kendaraan dalam keadaan yang baik dan berfungsi secara sepenuhnya. Berikut ini adalah tips cegah sakit pinggang agar mengemudi lebih aman dan nyaman:

1. Lakukan Peregangan Sebelum Menyetir

Agar otot tidak mudah kaku, melakukan peregangan sebelum menyetir bisa menjadi tips cegah sakit pinggang yang baik. Peregangan yang bisa Anda lakukan adalah peregangan sederhana dan tidak perlu gerakan yang terlalu berat.

Misalnya saja peregangan lengan, kaki, leher, dan punggung. Peregangan yang rutin dilakukan akan membantu melemaskan otot sehingga tidak mudah kaku selama Anda menyetir. Lakukan peregangan di sela-sela Anda menyetir juga. Pastikan Anda mendapatkan waktu istirahat ketika Anda mengemudi jarak jauh, lalu lakukan peregangan saat istirahat. Otot-otot yang kaku akan lebih rileks setelah peregangan dan Anda akan siap menyetir kembali.

>>> Deretan 11 Setir Mobil Unik yang Pernah Ada di Dunia

2. Mengatur Kemudi dan Tempat Duduk

Kemudi dan tempat duduk yang tidak nyaman bisa menjadi alasan mengapa sakit pinggang bisa muncul saat menyetir. Posisi kemudi yang tidak sesuai dengan postur tubuh membuat pengemudi sedikit membungkuk atau bahkan duduk terlalu tegak. Tentunya posisi ini sangat tidak nyaman apalagi jika harus menyetir dalam jangka waktu yang cukup lama.

atur posisi duduk saat mengemudi

Mengatur posisi duduk saat mengemudi penting dilakukan 

Tidak hanya itu saja, jok mobil juga perlu diatur agar proses mengemudi menjadi lebih nyaman. Jok mobil yang terlalu keras atau terlalu kebelakang bisa membuat pengemudi kesusahan. Ini bisa mengakibatkan sakit pinggang pada pengemudi.

Anda bisa mengatur kemudi mobil dan juga jok mobil Anda agar lebih nyaman digunakan. Kemudi mobil bisa disesuaikan dengan postur tubuh Anda agar lebih nyaman. Untuk jok mobil, Anda bisa menambahkan bantalan atau sandaran leher agar lebih terasa nyaman.

>>> Wanita Harus Tahu! Begini Posisi Duduk yang Benar saat Nyetir

3. Berhenti untuk Istirahat

Seringkali pengemudi lupa dengan waktu istirahat. Karena sudah terlalu asyik menyetir, pengemudi mengabaikan waktu istirahat. Ini bisa menjadi penyebab sakit pinggang akibat menyetir mobil juga. Penting sekali untuk beristirahat jika Anda menempuh perjalanan jauh.

Pastikan Anda mengelola waktu Anda agar Anda memiliki waktu untuk beristirahat. Sehingga Anda tidak kelelahan saat mengemudi. Lakukan peregangan saat beristirahat dan jika Anda merasa mengantuk, Anda bisa tidur sebentar.

kurang beristirahat dapat menjadi pemicu sakit pinggang

Kurang isirahat bisa menjadi penyebab timbulnya sakit pinggang akibat menyetir mobil 

4. Menjaga Stamina Tubuh

Selain banyak istirahat, Anda juga bisa menjaga stamina tubuh dengan cara rajin berolahraga, makan makanan bergizi, banyak minum air putih, dan juga beristirahat yang cukup.

Dengan rutin menjaga kondisi tubuh, maka tubuh Anda akan selalu dalam keadaan fit sehingga Anda tidak mudah lelah atau mengalami sakit pinggang. Tidak hanya itu saja, Anda juga lebih bisa berkonsentrasi selama menyetir.

Sakit pinggang karena menyetir bisa sangat mengganggu. Jika memang sakit pinggang yang Anda rasakan cukup tidak nyaman, Anda bisa mengoleskan balsem, minyak atau menempelkan koyo pada pinggang Anda untuk meredakan rasa sakit. Akan tetapi, jika rasa sakit terus berlanjut, maka Anda perlu menghubungi dokter untuk pemeriksaan medis yang lebih akurat.

>>> Pertama di Dunia, Fitur Honda Ini Bikin Santai Tanpa Harus Mengemudi

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.

 
back to top