Cara Sederhana Mencegah Penularan Virus Lewat Udara di Kabin Mobil

15/07/2020

Pengemudian

3 menit

Cara Sederhana Mencegah Penularan Virus Lewat Udara di Kabin Mobil
Masa pandemi Covid-19 seperti saat ini menjaga kesehatan merupakan hal yang cukup penting. Termasuk mencegah penularan virus lewat udara di kabin mobil.

Kuman dan penyakit/virus di sekitar kita  bisa menyebar melalui partikel-partikel kecil di udara. Seperti virus flu, risiko penularan  bisa terjadi melalui udara terlebih di ruang tertutup dan ramai serta kondisi tubuh kita sedang tidak fit. Di sisi lain, kabin mobil merupakan lingkungan tertutup dan terbatas, apalagi saat Anda menggunakan AC selama perjalanan.

AC mobil menganut sistem sirkulasi tertutup yang memanfaatkan udara di dalam kabin untuk didinginkan dan diembuskan kembali via kisi AC di dasbor atau blower di atap. Oleh karena itu, Anda wajib menjaga kebersihan kabin dan AC mobil untuk mencegah penularan virus lewat udara. Bagaimana langkah yang bisa Anda lakukan?

>>> Semprot Mobil dengan Desinfektan Secara Berkala pada Fase New Normal

Gambar menunjukan Jendela mobil

Buka jendela selama 2-3 menit setiap 1 jam sekali

1. Pakai Masker di Dalam Mobil

Sebaiknya tetap memakai masker di dalam mobil, terutama jika penumpang lain tidak tinggal di rumah yang sama.

2. Bersihkan Kokpit Mobil

Setiap pagi, selalu bersihkan area kokpit mobil, seperti dasbor, konsol tengah, dan panel pintu menggunakan pembersih interior yang ramah lingkungan dan bisa Anda dapatkan di Auto2000 Digiroom. Bersihkan pula lantai dan karpet di bagian penumpang depan karena udara dari wilayah tersebut yang dimanfaatkan oleh sistem AC mobil.

>>> Begini Cara Cuci Mobil untuk Menghilangkan Virus Corona

3. Buka Jendela Secara Berkala

AutoFamily bisa sedikit membuka jendela selama 2-3 menit setiap 1 jam sekali untuk membuat udara di dalam kabin bersirkulasi dengan udara luar untuk mencegah penularan virus lewat udara. Atau bisa pula memanfaatkan tombol sirkulasi di panel AC untuk mengalirkan udara luar ke dalam kabin mobil.

>>> Polisi Akan Tilang 15 Jenis Pelanggaran Lalin di Masa PSBB Transisi

4. Jaga Kebersihan Filter Kabin AC

Banyak pemilik mobil yang tidak tahu keberadaan filter kabin AC. Padahal, filter ini mempunyai tugas penting untuk membersihkan udara dari kabin yang akan didinginkan kembali. Jika filter ini tidak bekerja optimal, maka kotoran yang terbawa ke dalam sistem AC akan ikut diembuskan kembali ke dalam kabin.

5. Pastikan Evaporator Bersih

Evaporator bertugas mendinginkan udara yang diambil dari dalam kabin untuk diembuskan lagi lewat kisi AC. Pipa evaporator rawan bakteri, jamur dan virus karena lembab dan kotor, terutama bila AutoFamily alpa mengganti filter kabin AC.

6. Manfaatkan Program Sehat Toyotaku

Program Sehat Toyotaku, Ready For New Normal berisi paket servis berkala yang dibuat secara parsial sesuai kebutuhan di masa New Normal. Program ini memiliki 5 paket, dimana 2 paket di antaranya bisa dimanfaatkan untuk membersihkan kabin dan menjaga kinerja AC mobil.

Yang pertama adalah Paket Servis AC, yaitu teknisi Auto2000 akan mengecek dan membersihkan sistem AC mobil, termasuk mengganti filter kabin AC dengan diskon part 10%. Kedua adalah Paket Cabin Treatment, dengan membersihkan kabin mobil disertai potongan harga jasa 20%.

>>> Review Lexus LM 350 2020: Bukan Sekadar Alphard Berlogo 'L'

Gambar menunjukan Bengkel Auto2000

Bengkel resmi Auto2000

Selain kedua paket tersebut, program Sehat Toyotaku, Ready For New Normal masih memiliki 3 paket lain. Pertama adalah Paket Ganti Oli, berisi gratis 1 liter oli untuk jasa ganti oli TMO Synthetic 10W-40. Kedua adalah Paket Servis Rem, dimana teknisi Auto2000 mengecek dan membersihkan seluruh komponen rem. Ketiga adalah Paket Tune Up yang membuat proses pengecekan kondisi mesin dan komponen pendukungnya terasa ringan di kantong lantaran hemat biaya jasa hingga 50% dari harga normal.

Program Sehat Toyotaku, Ready For New Normal hanya bisa dimanfaatkan via booking service di aplikasi atau website Auto2000 Digiroom dengan memasukkan kode promo sesuai ketentuan seperti berikut : “STPAKETOLI” untuk booking pekerjaan Paket Ganti Oli, “STPAKETREM” untuk booking pekerjaan Paket Servis Rem, “STPAKETTUNEUP” untuk booking pekerjaan Paket Tune Up, “STPAKETAC” untuk booking pekerjaan Paket AC,  dan “STCABIN” untuk booking pekerjaan Paket Cabin. Berlaku hingga September 2020, AutoFamily dapat menggunakan lebih dari 1 paket dalam 1 kali servis. Untuk keterangan lebih lengkap, AutoFamily bisa sambangi Auto2000 Digiroom.

“Menjaga kesehatan dan kebersihan kabin dan AC mobil penting untuk kita lakukan, supaya mudah dan nyaman, program Sehat Toyotaku dibuat untuk membantu AutoFamily menjaga kebersihan kabin dan sistem AC dengan harga terjangkau. Segera manfaatkan program ini melalui website Auto2000.co.id, karena di Auto2000 Urusan Toyota Lebih Mudah” jelas Ricky Martawijaya, Aftersales Division Head Auto2000, Selasa (14/7/2020).

>>> Tips & trik terbaru dan mernarik lainnya hanya ada di Cintamobil.com

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top