Cara Paling Efisien Membuka Pintu Mobil Tanpa Kunci

26/04/2018

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Cara Paling Efisien Membuka Pintu Mobil Tanpa Kunci
Terkadang, manusia tidak luput dari kesalahan dan kecerobohan. Kecerobohan yang paling mungkin terjadi adalah meninggalkan kunci mobil di dalam mobil. Membuka pintu mobil tanpa kunci memang sulit dilakukan, tapi bukan berarti mustahil untuk dikerjakan.

Menutup pintu mobil dengan kunci masih tertinggal di dalam kabin bukanlah kejadian langka yang jarang terjadi. Banyak pengemudi yang terlupa dan akhirnya harus bersusah payah membuka pintu tanpa kunci. Untuk keadaan darurat, ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk membuka pintu mobil tanpa kunci, diantaranya adalah:

1. Pilih kunci manual dengan pasak

Ada beberapa jenis pasak sederhana yang bisa digunakan, seperti plastic, vinil, dan logam. Anda harus menggunakannya untuk menarik pintu dan menciptakan ruang yang cukup untuk memasukkan batang logam tipis dan panjang untuk menarik pin pintu yang terkunci.

Perhatikan cara membuka intu mobil dengan pasak angin

Anda juga bisa menggunakan ganungan baju sebagai pengait untuk mengambil pin pengunci dan menariknya. Hati-hati jangan sampai merusak weather stripping yang ada pada pintu mobil. Ingat, semua kerusakan yang terjadi karena pembukaan paksa menjadi tanggung jawab Anda.

>>> Baca juga Masalah umum pada kunci fob yang biasa terjadi

2. Membuka kunci otomatis

Gambar yang menunjukan seorang yang sedang membuka pintu mobil tanpe menggunakan kunci

Gunakan alat pipih untuk membuka kunci otomatis pada pintu mobil

Jika mobil memiliki kunci otomatis, gunakan alat irisan yang bisa membuat ruang antara badan dan pintu mobil. Jika kunci otomatis terletak di sandaran tangan sisi pengemudi, Anda bisa mengaktifkannya hanya dengan menekan pengunci tersebut dengan batang logam tipis. Jika tombol berada di konsol tengah, pasang pengait pada ujung alat atau gunakan gantungan baju untuk mencapai kunci.

3. Membuka pintu dengan slim jim

Slim jim adalah logam tipis yang digunakan untuk membuka pintu mobil. Diperlukan beberapa latihan untuk membuka pintu mobil yang terkunci dengan alat ini. Salah-salah, Anda bisa merobek wheater stipping atau kabel yang berada di antara pintu mobil.

Berikut cara menggunakn slim jim untuk membuka pintu mobil

Untuk menggunakannya, masukan alat ke dalam sisi antara kaca dan pintu mobil pada pintu penumpang, karena pintu pengemudi memiliki lebih banyak kabel. Dorong slim jim melalui weather stripping dan gunakan ujung kaitnya untuk menggenggam bagian dalam mekanisme penguncian yang ada di bawah pin pengunci. Setelah kait memegang kunci dengan kuat, tariklah untuk melepaskan kunci.

>>> Baca juga tips mengemudi lainnya disini

4. Masuk melalui bagasi

Gambar yang menunjukan bagian bagasi mobil yang terbuka

Bagasi bisa menjadi celah masuk ke dalam mobil

Jika mobil memiliki kunci manual, ada kemungkinan bagasi terbuka meskipun pintu terkunci. Dalam hal ini, Anda bisa masuk ke dalam mobil melalui bagasi. Buka bagasi dan dorong kursi belakang ke depan sampai ada celah yang cukup luas bagi Anda untuk merangkak ke dalam. Kemudian Anda bisa membuka pintu mobil secara manual.

Selalu ingat bahwa jika Anda menggunakan alat untuk membuka pintu mobil tanpa kunci, Anda membutuhkan waktu yang cukup lama. Berhati-hatilah untuk tidak merusak bagian dalam pintu mobil serta kabel-kabel pada pintu. Dan jangan lupa, selalu berjaga-jaga untuk konsekuensi kesalahan manual dalam pengoperasian tips di atas.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

 
back to top