Cara Mudah Memperhatikan Kondisi Mobil, Manfaatkan Smartphone

15/03/2019

Pengemudian
Share this post:
Cara Mudah Memperhatikan Kondisi Mobil, Manfaatkan Smartphone
Ada banyak sekali hal yang harus diperhatikan para pemilik mobil, mulai dari menjaga kondisi 'kesehatan' dan kebersihannya hingga cara memperlakukannya dengan baik selayaknya bagian dari keluarga. Semuanya terlihat rumit, namun dengan memanfaatkan smartphone Anda sebagai pemilik mobil bisa lebih mudah untuk memperhatikan kondisi mobil kesayangan.

Foto fitur Android Auto di smartphone

Teknologi transportasi dan komunikasi saling berkaitan satu sama lain

Kemajuan teknologi saat ini telah merambah ke semua bidang kehidupan, termasuk transportasi. Dengan teknologi, mobil-mobil sekarang tampil lebih canggih dengan beragam fitur kenyamanan, keselamatan dan keamanan. Hanya saja untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, ada perlakuan yang harus diperhatikan dengan kondisi mobil. Mobil memerlukan perawatan, jika ada yang kotor perlu dibersihkan, jika ada fitur atau komponen yang tidak berfungsi perlu adanya perbaikan atau pergantian, dan masih banyak lagi yang harus dilakukan.

Semua akan terlihat rumit karena Anda tidak mungkin melakukannya sendiri. Anda harus menyerahkan kepada ahlinya untuk hal-hal yang tidak Anda ketahui. Dengan adanya smartphone di tangan, Anda bisa memanfaatkannya untuk mencari banyak informasi yang dibutuhkan berkaitan dengan cara memperhatikan kondisi mobil dan yang lain.

>>> 5 Cara Cepat Mengetahui Kondisi Mesin Mobil Bekas

Informasi Seputar Mobil Yang Bisa Diperoleh Dengan Memanfaatkan Smartphone

1. Video Tutorial

Gambar screenshot tutorial di Youtube mobile

Ada banyak tutorial seputar mobil yang bisa diperoleh dengan perangkat smartphone

Apapun panduan yang Anda inginkan mulai dari cara mengemudi yang baik, cara mengganti ban yang pecah hingga cara mencuci mobil yang benar bisa Anda peroleh melalui smartphone. Bukalah Youtube dan ketik panduan apa yang Anda inginkan di kolom pencarian, situs akan memberikan hasil paling relevan dengan keinginan Anda.

2. Katalog Komponen Mobil

Ada komponen mobil Anda yang butuh diganti, silahkan datang ke toko sparepart atau bengkel resmi. Sudah tentu Anda butuh meluangkan waktu sebab toko atau bengkel resmi jauh dari tempat Anda. Melalui smartphone Anda lebih mudah mengetahui lokasi komponen itu bisa dibeli dan kisaran harganya. Anda juga bisa membandingkan dengan penjual yang lain jika kurang yakin dengan harga yang ditawarkan penjual pertama.

>>> Ingin membeli mobil baru? Lihat dulu daftarnya di sini

3. Lokasi Bengkel Terdekat

Mobil butuh perawatan segera karena suatu masalah yang datang tiba-tiba. Sementara Anda berada di luar kota, Anda pasti tidak tahu dimana lokasi bengkel resmi terdekat. Dengan bantuan smartphone Anda lebih mudah mengetahui lokasi bengkel resmi terdekat. Buka saja situs resmi Agen Pemegang Merek (APM) lalu cari lokasi bengkel terdekat. Jika Anda tidak mungkin membawa kesana karena suatu alasan, Anda bisa memanfaatkan layakan servis di tempat dengan menghubungi nomor telepon yang tertera di sana.

>>> Demi Hadirkan Pelayanan Terbaik, Peugeot Indonesia Renovasi Salah Satu Diler Resmi di Jakarta

4. Spesifikasi dan fitur mobil

Gambar screenshot spesifikasi mobil Mazda CX-5

Dengan smartphone bisa lebih mudah untuk mengetahui spesifikasi mobil tanpa harus ke diler

Menurut banyak tenaga penjual, tren penjualan saat ini telah bergeser. Tidak lagi survei langsung dealer terdekat tapi mengakses segala informasi melalui smartphone. Informasi apapun yang berkaitan dengan spesifikasi mobil, fitur kelengkapan hingga harga jual saat ini dan testimoni para pengguna sebelumnya bisa diperoleh. Ini memberi kemudahan Anda yang ingin membeli mobil baru karena Anda tidak perlu datang langsung ke dealer untuk mengetahui banyak informasi tentang mobil sekaligus mengurangi keragu-raguan pada mobil yang ingin Anda beli.

>>> Tips pengemudian terbaru dan terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

5. Jadwal perawatan

Anda bisa memanfaatkan smartphone untuk mengagendakan jadwal perawatan mobil Anda, mulai dari kapan saat ganti oli, timing belt, pemeriksaan tekanan ban dan yang lain. Pokoknya semua yang berkaitan dengan masalah penjadwalan bisa dicatat secara mendetail.

6. Penunjuk jalan

Meski jadi kontroversi soal dilarangnya mengemudi sambil menggunakan perangkat GPS, hal itu tidak bisa menghilangkan penilaian bahwa GPS yang bisa diakses lewat smartphone telah memberi pertolongan besar kepada para pengemudi sehingga tidak tersesat dan salah jalan. Ini juga berkaitan dengan masalah memperhatikan kondisi mobil. Dengan perjalanan yang lancar dan tidak salah jalan, keamanan lebih terjamin dibanding tersesat di jalan sunyi.

>>> GPS Tracker Kreasi Anak Indonesia Siap Jaga Kendaraan dari Potensi Pencurian

Gambar screenshot Google Maps

Meski bisa menunjukkan jalan, sebaiknya Anda tidak terlalu bergantung pada Google Maps

Tidak perlu patah arang lalu tidak memanfaatkan perangkat penunjuk jalan ini. Anda bisa menyiasatinya dengan cara mempersiapkan diri sebelum berangkat seperti memahami rute yang bakal dilalui. Di saat mengemudi tak perlu lagi membuka smartphone karena sudah ada dalam ingatan. Jika kemudian lupa, Anda bisa menepi dan berhenti untuk melihat kembali rute perjalanan Anda di smartphone. Cara ini akan lebih aman dibanding Anda mengemudi sementara fokus terbagi antara melihat kondisi jalanan sambil melihat perangkat GPS.

7. Pengingat waktu setoran

Memperhatikan kondisi mobil tak melulu pada menjaga kondisi fisik mobil, tapi juga hal-hal lain yang berkaitan dengan keberadaan mobil. Salah satunya adalah waktu angsuran jika mobil dibeli dengan cara kredit. Smartphone bisa bermanfaat sebagai pengingat jadwal setoran bulanan. Beberapa leasing menerapkan kebijakan pengingat waktu setoran bila tanggal sudah dekat melalui SMS.

Gambar screenshot cari dealer Mitsubishi melalui smartphone

Ada masalah di jalan, manfaatkan untuk mencari lokasi diler dan bengkel resmi terdekat

>>> Baca juga tips dan trik mobil lainnya disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top