Cara Menyetir Mobil Saat Hujan

28/04/2017

Pengemudian
Share this post:
Cara Menyetir Mobil Saat Hujan
Pastikan ketinggian air, segera matikan mesin jika jalan di depan penuh dengan air, tutup ujung knalpot dan ganjal dengan jack stand, jangan langsung menyalakan mesin jika mobil terendam adalah cara membantu Anda selamat menyetir mobil saat hujan.

Pada musim hujan beberapa wilayah dan kota di Indonesia selalu tenggelam dalam air dan terkena banjir. Hujan terus menerus membuat jalan basah dan penuh dengan air jadi pengemudi sangat  susah untuk berkendara dengan normal. Jika harus berkendara dalam kondisi hujan, jangan melewati tips-tips berikut ini.

mobil-mobil di jalan basah dan hujan
Mengemudi mobil saat hujan

1. Pastikan Ketinggian Air

Jika terpaksa menyetir mobil melewati banjir, sebaiknya Anda harus memastikan ketinggian air dahulu. Caranya sangat mudah yaitu melihat kendaraan di depan  jika kendaraan tersebut bisa melewati jalan dengan aman maka Anda bisa melanjutkan perjalanan.

2. Segera Matikan Mesin

Jika sedang berjalan dan melihat jalan di depan penuh dengan air, Anda harus segera mematikan mesin mobil. Kalau lebih teliti, Anda bisa cabut aki dan mendorong mobil ke tempat yang lebih aman dan lebih tinggi.
>>> Klik sini untuk mengetahui tips dan trik mengemudi mobil lainnya

 

mobil satu bersatu melewati genangan air
Menyetir saat hujan deras

3. Tutup Ujung Knalpot dan Ganjal Dengan Jack Stand

Kalau mobil tidak bisa dievakuasi saat banjir, segera menutupi ujung knalpot dan lalu cabut aki dan dongkrak mobil kemudian ganjal dengan jack stand.

4. Jangan Langsung Nyalakan Mesin

Jika mobil Anda terendam dan banjir surut, sebaiknya jangan langsung menyalakan mobil segera. Periksa saringan udara, perlengkapan kelistrikan, oli, hingga pengapian.
>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman, tips dan trik pemakaian mobil

Share this post:
 
back to top