Cara Mengurangi Blind Spot agar Terhindar dari Kecelakaan

04/09/2020

Pengemudian

5 menit

Share this post:
Cara Mengurangi Blind Spot agar Terhindar dari Kecelakaan
Selain mengemudi asal-asalan dan kondisi mobil tidak prima, blind spot adalah salah satu penyebab kecelakaan lalu lintas. Bagaimana cara mengurangi blind spot?

Pernah mendengar istilah titik buta atau blind spot? Ini adalah istilah yang cukup penting saat mengemudi mobil, karena menyangkut keamanan dan keselamatan di jalan raya.

Namun, blind spot kerap kali dilupakan oleh para pengemudi. Khususnya pengemudi awam, ini cukup berbahaya karena hal ini bisa memicu kecelakaan lalu lintas. Memangnya apa sih itu, terus bagaimana cara mengatasi blind spot? Baca artikel ini sampai tuntas ya.

Posisi blind spot mobil yang harus diwaspadai

Kira-kira seperti ini area blind spot mobil yang harus diwaspadai

Blind spot adalah titik yang ada di tiap kendaraan di mana pengendara atau pengemudi tidak dapat melihat suatu area pandang tertentu.  Biasanya, lokasi blind spot tiap kendaraan itu berbeda-beda, biasanya disebabkan jangkauan spion yang cukup terbatas, muatan yang dibawa menghalangi pandangan, atau desain kendaraan.

Cara mengatasi blind spot

Memang, sekarang sudah ada beberapa teknologi yang dapat membantu pengemudi mengatasi blind spot seperti Blind Spot Monitoring (BSM). Yang bisa memonitor kendaraan dari berbagai arah, termasuk sisi yang sulit terlihat mata.

>>> Jual mobil bekas & Baru terbaik dan termurah

Fitur Blind Spot Monitoring

Fitur Blind Spot Monitoring di mobil modern

Selain itu, Anda juga bisa melakukan beberapa cara untuk mengurangi blind spot yang menganggu saat berkendara, apa saja sih?

1. Mengatur kaca spion

Mengatur kaca spion mobil

Pastikan posisi kaca spion dapat meminimalisir blind spot mobil

Kaca spion hadir sebagai solusi untuk mengurangi blind spot saat berkendara, namun agar kerjanya optimal baiknya diatur lebih dulu untuk meminimalisir blind spot.

Untuk mobil ada tiga kaca yang bisa diatur, dua kaca spion di kanan dan kiri, dan satu di tengah. Pengaturan posisi kaca spion luar kiri dan kanan yang ideal adalah jika pengemudi dapat melihat dengan jelas kondisi yang ada di belakangnya. Tidak cuma jalan, tapi juga sepertiga dari bagian belakang mobil.

2. Tambah blind spot mirror

Kaca tambahan untuk mengurangi blind spot

Blind spot mirror baiknya dipasang di sisi dalam kaca spion mobil

Jika sudah mengatur kaca spion namun dirasa masih kurang, Anda bisa menambahkan kaca tambahan untuk mengurangi blind spot. Biasanya cermin kecil berbentuk cembung yang ditempelkan di kaca spion utama.

>>> Tips & trik mengemudi mobil dengan aman di semua kondisi jalan bisa Anda simak di sini

Posisi yang tepat dalam memasang blind spot mirror ini ada di sisi dalam atas atau bawah kaca spion utama, posisi tersebut dapat memperluas pandangan ke belakang yang tidak tertangkap kaca spion utama.

Namun, patut diperhatikan karena sifat cermin cembung maka bayangan yang ada di cermin ini terlihat lebih jauh daripada jarak sebenarnya.

3. Cara mengemudi

Mengendarai mobil

Cara Anda menyikapi blind spot juga krusial dalam keselamatan berkendara

Untuk mengurangi blind spot, Anda juga harus sangat memperhatikan cara mengemudi, hindari manuver secara tiba-tiba tanpa memberi tanda seperti klakson atau lampu sein.

Selain itu, pastikan juga tidak menyalip kendaraan di depan dari sisi kiri, kenapa memang? Karena sisi tersebut adalah titik terjauh dari pengemudi yang duduk di kanan, sehingga posisi Anda bisa jadi tidak terlihat karena posisi tersebut merupakan salah satu titik blind spot mobil.

Dengan ketiga cara di atas, Anda bisa meminimalisir blind spot dan menjaga keselamatan Anda dan pengguna jalanan lain saat berkendara. Untuk tips & trik lain yang tak kalah menariknya bisa Anda lihat pada link di bawah ini.

>>> Pengalaman, tips & trik merawat dan servis mobil di Indonesia

Share this post:
Derry Munikartono Ahnas Putra
Penulis
Derry Munikartono Ahnas Putra
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Hati-hati, Blind Spot Adalah Penyumbang Kecelakaan di Jalan Raya!

08/04/2020

Pengemudian

8 menit

Sering pengemudi tidak memahami jika blind spot adalah penyumbang kasus kecelakaan yang cukup tinggi di jalan raya. Penyebabnya adalah pengemudi tersebut tidak mengerti tentang area-area blind spot.

Lihat juga

Hindari Celaka Dengan Mengurangi Area Blind Spot

28/09/2019

Pengemudian

3 menit

Kecelakaan di jalan raya salah satu penyebabnya ialah karena pandangan kurang aman pada sisi kanan dan kiri mobil. Ketika mendahului atau mengambil jalur lain di jalan raya, seringkali pengemudi mengalami blind spot. Agar bisa terhindar dari celaka, Anda bisa mengurangi area blind spot saat mengemudi.

Lihat juga

Viral Video Seorang Anak Tertabrak Mobil Saat Jongkok Di Area Blind Spot

01/10/2018

Pasar mobil

Hati-hati dengan area blind spot atau titik buta. Sebuah video viral di media seorang anak tertabrak mobil saat jongkok di area berbahaya itu. Bagaimana ceritanya?

Lihat juga

Mengetahui Area Blind Spot Truk Yang Perlu Diwaspadai

12/04/2018

Pengemudian

Blind spot merupakan area yang tidak terlihat oleh sopir truk saat berada di jalanan. Area ini bisa dibilang berbahaya karena bisa saja truk berbelok dan tidak tahu bahwa terdapat kendaraan lain di sampingnya atau di belakangnya. Oleh sebab itu, bagi pengendara sebaiknya berhati-hati dengan area blind spot truk jika ingin menyalip.

Lihat juga

Mengetahui Blind Spot atau Titik Buta Pada Mobil

01/02/2018

Pengemudian

Kebanyakan pengemudi mengetahui untuk menghindari titik buta atau blind spot ketika berkendara. Namun, sedikit sekali yang mengerti apa blind spot itu sebenarnya. Mengetahui blind spot merupakan salah satu cara untuk menghadirkan perjalanan yang aman.

Lihat juga