Rincian dan Cara Menghitung Biaya Balik Nama Mobil Bekas Tahun 2021

19/05/2021

Pengemudian

6 menit

Melakukan balik nama mobil bekas yang dibeli adalah keharusan. Jika Anda bingung cara menghitung biaya balik nama untuk mobil, berikut perkiraan rincian biaya balik nama mobil.

Jika Anda berniat membeli mobil bekas, salah satu hal terpenting yang harus dilakukan adalah melakukan balik nama. Hal ini penting dilakukan karena mobil akan berpindah tangan ke pemilik baru. Setelah melakukan balik nama mobil, Anda tidak perlu repot saat akan membayar pajak mobil. Sayangnya proses balik nama berbeda-beda tiap daerah. Namun secara garis besar, cara menghitung biaya balik nama mobil tidak jauh berbeda.

Pada dasarnya perhitungan biaya balik nama mobil dikenakan dua jenis biaya yaitu biaya pajak dan biaya diluar pajak. Biaya pajak mudah dilihat karena tertera pada STNK mobil. Sementara biaya diluar pajak adalah total dari seluruh tagihan yang tertera di STNK. Agar tidak bingung, berikut cara hitung biaya balik nama mobil tahun 2021 yang harus Anda ketahui. 

Komponen Biaya Balik Nama Mobil 2021

Sebelum kita menghitung biaya balik nama mobil, tidak ada salahnya mengetahui pentingya melakukan balik nama setelah membeli mobil bekas. Perlu Anda ketahui membayar pajak mobil atau Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) anara mobil baru dan bekas sangat berbeda. Untuk mobil bekas salah satu syaratnya adalah KTP pemilik mobil. Jika identitas pada STNK dan BPKB mobil bekas masih atas nama pemilik lama Anda harus meminjam KTP-nya. Agar tidak repot sangat dianjurkan setelah membeli mobil bekas sesegera mungkin melakukan balik nama kendaraan. 

Elemen biaya yang harus dibayar dalam proses balik nama tahun 2021 mobil ada beberapa biaya. Seluruh biaya pengurusan ini ditanggung oleh pemilik baru mobil bekas. Berikut komponen biaya yang harus dibayar dalam proses perhitungan biaya balik nama mobil.

1. BBN-KB (Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor) 

Biaya ini ditetapkan oleh tiap daerah masing-masing. Maka dari itu besarnya BBN-KB tiap daerah akan berbeda.Contohnya di Jakarta sendiri. Biaya yang dibebankan untuk BBN-KB sebesar 1% dari harga beli mobil.

2. Biaya Penerbitan STNK, TNKB, BPKB, Surat Mutasi

Menurut PP No 60 tahun 2016 tentang jenis dan tarif PNBP Polri. Jumlah biaya penerbitan sekitar Rp 925 ribu.

bpkb diperlukan untuk biaya balik nama mobil

Balik nama mobil membutuhkan bpkb asli 

3. SWDKLLJ ( Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan) 

Ini adalah biaya yang dipatok oleh pemerintah untuk tambahan setiap perhitungan biaya balik nama mobil. Biaya yang dibebankan tidak besar, yaitu Rp 143 ribu untuk kendaraan non angkutan umum. Selain itu ada juga biaya pendaftaran yang berkisar antara Rp 75 ribu sampai Rp 100 ribu. Seluruh biaya ini di hitung biaya balik nama mobil. 

>>> 6 Provinsi Ini Berikan Keringanan Pajak dan Biaya Balik Nama Mobil

Cara Balik Nama Mobil Bekas 

Seluruh proses balik nama mobil bisa dilakukan di kantor Samsat terdekat. Sebelum melakukan simulasi cara menghitung biaya balik nama mobil, ada beberapa persyaratan dokumen yang harus disiapkan. Dokumen-dokumen penting yang harus Anda siapkan yaitu: 

  • Fotokopi KTP pemilik baru dan pemilik lama 
  • Fotokopi BPKB mobil
  • Fotokopi hasil pengesahan cek fisik kendaraan 
  • Fotokopi kuitansi pembelian dengan materai Rp 6000,00
  • Fotokopi tiap dokumen sebanyak dua rangkap untuk berjaga-jaga jika diperlukan.

1. Cek Fisik Mobil 

Untuk proses cek fisik kendaraan atau mobil akan dilakukan oleh petugas di kantor Samsat. Pengecekan ini meliputi gesek nomor rangka dan nomor mesin. Pada proses ini tidak ada biaya yang dikenakan. Sebaiknya Anda datang pagi-pagi untuk melakukan cek fisik untuk menghindari antrean panjang.

mengecek kondisi fisik mobil sebelum membeli

Anda bisa melakukan cek fisik kendaraan saat ingin membeli mobil bekas 

2. Proses Balik Nama Mobil

Setelah semua berkas lengkap Anda harus mengisi formulir yang disediakan loket tempat balik nama kendaraan. Jika sudah petugas akan melegalisir formulir dan memberikan tanda terima pembayaran balik nama mobil. 

3. Pengambilan Berkas-berkas

Dalam proses pengambilan bekas anda harus menunggu paling sebentar lima hari kerja hingga proses balik nama selesai. Untuk pengambilannya Anda langsung datang ke kantor Samsat dengan biaya Rp 10 ribu.

Itulah cara balik nama mobil bekas yang harus Anda ikuti, Sebenarnya balik nama mobil bisa diurus oleh perwakilan seperti biro jasa. Namun tentu ada biaya tambahan untuk hal itu. Jika Anda sempat tak ada salahnya mengurus semuanya sendiri. 

>>> Syarat Serta Biaya Mutasi dan Balik Nama Mobil Bekas

Biaya Balik Nama Mobil dan Mutasi

Jika Anda masih bingung bagaimana cara menghitung biaya balik nama mobil dan mutasi berikut perhitungan biaya balik nama mobil.

1. Biaya Mutasi Mobil Bekas

Sebagai langkah awal melakukan balik nama mobil bekas Anda harus melakukan mutasi mobil bekas dahulu. Dengan melakukan mutasi, plat nomor mobil akan berubah menjadi baru saat berpindah domisili. Hal ini wajib dilakukan oleh pembeli mobil bekas.Untuk Biaya mutasi Anda harus menyiapkan dana sebesar Rp 925 ribu sesuai dengan PP No 60 Tahun 2016 tentang jenis pajak dan tarif PNBP.

membeli mobil bekas perlu balik nama

Proses balik nama diperlukan saat membeli mobil bekas 

2. Biaya Balik Nama Mobil Bekas 

Berikut ini cara menghitung biaya balik nama mobil jika harga mobil bekasnya Rp 100 juta di DKI Jakarta. Di DKI Jakarta biaya BBNKB ditetapkan menjadi dua, yaitu: BBNKB untuk kendaraan baru sebesar 12% dan BBNKB untuk kendaraan bekas sebesar 1%. Jadi berikut simulasi cara menghitung biaya balik nama untuk mobil bekas. Berikut ini simulasi perhitungan BBNKB ditambah biaya lainnya jika membeli mobil bekas dengan harga Rp 100 juta.

  • BBNKB Rp 100 juta x 1% = RP 1 juta
  • Biaya pajak kendaraan bermotor Rp 100 juta x 2% + Rp 2.2 juta
  • Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) RP 143 ribu
  • Biaya administrasi STNK RP 50 ribu ‘
  • Biaya penerbitan STNK RP 200 ribu
  • Biaya penerbitan TNKB RP 100 ribu
  • Biaya penerbitan BPKB RP 375 ribu 
  • Biaya pendaftaran RP 100 ribu

Jadi total biaya yang harus dikeluarkan pada simulasi ini adalah Rp 3,968 juta. Cara ini juga bisa digunakan pada semua jenis mobil kecuali mobil angkut. 

>>> Proses Balik Nama Dan Biaya Pembuatan STNK Baru

Penampakan foto BPKB dan STNK

Anda bisa melakukan balik nama mobil di kantor Samsat

Biaya Balik Nama Mobil Lewat Biro Jasa

Bagi Anda yang tidak memiliki waktu luang untuk mengurus perhitungan biaya balik nama mobil tidak ada salahnya mencoba biro jasa. Dengan biro jasa, Anda bisa mempercayai segala pengurusan dan cara hitung biaya balik nama mobil. Anda hanya tinggal mempersiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan. Nantinya pihak biro jasa akan melanjutkan prosedur pengurusan.

Untuk mengurus biaya balik nama mobil biro jasa menetapkan tarif yang berbeda. Tarifnya berkisar antara 150 ribu – Rp 180 ribu. Angka ini bisa berubah-ubah sesuai dengan kebijakan biro jasa. Seluruh biaya diatas belum termasuk biaya administrasi lain.

>>> Cara Cabut Berkas Kendaraan Mobil dan Motor Beserta Biayanya

Cara Cek Biaya Balik Nama Mobil Online 

Melakukan balik nama adalah sebuah kewajiban jika anda membeli mobil second. Yang menjadi masalah adalah jika Anda tidak mempunyai banyak waktu pergi ke Samsat untuk mengurusnya. Anda bisa melakukan hitung biaya balik nama mobil secara online. Langkah pertama sebelum coba memulai cara menghitung biaya balik nama untuk mobil secara online adalah dengan melengkapi persyaratan sebagai berikut:

  • KTP asli
  • SKPD terakhir 
  • Kuitansi pembelian
  • STNK asli
  • BPKB asli
  • Bukti cek fisik kendaraan

orang sedang melihat hp untuk mengecek biaya balik nama online

Pengecekan biaya balik nama mobil bisa dilakukan secara online melalui ponsel 

Setelah semua berkas disiapkan, Anda bisa mengunjungi situs bapenda.jabarprov.go.id atau situs Bapenda daerah domisili. Setelah itu Anda bisa memasukan nomor registrasi kendaraan atau nomor polisi dan mengikuti langkah selanjutnya untuk mendapat jumlah pajak dan biaya lain. 

Itulah penjelasan mengenai cara menghitung biaya balik nama mobil bekas dan prosedurnya. Jika Anda membeli mobil bekas pastikan mobil tersebut dalam kondisi yang masih baik dengan melakukan pengecekan keseluruhan.

>>> Jangan lupa klik sini untuk lanjut simak tips dan trik yang berguna lainnya

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa biaya balik nama mobil 2021?
Menurut PP No 60 tahun 2016 tentang jenis dan tarif PNBP Polri. Jumlah biaya penerbitan sekitar Rp 925 ribu.
Berapa lama waktu proses balik nama mobil?
pada umumnya proses balik nama mobil atau mutasi memakan waktu satu bulan.
Berapa lama ganti plat nomor mobil?
Pada umumnya setiap 5 tahun sekali

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.

 
back to top