Cara Mengendarai Mobil dengan Gigi Mundur: Metode Garis Lurus

20/02/2018

Pengemudian
Cara Mengendarai Mobil dengan Gigi Mundur: Metode Garis Lurus
Mengemudi secara mundur bisa mengintimidasi pengemudi kurang berpengalaman. Karena roda yang Anda gunakan untuk mengarahkan berada di depan Anda saat mengendarai mobil dengan gigi mundur dan penglihatan Anda dikaburkan oleh kendaraan, mundur bisa menjadi salah satu tugas yang lebih sulit yang dihadapi pengemudi.

Dengan mengemudi perlahan dan memperhatikan lingkungan sekitar Anda, Anda dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk memundurkan kendaraan secara lebih baik. Karena itu, Cintamobil memberikan tips memundurkan mobil untuk metode mundur dalam garis lurus

1. Lakukan "cek 360 derajat"

Pemeriksaan "360 derajat" adalah saat Anda secara aktif memutar kepala dan bahu untuk melihat sekeliling kendaraan. Pastikan tidak ada jalan atau bergerak ke arah yang mungkin perlu Anda pertimbangkan sebelum mundur.

Gambar yang menunjukan pengemudi wanita sedang melihat ke arah belakang mobil

Cek sekeliling sebelum Anda mundur

Tidak apa-apa menggunakan kaca spion untuk membantu Anda melihat, namun penting untuk secara aktif melihat sekeliling untuk memastikan Anda tidak melewatkan apapun. Lalu, pastikan untuk melihat ke arah kedua sisi kendaraan Anda menggunakan kepala dan kaca spion untuk memastikan tidak ada orang atau hewan yang berada di jalan.

2. Letakkan kaki kanan di rem

Saat mengemudi maju atau mundur, kaki kanan Anda seharusnya berada di pedal gas atau rem. Jika mobil Anda dilengkapi dengan transmisi manual, kaki kirinya mengatur kopling, tapi di kendaraan dengan transmisi otomatis, kaki kiri tidak terpakai.

Gambar yang menunjukan sepatu yang diletakan sebagai pengganti kaki pada bagian pedal mobil

Letakkan kaki kanan di rem dan kaki kiri mengatur kopling

  • Tekan kaki kanan pada pedal rem dengan kuat, agar kendaraan tidak bergerak setelah memasukan gigi mundur pada kendaraan.
  • Pedal rem ada di tengah kendaraan yang dilengkapi dengan transmisi manual dan merupakan yang terjauh ke kiri di kendaraan dengan transmisi otomatis.

>>> Baca juga Cara menggunakan rem dengan benar dan ampuh

3. Letakkan tangan kanan Anda di bagian atas roda kemudi

Meskipun mungkin biasa mengemudi dengan tangan Anda pada pukul sepuluh dan dua di roda kemudi, membuat cadangan akan mengharuskan Anda membalik tubuh Anda ke kiri. Letakkan tangan kanan Anda di bagian atas roda kemudi sehingga Anda dapat dengan mudah melakukan penyesuaian kecil agar kendaraan tetap bergerak lurus saat Anda mundur.

Gambar yang menunjukan letak tangan pada kemudi mobil dengan setir berwarna hitam

Perhatikan letak tangan pada kemudi mobil

4. Letakkan persneling kendaraan pada posisi mundur.

Bergantung pada transmisi kendaraan Anda dilengkapi dengan, ada beberapa cara yang mungkin perlu Anda ubah menjadi mundur. Pada kendaraan otomatis, biasanya memerlukan menekan tombol pada tuas shift dan menariknya ke belakang sampai selaras dengan huruf "R."

Gambar yang menunjukan angka-angka dan huruf R pada persneling mobil

Letakkan persneling pada posisi mundur atau huruf “R”

Pada kendaraan standar yang dilengkapi dengan transmisi lima percepatan, Anda biasanya bisa bergeser ke belakang dengan menekan tuas kopling. sampai ke kiri dan menariknya ke belakang.

  • Pada kendaraan yang dilengkapi dengan transmisi manual enam percepatan, kebalikannya biasanya sampai ke kiri dan ke atas, di samping roda gigi pertama.
  • Beberapa mobil mengharuskan Anda menekan tuas shift atau menekan pelepasan untuk mengakses gigi mundurnya.
  • Jika Anda tidak yakin bagaimana mengubahnya menjadi gigi mundur, lihat buku manual kendaraan Anda.

>>> Baca juga tips mengemudi lainnya disini

Tarik kaki kanan Anda dari rem secara perlahan. Saat Anda menekan pedal rem dengan kaki kanan, kendaraan akan mulai bergerak mundur. Sebagian besar mesin kendaraan menganggur pada RPM yang cukup tinggi (putaran per menit) untuk mendorong kendaraan tanpa perlu menginjak pedal gas. Jika kendaraan Anda dilengkapi dengan transmisi manual, Anda perlu menggunakan gas saat mengurangi kopling.

Perhatikan cara memundurkan mobil berikut ini

Dengan sedikit pengalaman dan latihan terus menerus, Anda bisa menerapkan tips memundurkan mobil secara baik dan benar. Selalu coba latihan ini untuk membuat tubuh Anda mengerti. Selalu ingat, practice makes perfect, guys.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

 
back to top