Cara Mengemudi Mobil Melewati Jalan Berlubang

06/05/2017

Pengemudian
Share this post:
Cara Mengemudi Mobil Melewati Jalan Berlubang
Mengurangi kecepatan mobil. perhatikan kedalaman lubang, pegang kemudi dengan kuat, hindari dinding ban tergesek pinggir luang adalah cara untuk Anda selamat jika mengemudi mobil melewati jalan berlubang.
Setiap kali musim hujan tiba, tentunya jalan-jalan menjadi rusak dan muncul banyak lubang. Perjalanan Anda juga terganggu dan kalau tidak hati-hati Anda mungkin akan mengalami tabrakan atau kecelakaan. Jalan berlubang biasanya ditemui di kota-kota besar seperti Jakarta. Kedalaman lubang itu beranekaragam jadi melewati jalan berlubang itu sangat bahaya. Dan kali ini untuk Anda bisa selamat melewati jalan berlubang, silahkan simak beberapa cara ini.
jalan berlubang besar di DKI Yogyakarta
Melewati jalan berlubang 

1. Kurangi Kecepatan Mobil

Kecepatan menjadi hal pertama yang harus Anda memperhatikan saat melewati jalan berlubang. Sebelum masuk jalan berlubang jangan lupa memperlambat laju mobil. Aksi ini membuat ban dan velg mobil menerima benturan kuat dengan pinggir lubang. Menjaga jarak mobil Anda dengan mobil lainnya supaya Anda bisa melihat kondisi jalan lebih cepat. Hindari pengereman secara mendadak agar mobil di belakang Anda tidak terkejut.

2. Perhatikan Kedalaman Lubang

Saat melewati jalan berlubang, ada 2 cara yaitu langsung melewati atau menghindari lubang itu. Jika pilih cara melewati lubang, jangan lupa memperhatikan kedalaman lubang serta ketinggian ground clearance mobil Anda. Jika pilih cara manuver dan menghindari lubang, jangan melakukannya secara mendadak. Jangan lupa memperhatikan kondisi lalu lintas, kendaraan di belakang dan depan. Tujuan dari aksi ini itulah menghindari kecelakaan atau tabrakan yang bisa terjadi.

>>> Untuk membaca tips dan trik mengemudi mobil lainnya, klik sini

 
Mobil-mobil melewati jalan berlubang dan basah
Memegang kemudi dengan kuat 

3. Pegang Kemudi Dengan Kuat

Ketika mobil memasuki jalan berlubang, kemudi akan mengikuti arah roda yang menghantam pinggiran lubang. Akibatnya, kemudi mobil akan mengikuti kontur atau arah yang dipengaruhi benturan roda tersebut. Jika Anda tidak memegang kemudi dengan kuat ada kemungkinan mobil akan berbelok secara mendadak. Ingatlah memegang kemudi dengan kuat supaya Anda tetap bisa menjaga arah kendaraan saat melewati jalanan berlubang.

4. Hindari Dinding Ban Tergesek Pinggir Lubang

Jika terpaksa melewati lubang, memastikan tapak ban mobil secara merata masuk ke dalam lubang. Tujuannya adalah menghindari ban yang masuk ke lubang terlalu ke pinggir, sehingga dinding ban tergesek pinggiran lubang. Karena dinding ban didesain tidak sekuat seperti bagian tapak ban dan jika tergesek oleh lubang jalan ban mobil akan cepat rusak.
Jika Anda melewati jalan berlubang dengan kecepatan tinggi, segera mencari tempat aman untuk menepi. Jangan lupa memeriksa kerusakan yang langsung terlihat. Biasanya ban langsung kempes atau bahkan pecah, velg menjadi retak. Jika terjadi hal tersebut, segera mengganti ban mobil dengan ban serep.
Demikianlah beberapa cara mengemudi mobil dengan aman saat melewati jalan berlubang. Semoga hal ini bermanfaat bagi Anda.

>>> Klik sini untuk membaca pengalaman, tips dan trik pemakaian mobil 
Share this post:
 
back to top