Cara Mengemudi Mobil Matic yang Benar dan Mudah

18/10/2020

Pengemudian

8 menit

Share this post:
Cara Mengemudi Mobil Matic yang Benar dan Mudah
Anda harus mengetahui cara mengemudi mobil matic yang mudah berikut ini. Karena langkah-langkahnya sederhana dan dijamin siapa pun bisa mengaplikasikannya agar langsung bisa nyetir mobil matic.

Sanggup mengemudikan mobil tentu idaman setiap orang. Karena dengan adanya kemampuan nyetir mobil, Anda bisa berkendara seorang diri tanpa harus bergantung dengan orang lain. Kemampuan ini juga pasti jadi hal positif kala ada keadaan darurat di jalan yang mungkin saja saat itu membutuhkan seseorang dengan kemampuan berkendara yang baik.

Para pabrikan otomotif pun kini memberikan kemudahan untuk setiap pengendaranya. Beragam teknologi otomotif ditemukan antara lain demi memudahkan para pengemudi saat mengendalikan mobil tersebut di jalan raya sehingga meminimalisir risiko terjadinya kecelakaan. Misalnya keberadaan fitur electric power steering, tilt and telescopic steering, blind spot monitoring, parking sensor, sampai rear camera atau kamera 360 derajat.

Namun sebelum mengerti tentang arti dan manfaat dari fitur-fitur tersebut, pastinya seseorang harus mampu mengetahui teknik dasar cara mengemudi mobil. Mulai dari bagaimana cara dia menghidupkan mesin kendaraan tersebut, menggeser tuas transmisi, kapan harus menginjak pedal gas atau pedal rem, sampai kemampuan untuk parkir.

Karena itulah berikut ini akan Cintamobil.com bahas mengenai cara mengemudi mobil khususnya untuk mobil dengan model transmisi otomatis (matic).

>>> Penjualan Sigra Manual Lebih Laris dari Matik, Apa Sebabnya?

Cara Mengemudi Mobil Matic Itu Gampang

Mobil transmisi otomatis banyak dipilih karena dinilai lebih praktis dan mudah untuk dikemudikan dibanding mobil transmisi manual. Padahal sebenarnya antara mobil matic atau manual punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Mobil dengan transmisi otomatis memang tak perlu repot-repot menggeser posisi tuas transmisi mengikuti kecepatan mobil. Karena "tugas" ini sudah diatur oleh sistem komputerisasi pada mobil yang terhubung dengan gearbox. Meski demikian, penting untuk mengetahui apa saja dasar-dasar dari cara mengemudi mobil matic.

1. Pastikan Posisi Kaki Sudah Benar

Posisi Pedal Mobil Matic

Jangan posisikan kaki kanan di pedal rem kecuali Anda pengemudi profesional yang sudah terlatih

Mobil dengan transmisi otomatis maka keberadaan pedalnya hanya dua, yaitu pedal rem dan pedal gas. Disinilah penting untuk diketahui posisi kaki saat mengemudi mobil matic. Meskipun tidak ada pedal kopling maka bukan berarti kaki sebelah kiri kini bertugas di atas pedal rem. Sebaiknya tempatkan posisi kaki kanan tetap untuk menginjak pedal gas dan juga pedal rem. Sementara kaki kiri bisa diistirahatkan selama berkendara.

2. Pahami Dulu Arti Kode di Transmisi Matic

Setelah mengetahui posisi kaki yang tepat, cara mengemudi mobil matic berikutnya adalah mengetahui arti dari angka dan huruf yang umumnya ada di tuas transmisi otomatis. Biasanya pada mobil matic di dekat tuas transmisi terdapat kode-kode berupa "P", "R", "N", "D", "D-3", "2", "1" atau "L". Ada pula mobil matic yang terdapat simbol "+ dan -". Berikut arti dari kode-kode tersebut:

>>> Penyebab Transmisi Matic Ngelos dan Cara Mencegahnya

Tuas Transmisi Mobil Matic

Sebelum mulai berkendara, pahami dulu kode-kode di tuas transmisi mobil matic

P = Parking

Posisi ini digunakan ketika mobil parkir atau sama sekali tidak bergerak dalam waktu yang cukup lama.

R = Reverse atau mundur

Tempatkan tuas transmisi di posisi ini jika Anda hendak memundurkan mobil. Untuk mobil-mobil yang sudah dibekali fitur Rear Camera, maka ketika tuas transmisi digeser ke posisi R, maka layar headunit audio akan berubah menjadi tampilan kamera dari belakang mobil.

N = Netral

Yaitu posisi untuk membuat mobil tidak melaju namun mobil masih dapat menggelinding manakala Anda berhenti pada kontur jalan menurun atau menanjak. Sehingga akan lebih baik saat posisi N, Anda juga menginjak pedal rem atau mengaktifkan Parking Brake.

D = Drive

Yaitu posisi transmisi yang membuat mobil melaju normal dan perpindahan gigi akan dilakukan secara otomatis.

D-3

Posisi transmisi yang memungkinkan mobil melaju dengan perpindahan gigi secara otomatis namun gigi tidak akan bergerak lebih dari gigi 3.

D-2

Posisi transmisi yang memungkinkan mobil melaju dengan perpindahan gigi secara otomatis namun gigi tidak akan bergerak lebih dari gigi 2. Posisi ini umumya dipakai untuk menghadapi jalan menanjak dengan sudut kemiringan cukup curam.

D-1 atau L

Merupakan posisi transmisi yang memungkinkan mobil melaju namun posisi gigi tidak lebih dari gigi 1. Gunakan posisi ini jika menghadapi jalan yang tergenang air cukup tinggi untuk mencegah air masuk ke mesin mobil dan menyebabkan mobil mogok.

+ dan -

Sering kali terdapat pada mobil dengan teknologi triptonic. Saat tuas digeser ke posisi ini maka memungkinkan pengemudi untuk memilih posisi gigi sesuai kebutuhannya secara manual tanpa harus menginjak pedal kopling. + berarti menaikkan posisi gigi secara manual, sementara - untuk menurunkan posisi gigi.

>>> Review Datsun GO+ Panca CVT 2019: Hanya Sebatas Tambahan Fitur Matic?

3. Berkendaralah Secara Aman

Posisi Tuas Transmisi Mobil

Sebagai tahap awal, jangan mengemudi secara agresif

Saat sudah mengetahui apa arti dari kode di transmisi matic, maka sekarang saatnya mencoba mengemudikan mobil tersebut. Yaitu pertama-tama hidupkan mesin mobil dengan cara menginjak pedal rem lalu memutar kunci kontak atau menekan tombol Start/Stop Engine sampai mesin hidup. Jika mesin mobil sudah hidup, diamkan dalam posisi idle selama 1-2 menit sampai mobil mendapat suhu optimal baru mulailah berkendara.

Kalau dirasa suhu mesin sudha optimal mulailah untuk berkendara. Cara mengemudi mobil yang harus diperhatikan adalah injak terlebih dulu pedal rem dengan kaki kanan, lalu geser tuas transmisi ke posisi D, kemudian release (non aktifkan) parking brake. Lalu pindahkan kaki kanan ke pedal gas dan injak pedal secara halus sampai mobil bergerak perlahan.

Cara mengemudi mobil matic selanjutnya adalah Anda tinggal sesuaikan kapan harus melepas pedal untuk melakukan deselerasi, dan kapan harus menginjak pedal rem untuk berhenti. Berkendaralah dengan halus dan aman, tidak perlu agresif karena Anda wajib menyesuaikan diri dulu dengan karakter kendaraan tersebut dan melatih diri untuk nyetir mobil matic.

Kalau ingin parkir, arahkan mobil pada tempat yang aman dan nyaman tidka mengganggu akses orang lain. Apabila perlu memundurkan mobil, paka injak pedal rem sampai mobil benar-benar berhenti, lalu geser tuas transmisi ke psosoi R. Aturlah mobil sampai posisinya benar-benar tepat. Setelah mobil benar-benar terparkir di lokasi yang aman, injak pedal rem sampai mobil berhento total. Lalu geser lagi tuas transmisi ke posisi P, kemudian aktifkan parking brake, dan matikan mesin. Beres!

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Cara Pindah Gigi Mobil Matic yang Benar Saat di Jalan

19/06/2020

Pengemudian

8 menit

Ada beberapa kesalahan tentang cara pindah gigi mobil matic yang sebaiknya dihindari oleh para pengemudi. Karena kalau sudah jadi kebiasaan buruk, maka ada risiko gearbox jebol.

Lihat juga

Pilihan Paling Lengkap Mobil Matic Bekas Dibawah Rp100 Juta

11/06/2020

Jual beli

8 menit

Berikut ini Cintamobil.com akan berikan pilihan paling lengkap mobil matic bekas dibawah Rp100 juta yang bisa Anda miliki, baik citycar, hatchback, sedan, MPV, sampai SUV.

Lihat juga

Tips untuk Menghemat BBM Mobil Matic

Perbedaan yang cukup signifikan mobil dengan transmisi manual dengan transimis otomatis bisa dilihat dari pemakaian bahan bakarnya. Penelitian menujukkan bahwa mobil otomats lebih banyak memakan bahan bakar dibandingkan mobil dengan transmisi manual. Mobil transmisi manual mempunyai transmisi yang bisa disesuaikan dengan kecepatan dan keadaan jalan sehingga membuatnya menjadi lebih hemat. Meskipun begitu, ada beberapa tips yang bisa teman lakukan untuk menghemat bbm mobil matic.

Lihat juga

5 Hal Menyebabkan Kerusakan Girboks lebih Cepat pada Mobil Matic

12/03/2018

Pengemudian

Girboks bisa dibilang sebagai nyawa dan syaraf dari mobil. Kerusakan sistem gearbox bisa membuat mobil tidak bisa berjalan. Karena itu, memeriksa penyebab kerusakan gearbox transmisi otomatis merupakan salah satu cara pengemudi untuk memeriksa merawat mobil.

Lihat juga

Membeli Mobil Bekas: Mengecek Transmisi Mobil Matic Bekas

10/08/2018

Jual beli

Mobil bekas bertransmisi otomatis atau matic seringkali menjadi pilihan. Mengecek transmisi mobil matic bekas juga mudah, Anda cukup memperhatikan beberapa hal saja.

Lihat juga